jelaskan perbedaan entrepreneur dan entrepreneurship

Ini Dia Perbedaan Entrepreneur dan Entrepreneurship

Secara umum istilah entrepreneur dan entrepreneurship adalah kedua istilah yang sudah sangat familiar sekali di tengah kita. Tapi tahukah Anda bahwa kedua istilah ini berbeda?

Yap, mungkin selama ini Anda menyangka istilah ini sama, tapi bila dijelaskan perbedaan entrepreneur dan entrepreneurship akan sangat jelas perbedaanya.

Oleh karena itu, kali ini LinovHR telah merangkum perbedaan entrepreneur dan entrepreneurship.

 

Entrepreneur dan Entrepreneurship

Biasanya masih banyak orang salah paham terhadap istilah entrepreneur dan entrepreneurship. Penjelasan tentang kedua hal ini akan dibahas di bawah ini.

 

1. Entrepreneur

Secara sederhana entrepreneur adalah seseorang yang aktif melakukan wirausaha serta dapat berfikir kreatif. Sedangkan, entrepreneur dalam bahasa Indonesia punya arti wirausahawan. 

Seorang entrepreneur akan mampu memberikan manfaat bagi orang lain yang berada disekitarnya dengan perantara bisnis yang sedang ia lakoni atau yang sedang dibangun olehnya.

Pengaruh dan manfaat tersebut dapat berupa bentuk pembukaan lapangan pekerjaan, meningkatkan taraf hidup warga dalam segi ekonomi, atau pemberdayaan warga sekitar.

Usaha atau bisnis yang dimulai oleh seorang entrepreneur biasanya merupakan suatu pemikiran kreatif hasil dari observasi entrepreneur tersebut. Sehingga ia akan banyak memanfaatkan sumber daya yang ada sebagai peluang usaha atau bisnis yang nantinya akan menguntungkan dan juga menghasilkan.

 

2. Entrepreneurship

Dalam bahasa Indonesia sendiri, entrepreneurship diartikan sebagai kewirausahaan. Arti entrepreneurship adalah ilmu yang digunakan seorang entrepreneur dalam menjalankan aktivitas produknya.

Seorang entrepreneur biasanya akan sangat erat dengan jiwa entrepreneurship antara lain seperti bekerja keras, pantang menyerah, dan selalu berani dalam menjunjung tinggi nilai kebenaran.

Dari pengertian di atas, tentu kita sudah bisa mengetahui perbedaan enterpreneur dan enterpreneurship. Jelaskan perbedaan entrepreneur dan entrepreneurship. Bila entrepreneur adalah orang yang menjalankan dan mengembangkan bisnis dengan inovasi. 

Mereka adalah orang-orang yang mengelola bisnis, menanggung risiko dan pada akhirnya mereka juga yang akan mendapatkan keuntungannya.

Sedangkan entrepreneurship adalah ilmu yang mempelajari tentang entrepreneur beserta seluk beluknya.

 

Apa Keuntungan Menjadi Entrepreneur

Menjadi seorang entrepreneur memang tidak mudah. Tapi, ada begitu banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan menjadi seorang entrepreneur. Berikut ini beberapa kelebihannya.

 

  1. Mengoptimalkan Potensi diri

Ketika Anda menjadi seorang entrepreneur Anda memiliki potensi yang besar untuk mengoptimalkan potensi diri. Hal ini karena Anda akan bekerja secara mandiri dan mengatur sendiri pekerjaan Anda.

Anda bisa dengan leluasa mengeksplorasi bisnis Anda agar bisa maju dan berkembang.

 

  1. Melatih Mental Baja 

Menjadi entrepreneur artinya Anda harus sudah siap dengan segala hal positif dan negatifnya. Anda adalah pemimpin dari maju mundurnya usaha yang Anda jalankan. 

Dengan segala jalan berliku dan berbagai tantangan yang harus Anda pecahkan pastinya ini akan melatih mental Anda untuk lebih kuat dan dapat menyelesaikan segala masalah.

 

  1. Menentukan Sendiri Keuntungan yang Diinginkan

Ini adalah keuntungan menjadi entrepreneur yang paling diminati oleh banyak orang. Dikarenakan Anda yang memimpin usaha, Anda bisa dengan leluasa menikmati keuntungan dari usaha yang Anda jalankan.

Bukan cuma keuntungan, tapi juga arus kas untuk bisnis Anda, semua ada di tangan Anda.

 

Baca Juga: Seperti Apa Perilaku Konsumen dalam Bisnis?

 

Jadi seperti itulah rangkuman yang menjelaskan perbedaan entrepreneur dan entrepreneurship, ketika Anda ingin terjun menjadi entrepreneur

Tentu saja banyak hal yang harus dipersiapkan untuk itu semua, tapi bukan suatu hal yang mustahil dilaksanakan. Karena sejatinya manusia akan mengerti kapasitas diri mereka sendiri-sendiri.