employee feedback

Mengenal Fitur Employee Feedback LinovHR, dari Self Feedback sampai Custom Feedback

Sebagian besar dari Anda tentunya pernah mendapatkan employee feedback atau umpan balik karyawan ketika bekerja di suatu perusahaan. Hal ini jelas diperlukan untuk meningkatkan produktivitas karyawan serta menjaga hubungan yang harmonis sesama karyawan dan manajer.

Sudah tidak dipungkiri lagi bahwa sebagian besar feedback yang kita dapatkan merupakan hal yang bersifat konstruktif terhadap sebuah performa kerja. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan ketika Anda memiliki performa kerja yang baik akan mendapatkan feedback positif.

Penting untuk Anda untuk memahami pentingnya employee feedback dalam suatu perusahaan agar produktivitas karyawan tetap terus terjaga. Oleh karena itu, simak uraian artikel di bawah ini.

 

Mengapa Employee Feedback Menjadi Penting?

Tentunya sebagai seorang karyawan, Anda seharusnya dapat memahami kinerja diri terhadap pekerjaan yang telah diberikan. Selain itu, Anda juga harus memahami bagaimana harapan perusahaan terhadap performa yang Anda berikan.

Oleh sebab itu, terkadang Anda mendapatkan feedback positif dan negatif baik dari manajer, rekan kerja, atau diri sendiri.

Feedback atau umpan balik yang konstruktif adalah hal yang sangat penting bagi perusahaan. Kondisi ini tentunya bertujuan untuk meningkatkan kinerja karyawan terhadap performa yang telah dievaluasi oleh manajer.

Selain itu, karyawan yang mendapatkan umpan balik konstruktif diharapkan dapat memperbaiki kesalahan atau performa yang mungkin terjadi di masa lalu.

Begitu pula ketika Anda mendapatkan feedback positif yang membuat diri Anda semakin semangat dan memberikan performa yang lebih. Umpan balik yang positif dan konstruktif membuat karyawan meningkatkan rasa kepercayaan diri terhadap posisi dan pekerjaan yang mereka emban.

 

Baca juga: Berencana Menerapkan Sistem Performance Feedback Untuk Karyawan? Berikut Tipsnya

 

Mengenal Fitur Feedback di HRIS Software LinovHR

LinovHR merupakan sebuah software HR yang menerapkan Human Resource Information System (HRIS) untuk membantu pengelolaan administrasi karyawan yang baik dan efisien. Pastinya, perusahaan seringkali mendapat berbagai masalah dalam melakukan penilaian kinerja karyawan. 

Melalui Performance Management System oleh LinovHR dapat membantu Anda melakukan berbagai kegiatan yang berhubungan dengan performance management seperti employee feedback. Fitur ini dapat Anda gunakan untuk memberi umpan balik untuk rekan kerja, manajer, bahkan diri Anda sendiri.

Proses feedback hanya dilakukan satu kali per periode yang telah ditentukan oleh perusahaan. 

Setidaknya terdapat delapan tipe feedback yang dapat Anda gunakan dalam Performance Management LinovHR.

 

performance review

 

Self Feedback

Jenis feedback ini merupakan umpan balik yang bertujuan agar seorang karyawan merefleksikan dirinya sendiri agar membantu karyawan menetapkan tujuan di masa depannya. Self feedback juga penting sebagai ajang evaluasi diri terhadap tantangan serta pekerjaan yang telah didapatkan selama bekerja di suatu perusahaan.

Hal ini tentunya dapat dilakukan secara mudah dengan fitur feedback dalam Performance Management System LinovHR.

 

Manager Feedback

Seperti namanya, manager feedback merupakan salah satu jenis employee feedback yang berasal dari manajer. Manajer merupakan seorang pemimpin tim yang tentunya memiliki pengalaman dan pengetahuan yang lebih baik dari bawahan. Oleh sebab itu, mendapatkan feedback dari manajer merupakan hal yang sangat penting.

Umpan balik ini diharapkan juga dapat menjaga keharmonisan antara karyawan dengan atasannya sehingga dapat meningkatkan produktivitas perusahaan.

 

Subordinate Feedback

Tidak hanya mendapatkan feedback yang berasal dari atasan, LinovHR juga menyediakan fitur subordinate feedback yang memungkinkan Anda memberikan umpan balik kepada manajer, supervisor, atau jajaran eksekutif lainnya. Hal ini tentunya membuat seorang karyawan merasa penting kehadirannya dengan memberikan umpan balik kepada jajaran atas.

 

Baca juga: Berikan Feedback Pasca Performance Review Karyawan! Simak 8 Cara Berikut Ini

 

Peer to Peer Feedback

Peer to Peer Feedback merupakan jenis feedback yang menyerupai dengan team feedback, namun tidak terbatas pada satu tim atau divisi saja. Peer to peer feedback sangat bergantung pada rekan kerja. Hal ini memiliki nilai positif karena Anda akan mendapatkan informasi lebih akurat dari rekan kerja Anda.

 

Team Feedback

Umpan balik yang satu ini merupakan salah satu jenis feedback yang paling akurat. Hal ini karena rekan kerja Anda yang berasal dari tim yang sama mengetahui Anda lebih dalam melalui interaksi yang mendalam.

Tidak seperti manager feedback yang sebagian besar menilai performa karyawannya melalui hasil akhir kinerja. Team feedback memiliki kecenderungan yang lebih mendalam terhadap rekan kerja.

 

Internal Feedback

Internal feedback merupakan salah satu jenis employee feedback yang memungkinkan Anda mendapatkan umpan balik dari siapapun yang bekerja dengan Anda di satu perusahaan. Mereka merupakan rekan kerja, manajer, atau siapapun yang berhubungan dengan Anda.

Dengan fitur yang tersedia dalam performance management, Anda dapat mengetahui siapa yang saja yang memberikan umpan balik kepada Anda secara praktis.

 

External Feedback

Tidak hanya mengetahui feedback yang berasal dari internal perusahaan, Anda juga dapat mengetahui umpan balik yang berasal dari luar perusahaan. Klien dapat dengan mudah memberikan baik itu feedback positif atau feedback negatif kepada Anda.

Pastinya external feedback sangat penting agar pelayanan yang Anda berikan semakin optimal dan memuaskan.

 

Custom Feedback

Salah satu jenis feedback yang paling banyak dilakukan adalah custom feedback atau customer feedback. Umpan balik ini biasanya berupa informasi, masalah, dan masukan yang berasal dari pelanggan mengenai pengalaman mereka dengan perusahaan Anda.

Umpan balik ini tentunya mengharapkan perbaikan yang konstruktif terhadap perusahaan Anda agar mendapatkan perbaikan di kemudian hari. Custom feedback merupakan salah satu feedback terpenting yang harus ditanggapi oleh perusahaan.

Demikian fitur employee feedback yang terdapat pada Performance Software LinovHR. Pastinya Anda akan lebih mudah mereview kinerja karyawan serta mudah untuk memberikan umpan balik yang konstruktif.

Saatnya tingkatkan kemudahan Anda dalam mengelola kinerja karyawan bersama LinovHR!