Professional Employer Organization

Professional Employer Organization: Cara Kerja dan Pentingnya Untuk Bisnis

Dalam era bisnis yang semakin kompleks dan terdorong oleh regulasi yang semakin ketat, banyak perusahaan merasa perlu untuk mengalihkan beberapa aspek manajemen sumber daya manusia mereka kepada profesional.

Di sinilah peran Professional Employer Organization (PEO) menjadi sangat penting.

Dalam artikel LinovHR ini, kita akan membahas apa itu PEO, bagaimana mereka beroperasi, dan bagaimana mereka membantu bisnis dalam berbagai aspek. Yuk, simak dengan seksama!

 

 

Apa Itu Professional Employer Organization

Professional employer organization adalah organisasi atau perusahaan yang mengkhususkan diri dalam manajemen sumber daya manusia.

Mereka menyediakan layanan yang mencakup berbagai aspek manajemen HR, termasuk penggajian, administrasi ketenagakerjaan, manajemen risiko, dan layanan sumber daya manusia lainnya.

PEO bekerja dengan berbagai jenis bisnis, dari startup kecil hingga perusahaan besar, dan mereka membantu perusahaan untuk mengelola aspek-aspek HR mereka dengan lebih efisien dan efektif.

Biasanya PEO bekerja dengan klien mereka melalui apa yang dikenal sebagai “model co-employment” atau “perjanjian co-employment.”

Dalam model ini, PEO dan perusahaan klien berbagi tanggung jawab atas karyawan yang dipekerjakan oleh perusahaan tersebut.

Ini berarti bahwa PEO memiliki kewenangan untuk mengelola administrasi ketenagakerjaan, seperti penggajian dan administrasi manajemen sumber daya manusia.

Sementara perusahaan klien tetap bertanggung jawab atas pengawasan dan manajemen sehari-hari karyawan.

 

Kenapa Menggunakan Professional Employer Organization

Bagi pemberi kerja yang memiliki keterbatasan waktu dan tenaga, bekerja dengan professional employer organization dapat memberikan sejumlah keuntungan besar dalam pengelolaan human resource yang memakan waktu seperti penggajian atau tugas-tugas lainnya yang memakan waktu.

PEO dapat menawarkan dukungan dengan layanan administratif yang menjangkau seluruh siklus hidup ketenagakerjaan. PEO umumnya membantu dalam hal berikut:

 

1. Penggajian dan Pemrosesan Pajak

PEO mengelola penggajian dan dalam beberapa kasus, dapat menangani pembayaran pajak karyawan.

Banyak dari mereka juga mengintegrasikan sistem penggajian dengan waktu dan kehadiran, yang membantu mengurangi penggandaan entri data dan potensi kesalahan.

 

2. Administrasi Tunjangan

Professional employer organization biasanya akan menangani pendaftaran karyawan untuk beberapa tunjangan yang diberikan perusahaan seperti asuransi kesehatan, tunjangan pensiun, serta beberapa tunjangan karyawan lainnya.

Tidak hanya sampai proses pendaftaran tapi juga proses klaim.

 

3. Kepatuhan

PEO biasanya memiliki ahli yang dapat membantu Anda memastikan bahwa bisnis Anda mematuhi peraturan dan menghindari denda serta sanksi.

Mereka memiliki pengetahuan yang luas dalam hal hukum pajak penggajian, persyaratan pelaporan, asuransi pengangguran, kompensasi pekerja, perekrutan, dan aspek kepala lainnya.

 

4. Pengelolaan Risiko dan Keamanan

Selain menyediakan pendaftaran asuransi pekerja, PEO kadang-kadang menawarkan layanan audit keamanan dan program pelatihan yang membantu membatasi klaim dan potensi risiko.

Mereka juga bisa membantu dalam hal pemeriksaan dari administrasi keselamatan dan kesehatan kerja.

 

5. Dukungan Sumber Daya Manusia

Dalam banyak kasus, PEO memiliki profesional HR yang memberikan layanan dan dukungan dalam hal SDM. Jika Anda sudah memiliki tim HR internal, PEO dapat bermitra dengan mereka baik secara strategis maupun administratif.

 

6. Manajemen Talenta

Beberapa PEO menawarkan layanan talent management yang komprehensif, seperti rekrutmen strategis, pelatihan, keterlibatan karyawan, serta manajemen kinerja.

 

Cara Kerja Professional Employer Organization

Ketika sebuah perusahaan menggunakan jasa professional employer organization, mereka memasuki perjanjian kerja bersama.

Sebagai pemberi kerja bersama, PEO dan klien secara kontrak berbagi tanggung jawab dan kewajiban pemberi kerja. 

Perjanjian ini menguraikan bagaimana tanggung jawab dibagi antara kedua belah pihak dan biasa disebut sebagai perjanjian layanan klien PEO.

Perusahaan klien tetap memiliki kontrol dan kepemilikan penuh atas operasi mereka, termasuk manajemen karyawan sehari-hari, pengembangan produk, pemasaran, penjualan, dan layanan.

PEO biasanya bertanggung jawab atas tugas-tugas administratif seperti administrasi catatan karyawan, manajemen tunjangan karyawan, pemrosesan penggajian, dan pembayaran pajak karyawan.

Selain menentukan tanggung jawab masing-masing pihak, perjanjian ini juga mendefinisikan karyawan yang termasuk dalam perjanjian dan menetapkan kewajiban kepatuhan.

Baik perusahaan klien maupun professional employer organization memiliki kewajiban kepatuhan.

