teller bank

Mau Kerja di Perbankan? Posisi Teller Bank Patut Anda Coba!

Anda pasti akan menemui teller bank untuk membantu dalam mengurusi keuangan para nasabah ketika sedang pergi ke bank. Pekerjaan ini merupakan salah satu dari banyaknya posisi di industri perbankan. Jika Anda tertarik dan ingin mencoba pekerjaan teller bank, artikel LinovHR akan penjelasan secara lengkapnya.

 

Apa itu Teller Bank?

Teller bank adalah seorang pegawai yang akan bertemu dan melayani nasabah secara langsung untuk mengurusi hal-hal yang berkaitan dengan keuangan. Karena seorang teller ini adalah orang pertama yang akan bertemu dengan para nasabah dan masyarakat umum lainnya, mereka diwajibkan untuk bersikap ramah serta membantu dalam memberi arahan secara jelas.

Teller bank atau biasa disebut dengan teller ini akan menjawab pertanyaan mengenai produk dan layanan dari suatu bank dan mengarahkan pelanggan/nasabah ke staf lain yang lebih tepat untuk melakukan transaksi bank yang lebih kompleks. Maka dari itu, pekerjaan ini dituntut untuk menunjukkan pemahaman secara menyeluruh tentang bank tempat mereka bekerja.

 

Apa Saja Tugas Teller Bank? 

Teller bank memiliki beberapa tugas dan tanggung jawab yang harus dikerjakan, antara lain:

  • Memastikan bahwa seluruh alat yang digunakan bisa digunakan dengan baik. Maka dari itu, seorang teller bank harus bisa datang tepat waktu.
  • Menghitung seluruh uang yang ada pada laci dari awal shift.
  • Mengambil uang tunai, cek, kartu debit, serta bentuk pembayaran lainnya dari nasabah.
  • Menjawab pertanyaan terkait akun untuk nasabah.
  • Menghitung uang dalam laci kas mereka pada akhir shift kerja dan menyebimbangkan dengan saldo awal.
  • Mengisi dokumen/slip setoran dan penarikan yang sudah ditandatangani sebagai tanda tangan pengesahan.
  • Bersikap ramah dan sopan saat bertemu dengan nasabah atau pelanggan, dan berusaha untuk menjawab seluruh pertanyaan yang dilontarkan.
  • Membantu nasabah untuk menyelesaikan masalah keuangan yang terkait dengan akun banknya.
  • Menjaga penampilan baik dalam berbusana maupun riasan wajah yang sudah disesuaikan dengan aturan masing-masing bank.
  • Menghitung penyetoran uang yang dilakukan nasabah baik yang dilakukan dengan transaksi tunai maupun non tunai, serta mengeditnya  ke dalam sistem komputer bank.

 

Skill Apa yang Harus Dikuasai Oleh Teller?

Karena pekerjaan ini dibutuhkan ketelitian dan ketepatan yang sangat tinggi, maka pekerjaan ini harus dilakukan dengan orang yang benar-benar ahli dalam bidangnya. Namun jika Anda tertarik dan ingin berkecimpung pada pekerjaan teller bank, berikut adalah beberapa skill yang harus Anda kuasai!

 

Akuntansi Dasar

Teller bank setiap harinya akan menangani keuangan seluruh nasabahnya, maka dari itu pekerjaan ini dituntut untuk bisa menguasai ilmu tentang akuntansi dasar. 

Walaupun seluruh kegiatan transaksi sepenuhnya akan dikerjakan secara otomatis melalui komputer bank, tetapi sebagai teller tetap bertanggung jawab untuk mengetahui setiap angkat dalam transaksi agar jika terjadi permasalahan atau tidak seusai, mereka bisa segera mengatasinya.

 

Baca Juga: Fungsi Akuntansi Keuangan untuk Kelancaran Perusahaan

 

Perhatian Terhadap Hal Detail

Selain menguasai ilmu akuntansi dasar, mereka juga harus bisa memiliki perhatian pada setiap hal secara detail. Karena, mereka harus mengecek seluruh kegiatan transaksi mulai dari penanganan uang dengan benar, menyimpan catatan transaksi yang akurat, hingga melakukan protokol keamanan yang tepat.

Sebuah kesalahan yang dilakukan akan menyebabkan dampak yang serius dan menimbulkan penyimpangan jumlah nominal dalam rekening, hingga menyebabkan kehilangan kepercayaan masyarakat terhadap suatu bank.

 

Menguasai Komputer dan Perangkat Lunak Keuangan

Sebagai pendukung dalam kelancaran proses kerja, teller dalam suatu bank juga harus bisa memiliki keterampilan dalam menguasai perangkat lunak keuangan secara khusus. 

Namun skill ini biasanya bukan menjadi persyaratan secara khusus karena pada umumnya, penyedia kerja (bank) akan memberikan pelatihan terhadap penggunaan perangkat lunak khusus. Tapi jika Anda memiliki keahlian dalam bidang ini akan menjadi nilai tambah tersendiri!

 

Komunikasi Secara Verbal dan Non Verbal

Karena mereka menjadi pihak yang akan melayani banyak orang secara langsung, pekerjaan teller bank juga harus bisa memiliki skill dalam komunikasi baik secara verbal maupun non verbal.

Karena selain menangani keuangan, mereka juga harus menangani banyak orang dengan memberikan pelayanan yang sangat baik agar setiap pelanggan atau nasabah yang berkunjung bisa bertransaksi secara nyaman.

 

Skill Mengorganisasi

Agar bisa menyeimangkan kas keuangan pada setiap akhir shift kerja, Anda harus bisa memiliki kemampuan untuk mengorganisasi seluruh dokumen yang akan dibutuhkan dalam melacak transaksi per harinya.

 

Kejujuran

Kejujuran merupakan suatu hal yang sangat penting dalam setiap pekerjaan, terlebih lagi pekerjaan dalam hal keuangan. Karena uang yang diproses tentunya uang miliki para nasabah dan sebagai bank teller memiliki tanggung jawab yang besar untuk menjaganya.

Setelah Anda mengetahui skill apa saja yang harus dipenuhi, selanjutnya mari intip gaji teller bank di Indonesia!

 

Baca Juga: Baru Masuk Kerja? Pahami Penempatan Kerja atau Placement!

 

Gaji Teller Bank di Indonesia

Setiap bank tentunya memiliki nominal gaji yang berbeda-beda untuk posisi sebagai teller bank. 

Dilansir dari situs pencarian kerja indeed.com, rata-rata gaji sebagai teller di bank swasta sekitar Rp3.865.291. Atau jika diakumulasikan per tahunnya akan mendapatkan sekitar Rp46 juta. Data ini merupakan data gaji teller bank di Indonesia pada tahun 2021.

Namun angka tersebut merupakan angka minimal gaji yang diberikan, tidak sedikit juga bank akan memberikan gaji pada pekerjaan ini sekitar Rp8 juta hingga Rp10 juta per bulannya.

 

Kesimpulan

Demikianlah pembahasan mengenai pekerjaan teller bank mulai dari pengertian, tugas, skill, hingga gaji yang akan diperolehnya. Semoga pembahasan di atas dapat membantu Anda untuk bisa menjadi seorang teller bank profesional. Selamat mencoba!