Perlu Sistem Absen Harian yang Efektif? LinovHR Solusinya

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

sistem absen harian
Isi Artikel

Mencatat kehadiran karyawan setiap hari menjadi hal penting karena absensi menjadi indikator penting dalam penggajian dan menunjukkan performa mereka dalam bekerja.

Oleh karenanya perusahaan perlu membangun sistem absen harian yang efektif. Hal ini guna memberikan manfaat dan kemudahan dalam pencatatan data kehadiran setiap karyawan.

Melalui sistem pencatatan kehadiran harian, HR dapat melihat dengan jelas tentang status kehadiran karyawan. Mulai dari karyawan yang terlambat, lembur, karyawan yang mengajukan cuti, izin, atau sakit. Sehingga seharusnya Anda tidak lagi perlu repot menghitung data kehadiran karyawan.

Lalu, sepenting apakah sistem absensi secara harian itu dan apa saja jenis-jenisnya?

Mari simak dalam artikel LinovHR berikut ini!

 

Pentingnya Sistem Absen Harian bagi Perusahaan

Sistem absen harian begitu penting bagi perusahaan. Lebih dari sekadar mencatat waktu hadir dan waktu pulang karyawan. Penggunaannya membantu perusahaan untuk memonitoring kedisiplinan karyawan.

Mungkin masih banyak perusahaan yang beranggapan kegiatan memantau karyawan adalah hal yang tidak perlu dilakukan. Karena asalkan mereka hadir dan melakukan pekerjaannya saja sudah cukup.

Padahal, untuk Anda yang bisnisnya sangat bergantung pada produktivitas karyawan, melakukan monitoring kedisiplinan karyawan jadi hal yang sangat penting.

Dengan melakukan pemantauan ini, Anda bisa mengetahui bagaimana karyawan menghargai waktunya selama jam pekerjaan. Dari absen harian perusahaan dapat melihat seperti apa etos dari karyawan sehari-hari.

Karyawan yang kedapatan sering terlambat atau sering tidak hadir menjadi indikator bahwa mereka bisa menjadi penghambat penyelesaian pekerjaan. Ini juga akan mengganggu ritme kerja karyawan lainnya, sehingga efektivitas kerja tim bisa menurun.

Selain itu, sistem absensi harian penting diterapkan karena bisa membantu membangun kepercayaan yang baik antara karyawan dan juga perusahaan. Itulah mengapa sistem kehadiran harian penting untuk diterapkan oleh perusahaan.

 

Manfaat Sistem Absensi Harian

Beberapa manfaat dari sistem absen harian, seperti:

  1. Perusahaan bisa memastikan bahwa operasional berjalan dengan baik.
  2. Memantau produktivitas karyawan.
  3. Melatih integritas karyawan untuk bersikap jujur, disiplin, serta taat  kepada aturan saat bekerja.
  4. Memastikan karyawan mendapatkan gaji yang tepat.

 

Itulah mengapa, setiap karyawan perlu memiliki sistem kehadiran harian untuk membantu mencatat kehadiran dan produktivitas karyawan di perusahaan.

 

Baca juga: Work Plan yang Efektif Bantu Tingkatkan Efektivitas Kerja Karyawan

 

Jenis Absen Harian Manual

Terdapat banyak pilihan yang bisa digunakan perusahaan untuk membuat sistem untuk absen harian karyawan, salah satunya adalah dengan absensi manual. Berikut ini beberapa jenis yang bisa dipilih.

 

1. Absensi Kartu

Absensi kartu adalah salah satu jenis absensi manual yang bisa dipergunakan untuk mencatat kehadiran harian. Cara menggunakannya cukup sederhana, di mana karyawan akan diberikan kartu absen yang harus mereka masukkan ke mesin ceklok setiap harinya. Lalu mesin tersebut akan mencatat waktu kehadiran karyawan pada kartu.

Ini adalah metode absensi yang terbilang paling lawas. Bahkan saat ini sudah mulai ditinggalkan karena keterbatasannya yang hanya dapat mencatat waktu hadir dan pulang saja.