Namun, PEO biasanya memikul sebagian besar tanggung jawab terkait ketenagakerjaan, seperti manajemen risiko, manajemen sumber daya manusia, pemrosesan pajak penggajian, dan kepatuhan pajak karyawan, yang semuanya memberikan kedamaian pikiran kepada pemilik bisnis.

PEO juga sering bertanggung jawab atas asuransi pekerja dan memberikan perhatian khusus pada upaya peningkatan keselamatan dan kepatuhan.

Selain itu, PEO juga dapat memberikan perlindungan kepada karyawan di tempat kerja sesuai dengan berbagai undang-undang dan peraturan ketenagakerjaan yang berlaku.

 

Baca Juga: Apa Saja Keuntungan dari Payroll Management Service?

 

Keuntungan Menggunakan PEO

Tentu saja Anda akan mendapatkan keuntungan saat menggunakan professional employer organization. Keuntungan ini akan sangat terasa terutama bagi Anda yang memiliki tim dalam jumlah terbatas.

Adapun keuntungan tersebut antara lain:

 

1. Efisiensi Waktu

Dengan mengandalkan tugas-tugas HR kepada PEO, perusahaan dapat meningkatkan efisiensi waktu. Sehingga bisa fokus pada operasional inti bisnis.

Tidak lagi mengurus persoalan administratif mengenai human resource yang terkadang menyita waktu.

 

2. Penghematan

Biasanya, PEO memiliki kekuatan negosiasi yang lebih baik dalam hal kompensasi pekerja dan asuransi kesehatan, yang umumnya lebih terjangkau daripada apa yang bisa diakses oleh bisnis kecil yang beroperasi secara independen.

 

3. Ketenangan Pikiran

Mengurus berbagai persoalan human resource bisa sangat memusingkan. Terutama terkait dengan penggajian karyawan.

Namun, saat perusahaan telah menggunakan PEO Anda dapat lebih tenang karena segala persoalan human resource telah dikelola oleh tangan-tangan andal.

 

4. Peningkatan Fungsi Pelacakan dan Administrasi

PEO umumnya melakukan evaluasi mendalam terkait SDM yang dirancang untuk mengurangi risiko dan memaksimalkan peluang pertumbuhan dan pengembangan.

 

5. Pertumbuhan Bisnis

Menurut NAPEO, “Bisnis yang menggunakan PEO cenderung tumbuh 7-9 persen lebih cepat, memiliki omzet 10-14 persen lebih rendah, dan memiliki kemungkinan yang lebih kecil untuk mengalami kegagalan bisnis.”

 

6. Dukungan dalam Perekrutan dan Retensi

Merekrut, melibatkan, dan mempertahankan staf dapat menjadi tugas yang memakan waktu dan mahal.

PEO dapat membantu Anda mengoptimalkan investasi pada tim Anda melalui bantuan dalam proses perekrutan, pelatihan, komunikasi kebijakan melalui panduan karyawan, dan penawaran program pelatihan sepanjang employee life cycle.

 

7. Dukungan Kepatuhan Ketenagakerjaan

Memiliki dukungan dan bimbingan dari PEO dapat membantu perusahaan untuk menjalankan kepatuhan sesuai dengan peraturan ketenagakerjaan yang semakin kompleks dan proses bisnis yang menuntut.

 

Baca Juga: Apa Itu Goodwill: Pengertian, Manfaat dan Cara Menghitungnya

 

Bagaimana Memilih Professional Employer Organization

Untuk memilih professional employer organization yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda, lakukan penelitian dengan cara yang sama seperti mencari kebutuhan bisnis strategis lainnya.

 

Pilihlah PEO dengan kriteria sebagai berikut:

  • Memiliki rekam jejak yang kuat dan stabilitas keuangan yang solid.
  • Mampu memenuhi kebutuhan unik bisnis dan karyawan Anda.
  • Menyediakan referensi dari klien lain dalam industri khusus Anda.
  • Memberikan dukungan komprehensif dan memiliki keahlian dalam hal kepatuhan.
  • Menawarkan layanan dan cakupan di wilayah tempat Anda menjalankan bisnis.

 

Dapatkan Layanan Pengelolaan Gaji dan Pajak dari Payroll Service LinovHR

Professional employer organization adalah salah satu jasa yang sangat membantu perusahaan yang tidak ingin dipusingkan dengan berbagai persoalan administratif terkait human resource.

Terutama terkait dengan penggajian dan perpajakan karyawan yang terkenal rumit dan menyita waktu.

Dengan menggunakan PEO, urusan penggajian dan perpajakan akan ditangani oleh tim profesional sehingga memastikan Anda menjaga dan menaati kepatuhan.

Segala kemudahan yang ditawarkan PEO saat ini bisa Anda dapatkan dalam Payroll Service LinovHR.

 

Banner Payroll 2

 

Payroll Service LinovHR mengkhususkan diri dalam membantu penggajian dan perpajakan karyawan.

Didukung dengan tim profesional dan penggunaan teknologi terkini dari Software Payroll LinovHR, segala proses akan dikerjakan dengan cepat dan tepat.

Tim Payroll Outsource LinovHR memberikan layanan yang holistik dari mulai memproses jam kerja sebagai komponen gaji lalu akan menghitung berbagai komponen gaji karyawan.

Selain itu, Anda juga bisa mengandalkan Payroll Service LinovHR untuk mengurus pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan.

Dapatkan keunggulan kompetitif dengan Layanan Pengelolaan Gaji dan Pajak terpercaya kami hari ini, dan biarkan LinovHR menjadi mitra Anda dalam kesuksesan bisnis. Ayo ajukan demo gratisnya sekarang!