sales representative

Kenali Tugas dan Tanggung Jawab Sales Representative

Salah satu pekerjaan yang terdapat pada bidang penjualan adalah sales representative.

Pada dasarnya, menjadi seorang sales representative sama seperti pekerjaan sales lainnya yaitu melakukan atau meningkatkan penjualan yang ada di dalam sebuah perusahaan.

Meski begitu, terdapat beberapa perbedaan pada setiap pekerjaan tersebut.

Maka dari itu, pada kesempatan kali ini LinovHR akan membahas mengenai apa itu sales representative, beserta dengan tugas dan tanggung jawabnya.

Tanpa perlu berlama-lama lagi, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

 

 

Apa Itu Sales Representative?

Sales representative adalah sebutan bagi seorang ahli atau profesional yang menjual barang atau jasa yang dimiliki oleh perusahaan. Perlu dicatat, bahwa sales representative tidak menjual produk langsung kepada konsumen, melainkan kepada badan atau organisasi formal maupun informal.

Seorang sales representative memiliki tanggung jawab secara langsung terkait branding perusahaan, peningkatan omzet, mengidentifikasi perubahan tren pasar, hingga menjaga hubungan dan komunikasi dengan para konsumen maupun pelanggannya.

Selain itu, mereka juga memiliki tanggung jawab untuk mencari dan memberikan pengetahuan kepada prospek perusahaan mengenai produk atau jasa yang dijual perusahaan.

Mereka juga harus sigap untuk memberikan bantuan kepada pelanggan yang mengalami kendala, guna meningkatkan loyalitas pelanggan perusahaan.

Sales representative sendiri terbagi ke dalam 2 bidang, yaitu outside sales dan inside sales.

Pada outside sales, penjualan dilakukan dengan cara melakukan pertemuan tatap muka secara langsung dengan prospek. Sedangkan inside sales, penjualan dilakukan melalui platform yang dimiliki perusahaan ataupun telepon.

 

Tugas dan Tanggung Jawab Sales Representative

tugas dan tanggung jawab sales representative
tugas sales representative

 

Setelah Anda memahami pengertian dari sales representative, Anda perlu memahami dan mengetahui tugas sales representative, beserta tanggung jawabnya di perusahaan.

 

  1. Mengenalkan dan Menjual Produk/Jasa

Seorang representative memiliki tugas untuk memperkenalkan produk kepada calon konsumen atau prospek perusahaan.

Ia juga harus memastikan bahwa produk yang dikenalkan tersebut bisa menjawab kebutuhan dari prospek perusahaan dan dijelaskan secara detail.

Selain itu, seorang sales representative juga harus melakukan penjualan mengenai produk/jasa tersebut. Tidak sebatas itu saja, ia juga bertugas untuk mencari prospek, melakukan promosi, dan menjaga relasi yang baik dengan pelanggan.

 

  1. Mengidentifikasi Perubahan Tren Pada Pasar

Seorang sales representative yang baik harus mampu mengikuti perkembangan dan perubahan yang terjadi pada pasar.

Mereka harus memiliki pengetahuan umum yang luas. Tujuan dari mengikuti perkembangan tren ini yaitu agar produk/jasa yang dijual oleh perusahaan bisa tetap eksis dan relevan dengan kehidupan di masa yang akan datang.

 

  1. Menguasai Produk/Jasa yang Dijual

Tugas dan tanggung jawab yang ketiga yaitu seorang representative harus memiliki produk knowledge yang baik.

Hal ini tentunya sangat penting, mengingat seorang sales representative harus melakukan pengenalan dan penjualan kepada calon konsumen atau prospek.

Akan sangat fatal, jika seorang representative tidak memahami dan mengetahui produk yang mereka jual, bukan?

 

  1. Menjaga Brand Image Perusahaan

Menjadi seorang sales representative berarti juga menjadi ujung tombak bagi perusahaan. Mengapa begitu?

Sebab tugas mereka yaitu berhubungan langsung dengan konsumen dan juga prospek dari perusahaan.

Baik atau buruknya citra perusahaan, akan sangat bergantung pada tangan sales representative. Maka dari itu, mereka harus dapat melayani dan memberikan kesan yang baik bagi para pelanggan dan prospek perusahaan.

