pengelolaan sdm

Menyusun Strategi Pengelolaan SDM Melalui Sistem, Apakah Efektif?

Pengelolaan dalam sebuah organisasi sangat penting dalam perusahaan, khususnya pengelolaan karyawan. Mengapa demikian? Sebab kinerja karyawan akan berpengaruh besar kepada operasional. Pengertian pengelolaan SDM sendiri adalah rangkaian perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, serta pengendalian karyawan.

Tujuan pengelolaan SDM yang utama ialah menciptakan satuan kerja yang efektif serta membentuk individu yang kompeten untuk ditempatkan pada posisi yang cocok dengan individu tersebut.

Pengelolaan dalam organisasi atau perusahaan tentu saja harus dilakukan secara baik agar karyawan yang handal dan cekatan dapat tercipta. Untuk mengefektifkan pengelolaan SDM, penggunaannya sistem teknologi seperti halnya Software HRD dari LinovHR akan memudahkan perusahaan pada saat pelaksanaan kerja.

Lalu, seberapa pentingkah penggunaan sistem dapat mengefektifkan pengelolaan sdm dalam organisasi?

 

Pentingnya Sistem Pengelolaan SDM

Berikut ini terdapat beberapa alasan mengapa pentingnya sistem pengelolaan SDM pada perusahaan.

 

1. Peningkatan Produktivitas

Melalui sistem pengelolaan SDM yang baik, anda bisa melakukan segala aktivitas kerja hanya dengan mengakses satu sistem saja. Sehingga seluruh pekerjaan Anda bisa dilakukan efektif dan efisien.Hal ini tentu saja akan membuat peningkatan produktivitas perusahaan dan juga karyawan.

 

Baca Juga : 7 Hal Remeh yang Dapat Tingkatkan Produktivitas Kerja Karyawan

 

2. Pengambilan Keputusan yang Tepat

Melalui sistem pengelolaan SDM, karyawan bisa mendapatkan seluruh hasil kerja secara cepat dan akurat. Sehingga, hal ini akan memudahkan untuk menentukan keputusan yang paling tepat rencana kerja selanjutnya.

 

3. Meningkatkan Kepuasan Karyawan

Sistem pengelolaan SDM yang akan memudahkan untuk mengurusi segala urusan karyawan hanya tinggal mengakses aplikasi melalui komputer atau handphonenya yang tersambung dengan akses internet. Kemudahan yang ditawarkan pada sistem akan meningkatkan kepuasan karyawan kepada perusahaan serta meningkatkan tingkat loyalitas karyawan.

 

Keunggulan Pengelolaan SDM Melalui Sistem

Dari penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa sistem pengelolaan SDM merupakan hal penting yang harus dimiliki perusahaan. Selain itu, terdapat juga keunggulan dari penggunaan sistem pengelolaan SDM.

Apa saja keunggulannya?

 

1. Pengelolaan Informasi yang Bersifat Transparansi

Keunggulan dari sistem ini adalah setiap hasil kerja akan memberikan laporan kepada seluruh karyawan maupun pemilik perusahaan. Sehingga, seluruh informasi atau laporan kerja dapat diketahui oleh seluruh pihak yang terlibat.

 

2. Menyediakan Data SDM yang Akurat dan Real Time

Selain meningkatkan kualitas laporan, sistem pengelolaan SDM dapat memberikan hasil yang akurat dan hasilnya bisa didapatkan saat itu juga atau Real Time.

 

3. Hemat Biaya

Pemanfaatan sistem untuk melakukan pengelolaan karyawan, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menggaji tenaga ahli sehingga akan lebih bisa menghemat biaya pengeluaran.

 

4. Mengoptimalkan Pembuatan Jadwal Kerja

Banyaknya jumlah karyawan membuat tim HRD harus membuat jadwal kerja setiap karyawan dengan baik dan benar. Untuk itu, penggunaan sistem dapat mengoptimalkan jadwal kerja dibandingkan mengerjakan secara manual. 