 

2. Absen Kertas

Sistem absensi ini dilakukan secara manual menggunakan kertas absensi yang dibuat dari Excel dan diisi dengan pena oleh karyawan. Bisa dikatakan ini adalah teknik absen harian murah meriah.

Walau efisien dari segi biaya, tapi penggunaannya tidak efektif apalagi untuk perusahaan yang memiliki karyawan yang jumlahnya ratusan. Pengisiannya akan memakan waktu dan sangat tinggi risiko kecurangan seperti titip absen dan sulitnya melakukan rekap absen harian.

 

Baca juga: Tingkatkan Kedisiplinan Karyawan dengan Sistem Absensi Sekaligus Penggajian

 

Dari kedua jenis absensi harian manual di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa penggunaanya sudah tidak lagi relevan untuk keadaan bisnis saat ini yang menuntut semua serba dilakukan dengan cepat.

Penggunaan sistem absensi manual hanya memakan banyak waktu dan pengadaan kertas yang begitu banyak, sementara kebutuhan perusahaan untuk dapat memonitoring produktivitas karyawan tidak bisa terjawab.

 

LinovHR Pilihan Terbaik untuk Sistem Absensi Harian Karyawan

Sistem absensi harian akan mempengaruhi efektivitas, efisiensi, dan produktivitas karyawan secara tidak langsung. Oleh karena itu, sangat penting bagi perusahaan untuk memilih absensi harian yang efektif dan dapat diandalkan.

Penggunaanya harus dapat memudahkan karyawan dalam melakukan absensi dan melaporkan apa saja yang mereka kerjakan selama satu hari itu. Selain itu, data absensi tersebut juga haruslah tidak mudah hilang atau rusak seperti absensi kertas.

Sistem juga tidak mudah error, ini karena sistem yang error hanya akan menghambat karyawan dalam mencatat kehadirannya dan ini pastinya akan membuat Anda kerepotan menyediakan backup plan pengganti sistem absensi yang error tersebut.

Selain itu, sistem absensi harian juga harus dapat memudahkan tim HR dalam rekapitulasi jam kerja dan kehadiran karyawan, sehingga tidak perlu lagi dihitung secara manual satu persatu.

 

Aplikasi Absensi Online
Software Absensi LinovHR

 

Semua sistem tersebut bisa Anda dapatkan dalam satu aplikasi saja yaitu software absensi LinovHR. Software absensi LinovHR memungkinkan pencatatan waktu kedatangan, jam pulang, karyawan izin, cuti, atau tidak masuk.

Di software ini Anda bisa menggunakan fitur Timesheet, dengan fitur ini Anda bisa menganalisis dan membandingkan jadwal karyawan dan kehadirannya sehingga bisa mendapatkan status kehadiran yang lebih akurat.

Dengan software absensi LinovHR, Anda juga tidak perlu repot lagi mengenai rekapitulasi data kehadiran karena sistem LinovHR yang akan menghitungnya untuk Anda, jadi tidak perlu lagi menghitung secara manual.

Masalah data, Anda juga tidak perlu takut lagi, karena data tersimpan aman, Anda juga bisa melihat kembali histori kehadiran karyawan dengan mudah dimanapun dan kapanpun.

Sudah saatnya, pilih sistem absensi harian yang mendukung produktivitas perusahaan, ayo gunakan LinovHR!

Ajukan demo gratisnya sekarang!

Tentang Penulis

Meirza Anggakara
Meirza Anggakara

Memiliki minat dalam pemasaran digital serta senang memberikan pengetahuan terkait dunia kerja di LinovHR dengan penerapan SEO yang baik dan sesuai kaidah mesin pencari
Follow them on Linkedin

Bagikan Artikel Ini :

Related Articles

Newslater

Newsletter

Tentang Penulis

Meirza Anggakara
Meirza Anggakara

Memiliki minat dalam pemasaran digital serta senang memberikan pengetahuan terkait dunia kerja di LinovHR dengan penerapan SEO yang baik dan sesuai kaidah mesin pencari
Follow them on Linkedin

Artikel Terbaru

Telusuri informasi dan solusi HR di sini!

Subscribe newsletter LinovHR sekarang, ikuti perkembangan tren HR dan dunia kerja terkini agar jadi yang terdepan di industri

Newsletter