 

  1. Mengelola Administratif Konsumen

Tugas dan tanggung jawab yang terakhir yaitu melakukan pengelolaan pada proses administratif konsumen. Seperti memberikan informasi dan dokumen yang diperlukan oleh konsumen, guna menunjang aktivitas jual beli yang dilakukan.

 

Baca Juga: Seperti Apa Skill Menjadi Sales Manager yang Dibutuhkan?

 

Skill yang Dibutuhkan Seorang Sales Representative

Menjadi seorang sales representative membutuhkan beberapa skill yang diperlukan untuk menunjang tugas dan juga tanggung jawab yang mereka miliki. Berikut adalah beberapa skill yang diperlukan.

 

  1. Kemampuan Komunikasi

Satu pasti yang harus dikuasai dan dimiliki oleh setiap sales representative di perusahaan yaitu kemampuan komunikasi yang baik.

Meskipun terbilang sederhana, namun kemampuan komunikasi yang baik mampu mendatangkan berbagai pengaruh dalam berhubungan dengan orang-orang.

Mengingat tugas dan tanggung jawab seorang representative sering berhubungan dengan konsumen dan prospek, maka skill satu ini wajib untuk dikuasai.

 

  1. Memiliki Kegigihan

Seperti yang kita ketahui, pada setiap proses penjualan tidak semua transaksi dapat berjalan dengan lancar. Ada kalanya penjualan yang dilakukan akan mengalami kebuntuan.

Maka dari itu, skill satu ini amat sangat dibutuhkan oleh seorang sales representative. Seorang representative yang gigih, tidak akan mudah menyerah dan selalu semangat untuk mencari prospek yang berpotensi bagi perusahaan.

 

  1. Menjadi Pendengar yang Baik

Skill ketiga yang harus dimiliki yaitu menjadi pendengar yang baik. Tujuannya agar seorang sales representative mampu mendengarkan keluhan, kebutuhan, dan juga aspirasi yang diberikan oleh pelanggan terhadap produk/jasa yang dijual.

Dengan begitu, perusahaan bisa meningkatkan produk dan juga layanan yang mereka miliki, agar lebih baik lagi.

 

  1. Time Management

Tidak jarang seorang sales representative yang diharuskan bekerja di luar jadwal kerja yang mereka miliki.

Memiliki kemampuan time management yang baik dapat memudahkan Anda dalam menghadapi situasi-situasi di luar jam atau jadwal kerja Anda dan menyesuaikan diri dengan jadwal klien atau prospek yang dimiliki oleh perusahaan.

 

  1. Problem Solving

Kemampuan wajib terakhir yang harus dikuasai oleh seorang representative yaitu kemampuan problem solving.

Sales representative bertugas juga sebagai customer service bagi pelanggan atau klien yang mereka miliki. Setiap pelanggan pastinya memiliki kendala masing-masing.

Oleh sebab itu, kemampuan problem solving ini diperlukan agar dapat membantu dan memberikan solusi bagi klien atau pelanggan yang mengalami kendala atau permasalahan terhadap produk maupun jasa yang dijual perusahaan.

 

Baca Juga: Tugas dan Tanggung Jawab Sales Executive

 

Kualifikasi dan Latar Belakang Seorang Sales Representative

Umumnya kualifikasi yang dibutuhkan untuk menjadi seorang sales representative di perusahaan yaitu berlatar belakang pendidikan dari bidang komunikasi ataupun manajemen.

Bagi Anda yang memiliki pengalaman yang berhubungan dengan klien, ini juga bisa menjadi salah satu pertimbangan perusahaan dalam melakukan rekrutmen.

Anda dapat mengasah dan menambah wawasan Anda dengan cara mengikuti pelatihan maupun seminar yang berkaitan dengan sales representative untuk meningkatkan peluang Anda bekerja pada bidang satu ini.

 

Itulah pembahasan mengenai apa itu sales representative, mulai dari pengertian, tugas dan tanggung jawabnya, hingga skill, serta kualifikasinya.

Semoga setelah membaca artikel ini, Anda jadi memahami salah satu pekerjaan di bidang penjualan ini.