 

5. Mengadakan Kegiatan Pelatihan Karyawan Secara Relevan

Untuk meningkatkan skill tentu saja perusahaan harus mengadakan pelatihan kepada para karyawannya. Perusahaan dapat menentukan jenis pelatihan yang tepat sesuai dengan kebutuhan karyawan.

 

6. Membuat Pekerjaan yang Rumit Dapat Dikerjakan dengan Mudah

Karena setiap kerja akan dikerjakan secara otomatis, semua pekerjaan bisa dilakukan dengan mudah dan cepat melalui satu sistem.

 

7. Memudahkan dalam Perencanaan Karir Karyawan yang Lebih Baik

Perencanaan karir karyawan dapat merupakan hal penting untuk karyawan sendiri dan juga bagi perusahaan. Melalui sistem, perusahaan atau divisi HR dapat mengetahui sejauh mana kemampuan skill karyawan sehingga dapat menentukan langkah yang tepat untuk perencanaan karir mereka.

Semua keunggulan tersebut bisa Anda dapatkan dengan menggunakan Software HRD LinovHR

 

Baca Juga : HR Cloud Software: Pengelolaan Karyawan Pada Sistem Terpusat

 

Jadi, Apakah Pengelolaan SDM Melalui Sistem Itu Efektif? 

Dari penjelasan di atas dapat diketahui bahwa penggunaan sistem pengelolaan SDM akan mengefektifkan perusahaan dalam membuat strategi untuk meningkatkan kualitas dan kinerja karyawan.

LinovHR menyadari pentingnya pengelolaan yang sistematis dan holistik, maka dari itu LinovHR menyediakan Software HRD untuk membantu perusahaan memaksimalkan pengelolaan SDM. 

Software HRD LinovHR akan siap untuk membantu perusahaan untuk menyiapkan seluruh hal yang dibutuhkan untuk mengembangkan manajemen sumber daya manusia.

Dengan menerapkan Human Resource Information System, setiap pekerjaan akan dilakukan secara efektif dan efisien. Jadi, Anda bisa memiliki banyak waktu untuk lebih mengembangan bisnis perusahaan.

Software HRD ini memiliki beberapa modul untuk menunjang pekerjaan perusahaan Anda, antara lain:

  • Modul Recruitment, untuk melancarkan proses rekrutmen.
  • Modul Personnel Administration yang dapat menyiapkan dan menyimpan seluruh data informasi karyawan.
  • Modul Organization Management untuk memberikan gambaran besar mengenai informasi perusahaan.
  • Modul Payroll, untuk melancarkan proses perhitungan gaji serta komponen lainnya.
  • Modul Competency Management dapat memudahkan pengelolaan setiap kompetensi pada unit kerja.
  • Modul Performance Management berfungsi untuk mengefektifkan penilaian kinerja karyawan.
  • Modul Time Management untuk mengatur jadwal kerja setiap karyawan.
  • Modul Reimbursement untuk mengatur pengelolaan reimburse yang ada pada perusahaan.
  • Modul Succession Management berfungsi sebagai mengelola setiap hal yang berkaitan pada perencanaan suksesi perusahaan.
  • Modul Loan dapat memudahkan pengelolaan pinjaman karyawan.
  • Employee Self Service (ESS), yaitu fitur untuk memudahkan setiap karyawan dapat mengakses dan mengelola data dirinya.
  • Modul Learning and Development, dapat memudahkan Anda membuat program pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan karyawan.

 

Melalui Software HRD LinovHR, Anda tidak perlu khawatir akan terjadi kehilangan, kerusakan, pencurian, hingga penjualan data perusahaan maupun karyawan. Karena seluruh data akan tersimpan secara aman dan Anda bisa mengatur siapa saja pihak yang dapat mengaksesnya.

Hilangkan kompleksitas SDM perusahaan Anda dengan menggunakan Software HRD LinovHR sekarang juga!