surat keterangan penghasilan

Contoh Surat Keterangan Penghasilan Kerja yang Benar

Surat keterangan penghasilan adalah suatu dokumen yang tak asing lagi di dunia HRD. sekilas, surat ini hampir serupa dengan slip gaji. Padahal tidak demikian, loh! Untuk lebih lengkapnya, mari simak ulasan mengenai surat keterangan penghasilan dari LinovHR! 

 

Pengertian Surat Keterangan Penghasilan

Surat keterangan penghasilan merupakan surat resmi yang berisikan informasi mengenai nominal jumlah gaji pegawai secara lengkap dan rinci. Surat ini kerap kali dibutuhkan sebagai pelengkap administrasi dalam beberapa kesempatan tertentu, seperti mengajukan pinjaman/kredit kepada bank, mengajukan beasiswa, melamar pekerjaaan, membuat visa, dan mengajukan pencairan dana Jaminan Hari Tua BPJS Ketenagakerjaan.

Biasanya, surat ini dikeluarkan oleh pihak perusahaan khususnya yang sehubungan dengan bagian keuangan atau personalia. Dan karyawan perlu menyertakan keterangan atau alasan untuk pembuatan surat tersebut. Perlu diketahui, masih banyak orang yang menganggap surat keterangan ini sama dengan slip gaji.

Kedua surat ini memang menerangkan nominal gaji karyawan, namun ternyata keduanya memiliki perbedaan. Apa saja perbedaannya? Berikut penjelasannya.

 

Perbedaan Surat Keterangan Penghasilan dan Slip Gaji

Perbedaan yang mencolok antara surat keterangan penghasilan dan slip gaji yaitu terletak pada formalitas isi yang ada didalamnya. Surat keterangan ini lebih menunjukkan kesan formal karena berisikan kop surat perusahaan/instansi, tanda tangan bagian keuangan/personalia, stempel perusahaan, dan disertakan alasan atau keterangan pembuatan surat. Selain itu, surat penghasilan kerja menerangkan nominal jumlah gaji karyawan dan detailnya

Sedangkan, slip gaji memiliki format yang lebih simpel mirip seperti struk belanja, tidak ada tanda tangan bagian personalia atau keuangan. Namun, informasi yang dimuat tercantum pada slip gaji biasanya lebih rinci dan detail, lengkap memuat informasi potongan gaji dan lembur (overtime). Dengan demikian, Anda jangan keliru lagi membedakan antara surat penghasilan dan slip gaji.

 

Komponen Surat Keterangan Penghasilan

Sebenarnya tidak ada ketentuan baku dalam pembuatan surat keterangan penghasilan karena setiap perusahaan tentunya memiliki format dan ketentuan masing-masing. Meski begitu, adapun komponen umum yang tetap harus tercantum di dalam surat penghasilan. Simak informasinya dibawah ini.

  • Kop perusahaan atau instansi lengkap, menunjukkan kesan resmi dan formal
  • Nama surat
  • Nomor surat
  • Informasi data diri karyawan yang bersangkutan
  • Detail gaji dan rinciannya
  • Peruntukan surat, informasi berupa keterangan atau alasan dibuatnya surat sesuai kebutuhan karyawan
  • Tanggal surat dibuat
  • Nama dan tanda tangan dari pihak perusahaan untuk menunjukkan bahwa surat ini resmi dikeluarkan

 

Baca Juga: Contoh Perhitungan PPh 21 Bukan Pegawai 

 

Fungsi Surat Penghasilan Kerja

Di bawah ini adalah beberapa fungsi dari surat penghasilan kerja: 

 

  • Perincian gaji karyawan

Dalam sebuah surat keterangan gaji, informasi mengenai rincian dan jumlah gaji  karyawan adalah hal yang paling penting.  Rincian gaji ini memuat nominal gaji pokok dan tunjangan lain, seperti  uang makan, uang transport, kesehatan, potongan pajak, insentif, dan sebagainya. Semua rincian tersebut di total dan hasil jumlahnya merupakan gaji karyawan setiap bulan. Rincian gaji merupakan komponen wajib yang harus ada dalam surat penghasilan kerja.

 

  • Disahkan oleh pihak terkait

Komponen yang tidak kalah penting dan harus tercantum dalam surat penghasilan adalah diketahui dan ditandatangani oleh pihak perusahaan. Biasanya, bagian keuangan merupakan bagian yang berperan penting dalam mengelola urusan gaji karyawan. Dalam surat tersebut, harus tercantum nama dan jabatan pihak keuangan yang mengesahkan. Serta, dilengkapi pula dengan tanda tangan dan stempel dari bagian terkait.

 

  • Data diri karyawan harus jelas

Selain mencantumkan nama dan jabatan pihak yang mengesahkan surat, komponen yang harus ada di dalam surat adalah nama dan jabatan karyawan. Dengan demikian, surat yang dikeluarkan jelas diperuntukan untuk siapa.

 

Baca Juga: Pahami 7 Hal Mengenai JKK dalam Perusahaan

 

  • Tujuan penggunaan surat

Pada sejumlah perusahaan, terdapat pula tujuan penggunaan surat pada format surat penghasilan kerja. Hal ini untuk menunjukkan bahwa surat yang dikeluarkan memang digunakan sesuai dengan kebutuhan karyawan. Akan tetapi, adapun perusahaan yang mengeluarkan surat penghasilan dengan lebih fleksibel sehingga dapat digunakan karyawan untuk berbagai keperluan.

 

Contoh Surat Keterangan Penghasilan

 

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Andini Yunita

Jabatan : Direktur Keuangan 

Menerangkan dengan sesungguhnya bahwa:

Nama : Meydiana Safira

Jabatan : Staf Digital Marketing

 

Adalah benar merupakan karyawan PT Insan Mandiri Kreatif sejak Juni 2018 hingga saat ini. Berikut rincian gaji Saudara Medyana Safira setiap bulan, khususnya pada Oktober 2019, adalah sebagai berikut:

Gaji Pokok : Rp 4.200.000

Uang makan : Rp 500.000

Transport : Rp 300.000

Kesehatan : Rp150.000

Lain-lain : Rp 200.000

Rp 5.350.000

 

Demikian surat keterangan penghasilan ini dibuat sebagai syarat pengajuan pinjaman bank.  

 

Jakarta, 10 Desember 2019

TTD

Andini Yunita

Direktur Keuangan

Download Surat Keterangan Penghasilan Kerja DOC

 

Contoh Surat Keterangan Penghasilan Untuk Mengajukan KPR

Surat Keterangan Penghasilan

Download Contoh Surat Keterangan Penghasilan [DOC]

 

Demikian penjelasan tentang surat keterangan penghasilan dan format surat yang digunakan oleh perusahaan. Informasi ini diharapkan dapat membantu karyawan yang membutuhkan surat untuk keperluan tertentu. Serta, diharapkan dapat memberikan gambaran untuk bagian keuangan/personalia dalam membuat surat penghasilan yang benar.