tidak punya pengalaman kerja

Tidak Punya Pengalaman Kerja Setelah Lulus? Berikut Tips nya

Pengalaman kerja adalah hal yang selalu dicantumkan dalam sebuah CV dan menjadi tolak ukur bagi tim HRD untuk menilai kualitas kandidat calon karyawan. Namun, bagaimana jika kandidat tidak memiliki pengalaman kerja? Belum mencicipi pengalaman dalam dunia kerja sering dialami oleh fresh graduate. Hal ini menyebabkan fresh graduate kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan pertamanya dan minder ketika hendak melamar kerja. 

Padahal, hal tersebut bukanlah menjadi halangan untuk mendapatkan pekerjaan impian, loh! Dengan beberapa kiat, belum memiliki pengalaman di dunia kerja bukanlah menjadi hal yang menakutkan. Apa saja yang dapat dilakukan fresh graduate ketika belum mempunyai pengalaman yang memadai? Simak pembahasannya di bawah ini!

 

Pelajari Job Desk

Ada banyak job desk dari setiap jenis pekerjaan. Pelajarilah tiap job desk dari pekerjaan yang hendak dilamar. Karena ketika kandidat mampu memahami deskripsi pekerjaan dan kebutuhan perusahaan, kandidat tersebut dapat membuat surat lamaran dan resume untuk meyakinkan perusahaan untuk menerimanya sebagai karyawan.

Sebagai contoh, sebuah perusahaan mencari seseorang yang dapat membaca dan menganalisis data Google Ads. Sang fresh graduate yang telah mempelajari job desk dan mampu akan mengajukan pekerjaan.  Meskipun belum ada pengalaman di bidang yang sama, perusahaan akan mempertimbangkannya atas keterampilan yang mereka butuhkan.

 

Manfaatkan Network

Gunakan network atau jalinan pertemanan bantuan untuk mendapatkan pekerjaan pertama. Beberapa teman lama mungkin bekerja di perusahaan tertentu dan mempunyai informasi mengenai lowongan yang berpotensi. Tak ada salahnya untuk menghubungi mereka dan meminta rekomendasi sehingga perusahaan siap untuk mempertimbangkan usulan kerja.

Rekomendasi dari teman dan dosens semasa kuliah juga sangat membantu untuk mendapatkan pekerjaan. Jadi, jangan ragu untuk bertanya kepada teman dan dosen mengenai lowongan pekerjaan. Namun, pastikan untuk menanya dengan sopan, ya!

 

Baca Juga: 8 Cara Membangun Networking di Dunia Kerja

 

Buat CV yang Menjanjikan

CV memuat data singkat mengenai riwayat hidup seseorang dalam beberapa tahun terakhir dan menjadi salah satu dokumen pertama yang dilirik HRD. Jika CV disajikan dengan menarik dan menjanjikan, perusahaan akan mempertimbangkan kemungkinan untuk bergabung dan menduduki posisi sebagai karyawan. Format CV yang menarik bisa berupa presentasi atau video. Ini juga menjadi nilai plus bagi kandidat dan menunjukkan bahwa kandidat adalah orang yang kreatif!

 

Masuk di Grup Pencari Kerja

Kadang-kadang, kesempatan kerja berada di tempat yang tidak diduga. Salah satunya adalah grup pencari kerja. Terlibat dalam grup pencari kerja cukup penting. Kandidat yang masih berstatus fresh graduate dapat memperoleh pengetahuan dan pertukaran ide seputar dunia kerja. Dalam grup pencari kerja, terkadang terdapat recruiter yang sedang berburu kandidat. Bila beruntung, bisa jadi Anda akan dihubungi recruiter untuk dimintai CV dan interview secepatnya! 

 

Tuliskan Pengalaman Organisasi atau Sukarelawan

Semasa kuliah biasanya mahasiswa akan mengikuti organisasi kemahasiswaan atau menjadi sukarelawan, baik demi kepentingan mata kuliah maupun memang keinginan pribadi. Nah, sesederhana apapun pengalaman organisasi atau sukarelawan yang dimiliki, jangan ragu untuk menuliskannya! HRD tetap akan mempertimbangkan pengalaman tersebut sebagai salah satu pengalaman berharga yang pernah Anda jalani. Pengalaman organisasi dan menjadi sukarelawan turut membuktikan bahwa Anda handal bekerja dalam tim serta tangguh menghadapi tantangan yang dihadapi tim dalam mencapai tujuan bersama. Sehingga, walau belum memiliki banyak pengalaman kerja, Anda tidak akan dipandang sebelah mata. 

 

Ikuti Pelatihan Kerja

Pelatihan kerja akan memberikan nilai tambah bagi fresh graduate yang belum pernah bekerja sekali pun. Mengapa demikian? Sebab, dengan mengikuti pelatihan kerja, Anda akan menguasai skill baru yang belum pernah Anda miliki sebelumnya. Tentu saja menguasai hal baru akan mempermudah Anda dalam mencari kerja dan bekerja di perusahaan manapun tempat Anda bekerja. Pelatihan kerja pun semakin beragam dengan berbagai macam program dan metode yang ditawarkan, baik secara offline dan online. Bahkan ada banyak pelatihan kerja yang tidak memungut sepeserpun biaya, loh! 

 

Baca Juga: Cara Daftar Program Kartu Pra Kerja

 

Salah satu program pelatihan kerja yang baru-baru ini sedang tren adalah Kartu Pra Kerja yang digagas oleh pemerintah. Dengan Kartu Pra Kerja, Anda dapat memperoleh pelatihan menjadi tenaga ahli dalam bidang tertentu yang diminati dan menerima insentif. Dari pihak non pemerintah, Anda dapat mengakses Udemy memuat berbagai macam kursus gratis yang dapat Anda akses kapan dan di mana saja dengan berbasis online.  Tak ada lagi alasan untuk tidak meningkatkan skill dengan pelatihan kerja. 

 

Pertimbangkan Magang

Magang setelah lulus dapat menjadi alternatif untuk mencari pengalaman kerja. Anda akan merasakan situasi dunia kerja, memahami alur pekerjaan dan memahami cara berkomunikasi di dunia pekerjaan melalui program magang. Meskipun bukan status permanen, HRD akan menghargai usaha untuk belajar. Fresh graduate akan memiliki pemahaman yang baik tentang seluk-beluk dunia kerja yang akan menambah nilai pada pekerjaan pertama lainnya. Dengan magang, jalur karir dapat dilihat dalam satu posisi. Ini bisa menjadi pertimbangan penting di masa depan dalam menentukan karir. 

Sekian tips bagi fresh graduate dengan minim pengalaman kerja dalam mencari pekerjaan. Ingat, janganlah berputus asa dan selalu minta dukungan dari orang terdekat. Karena pada akhirnya dukungan orang terdekat adalah dukungan yang paling menguatkan di tengah kondisi yang berat dalam mencari pekerjaan. Selamat mencari pekerjaan!