Aplikasi Payroll

Penting Diketahui, Manfaat Aplikasi Payroll bagi Perusahaan

Bagi yang sehari-harinya berkecimpung dengan dunia HRD (Human Resources Department) di suatu perusahaan, tentunya tak asing dengan istilah payroll atau aplikasi payroll. Kedua istilah ini sudah lazim digunakan dan menjadi keharusan bagi perusahaan-perusahan yang memiliki karyawan dalam jumlah besar.

Mengapa? Karena aplikasi payroll sangat membantu efisiensi kinerja bagian HRD. Jika fungsi HRD berjalan secara efisien, pasti turut berdampak pada kepuasan kerja dari para karyawan dan membuat mereka semakin produktif bekerja.

Ada pun manfaat dari aplikasi payroll jika dijabarkan secara detail, amatlah banyak. Namun, sebelum manfaatnya dijabarkan, ada baiknya dipahami terlebih dahulu apa itu payroll atau aplikasi payroll.

 

Pengertian Aplikasi Payroll

Payroll merupakan kata dari bahasa Inggris yang berarti daftar gaji. Sehingga jika disebutkan kata payroll, banyak orang yang akan mengaitkannya dengan daftar atau slip gaji seorang karyawan.

Pemahaman ini ternyata kurang tepat, walaupun tidak sepenuhnya salah. Merujuk kepada situs Businessdictionary, pengertian payroll sebenarnya adalah suatu sistem administrasi penggajian dari pekerjaan rutin dan penting bagian HRD terkait fungsi pengelolaan aset SDM atau karyawannya. Jadi, daftar/slip gaji yang biasa diterima oleh seorang karyawan hanyalah salah satu bagian dari berjalannya fungsi payroll.

Seiring dengan perkembangan teknologi, proses payroll yang dulunya dikerjakan manual, kini dapat dilakukan dengan cepat dan tepat. Caranya dengan menggunakan aplikasi payroll yang dapat diperoleh gratis atau berbayar.

 

Manfaat Aplikasi Payroll

Setelah kita mengetahu secara jelas, apa itu Aplikasi Payroll, maka berikut ini beberapa manfaat dari aplikasi payroll.

 

1. Efisiensi Waktu

Jelas, penggunaan aplikasi payroll sangat memangkas waktu yang diperlukan oleh bagian HRD dalam melakukan proses payroll tiap bulannya. Dapat Anda bayangkan sebelum aplikasi ini ditemukan, pengerjaan payroll dilakukan manual. Mulai dari menghitung uang pokok, uang makan, uang transport, uang lembur, dan uang bonus dari setiap karyawan, semuanya dihitung satu per satu. Perlu ketelitian yang tinggi, karena jika ada kekeliruan maka harus dihitung ulang.

Mungkin jika jumlah karyawannya belum terlalu banyak, proses ini tidak terlalu menyita banyak waktu. Tapi bagaimana jika jumlah karyawannya ratusan hingga ribuan orang? Tentu tidak terbayangkan betapa repot dan melelahkannya.

Namun, dengan penggunaan aplikasi payroll, penghitungan gaji yang sebelumnya butuh waktu beberapa hari, bisa dipangkas hanya dalam satu hari. Ditambah lagi dengan tingkat keakuratan penghitungan yang sempurna, zero kesalahan.

 

Baca Juga:Atasi Keterlambatan Gaji dengan Software Payroll LinovHR

 

2. Efisiensi Jumlah Karyawan HRD

Rata-rata untuk menghitung secara manual jumlah gaji karyawan sebanyak 100 orang dalam satu hari, dibutuhkan 4-5 orang staf HRD. Itu pun dengan catatan, karyawan HRD-nya sudah berpengalaman mengerjakannya. Nah, jika penghitungan gaji menggunakan aplikasi payroll, jumlah karyawan HRD bisa hanya separuhnya, yakni 1-2 orang. Termasuk tidak mensyaratkan karyawan HRD tersebut sudah terbiasa mengerjakannya. Sepanjang ia mengkuti panduan penggunaan aplikasi payroll, maka hasilnya akan akurat tanpa kesalahan.

Semakin sedikit jumlah karyawan HRD, maka berdampak pula semakin berkurangnya anggaran yang disediakan untuk membayar gaji karyawan bagian HRD. Dengan kata lain, perusahaan yang menggunakan aplikasi payroll, secara tidak langsung turut mengefisiensikan pengeluaran perusahaan, yakni dengan memangkas biaya penggajian bagian HRD-nya.

 

LinovHR merupakan salah satu Aplikasi Payroll Indonesia berbasis cloud yang memudahkan anda dalam menjalankan segala aktivitas yang berubungan dengan payrolll perusahaan. Jadi, jika Anda adalah seorang pemilik perusahaan, tunggu apalagi untuk segera menggunakan aplikasi payroll. Tinggalkan cara-cara lama dalam proses penghitungan gaji karyawan, dan secepat mungkin beralih ke cara-cara kekinian.