Tips HRD: Kiat Mudah Menyusun Online Assessment Test

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

online assessment
Isi Artikel

Untuk mendapatkan kandidat yang cocok dan sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan, tidak heran apabila HRD mempersiapkan proses rekrutmen yang ketat.

Selain interview, HRD pun juga biasanya mempersiapkan online assessment yang bertujuan untuk menguji kemampuan kandidat, apakah kemampuannya sesuai dengan yang dibutuhkan atau tidak. Tes ini bisa saja berbentuk seperti psikotes maupun tes kompetensi dasar mengenai posisi yang dilamar.

 

Apa itu Online Assessment Test?

Online assessment test adalah tahap yang dilakukan oleh HRD untuk mengetahui kompetensi yang dimiliki oleh para kandidat dan biasanya untuk melakukan ini HRD menggunakan ilmu psikologi demi mendapatkan hasil yang maksimal. 

Bisanya, tes ini dilakukan secara manual sebelum adanya pandemi covid 19, namun kini semuanya sudah mulai beralih menggunakan digital demi mengurangi proses rekrutmen yang mengharuskan kandidat dan HR bertatap muka.

Dengan adanya asesmen yang berbasis online ini, HRD pun dapat dengan mudah mengidentifikasi kemampuan kandidat dengan cara yang tidak ribet seperti melakukannya dengan manual yang berbasis kertas. 

 

Keuntungan Online Assessment Dibandingkan Manual

Dengan berubahnya sistem rekrutmen yang kini harus lebih condong ke arah online, ada beberapa keuntungan yang didapat dari menyediakan tes rekrutmen secara online. 

Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

 

Menghemat Anggaran

Pelaksanaan assessment yang biasa dilakukan secara manual tentunya memakan biaya yang lebih besar apabila dibandingkan dengan tes yang dilakukan secara online. Hal ini dikarenakan mencetak soal-soal memerlukan biaya yang cukup besar apabila dilakukan secara terus-menerus.

Maka dari itu, melakukan online assessment dengan komputer yang dimiliki oleh masing-masing kandidat akan membantu mengurangi biaya yang satu ini.

 

Lebih Memudahkan Kandidat

Berbeda dengan assessment manual yang mengharuskan kandidat untuk mengunjungi kantor untuk melakukan tes, dengan online assessment, kandidat tidak perlu mengeluarkan ongkos karena tes ini dapat dilakukan di rumah masing-masing.

 

Hasil Tes Dapat Diketahui Dengan Cepat

Dengan adanya sistem komputer yang dapat memudahkan HRD untuk mencocokkan jawaban kandidat dengan kunci jawaban, hal ini tentunya dapat mempermudah HRD untuk mengetahui hasil tes dengan kurun waktu yang singkat sehingga proses rekrutmen pun juga bisa lebih cepat terselesaikan.

 

Baca Juga: Competency Assessment: Penilaian Kompetensi untuk Karyawan

 

Cara Menyusun Online Assessment 

Sebelum melakukan online assessment kepada para kandidat, ada beberapa hal yang perlu dilakukan oleh HRD demi melancarkan tahap rekrutmen yang satu ini.

 

Pilih Platform yang Akan Digunakan

Kini banyak platform di internet yang dapat digunakan sebagai ajang test online. Biasanya, banyak perusahaan yang menggunakan google form sebagai media online assessment para kandidat, selain mudah google form ini juga tidak memakan banyak memori yang mengharuskan kandidatnya membuang banyak kuota internet. 

Namun, pastikan juga bahwa platform yang Anda gunakan sangat aman sehingga tidak dapat diretas oleh para kandidat untuk mendapatkan kunci jawaban.

 

Modul Rekrutmen dari System HRIS LinovHR adalah platform tepat untuk membantu HR dalam melakukan rekrutmen karyawan.

Lihat berbagai Fitur dari Sistem Rekrutmen LinovHR Disini

 

Pastikan Tes Memenuhi Kebutuhan Rekrutmen

Penting bagi para HRD untuk memastikan bahwa pertanyaan-pertanyaan yang diberikan pada tes ini memiliki sangkut paut dengan posisi yang dilamar oleh para kandidat. 

Tidak hanya itu, pastikan juga bahwa tes yang diberikan tersebut memenuhi kebutuhan dari rekrutmen yang membutuhkan pemahaman mengenai kemampuan atau kompetensi yang dimiliki oleh si kandidat sehingga ia pun tidak perlu melakukan tes lainnya yang dapat membuang-buang waktu dan juga tenaga.

 

Tetap Libatkan Manusia

Meskipun dengan menggunakan online assessment HRD dapat mengetahui sejauh mana kemampuan yang para kandidat miliki, sangat penting juga bagi HRD untuk tetap ikut terlibat dalam proses rekrutmen ini. 

Jangan sampai skor yang didapatkan oleh para kandidat benar-benar menentukan lolos atau tidaknya kandidat. Usahakanlah juga untuk tetap memepertimbangkan skor tersebut dengan hasil interview yang telah dilakukan, sehingga meskipun komputer dapat membantu banyak perihal rekrutmen, keterlibatan manusia pun tetap digunakan dengan baik dan juga tepat.

 

Baca Juga: Penerapan Psychometric Test untuk Proses Rekrutmen

 

Kelola Rekrutmen Perusahaan Bersama LinovHR!

software hris

 

Memang tidak dapat dipungkiri bahwa kemajuan teknologi seiring berjalannya waktu dapat sangat membantu manusia dalam hal apapun, begitu pula dengan proses rekrutmen. Jadi, tidak ada salahnya bagi HRD yang bertugas untuk melakukan rekrutmen kandidat mengandalkan teknologi untuk mempersingkat waktu dan juga mengefisiensikan pekerjaannya.

Untuk mendapatkan efisiensi yang maksimal, Anda dapat menggunakan perangkat lunak LinovHR yang dapat membantu para HRD dalam hal pengelolaan karyawan, mulai dari proses rekrutmen hingga penggajian karyawan setiap bulannya. Dengan adanya perangkat lunak ini, sudah dapat dipastikan bahwa kinerja HRD akan menjadi lebih lancar dan juga cepat dalam proses rekrutmen. 

 

Maka dari itu lah, kini penting bagi Anda untuk mulai mempertimbangkan penggunaan Software HRD LinovHR yang bisa meningkatkan kualitas kinerja HRD dan juga kualitas karyawan lainnya. 

Tunggu apalagi? Yuk, langsung saja ambil tawaran menarik dari LinovHR!

Tentang Penulis

Picture of Sella Melati
Sella Melati

Cuma senang menulis, yang suka nonton sama traveling
Follow them on Linkedin

Bagikan Artikel Ini :

Related Articles

Newslater

Newsletter

Tentang Penulis

Picture of Sella Melati
Sella Melati

Cuma senang menulis, yang suka nonton sama traveling
Follow them on Linkedin

Artikel Terbaru

Telusuri informasi dan solusi HR di sini!

Subscribe newsletter LinovHR sekarang, ikuti perkembangan tren HR dan dunia kerja terkini agar jadi yang terdepan di industri

Newsletter