pasar internasional

8 Tips Agar Produk Tembus ke Pasar Internasional

Begitu bisnis mulai berjalan lancar di dalam pasar domestik, ada baiknya perusahaan merambah ke pasar internasional adalah salah satu pilihan bagi Anda untuk menaikkan bisnis Anda ke level berikutnya. Mulai dari jumlah pelanggan yang lebih besar sampai nilai jual produk yang meningkat, banyak keuntungan yang didapat dari memperluas bisnis ke kancah internasional. 

 

Keuntungan Perusahaan Ketika Berhasil Menembus Pasar Internasional

Banyak perusahaan yang berlomba-lomba memasarkan produk mereka di kancah internasional? Mengapa demikian? Ternyata hal ini berpengaruh besar terhadap pendapatan dan perkembangan perusahaan itu sendiri. Apa saja keuntungan bagi perusahaan? 

  1. Menambah pendapatan; 
  2. Meningkatkan potensi perluasan perusahaan; 
  3. Menumbuhkan citra positif terhadap produk; 
  4. Membuka potensi perusahaan untuk merekrut talenta dari berbagai latar belakang;
  5. Memperkuat posisi perusahaan di tengah persaingan. 

 

Tips Produk Tembus Pasar Internasional

Kenyataannya, banyak risiko serta tantangan yang harus dilewati apabila Anda ingin bisnis Anda menembus pasar internasional. Meskipun begitu, hal ini bukan merupakan sesuatu yang tidak bisa dicapai sama sekali. Kali ini, kami akan membahas tentang strategi – strategi memasuki pasar internasional yang bisa Anda terapkan pada bisnis Anda.

 

1. Gunakan agensi marketing lokal untuk riset pasar

Sudah wajib hukumnya bagi Anda untuk mempelajari tentang karakteristik dari pasar internasional apabila Anda tertarik untuk merambah ke sana. Hal-hal utama yang penting untuk dipelajari antara lain seperti profil calon pelanggan baru, jenis produk apa saja yang kira-kira akan laku, serta seperti apa perilaku berbelanja orang-orang. 

Anda dapat melakukan riset dengan mengumpulkan beberapa informasi dengan memeriksa database pelanggan. Apabila Anda kesulitan dalam melakukan riset pasar, Anda bisa mempekerjakan agensi marketing di negara-negara yang Anda tuju. Agensi marketing lokal biasanya memiliki database yang lebih lengkap tentang negara yang Anda incar sehingga hasil riset pasar menjadi lebih tepat guna dibandingkan melakukan riset pasar sendiri.

 

2. Tangani urusan legalitas Bersama konsultan hukum lokal  

Setelah Anda menentukan tempat penjualan asing, cari tahu tentang dokumentasi-dokumentasi apa saja yang harus dimiliki agar mendapatkan izin untuk untuk berbisnis di negara tersebut. Anda mungkin harus mendapatkan izin usaha untuk negara tertentu atau dokumentasi lainnya. 

Sama seperti riset segmentasi pasar, proses ini membutuhkan penelitian mendalam yang mungkin akan lebih efektif apabila Anda menggunakan jasa lokal dari tiap negara. Hal ini dikarenakan setiap negara memiliki persyaratan yang berbeda. Gunakanlah jasa konsultan hukum atau pengacara lokal dari negara yang Anda tuju karena mereka memiliki informasi serta pertimbangan hukum yang lebih baik dibanding Anda.

 

Baca Juga: Pengaruh Globalisasi Ekonomi di Indonesia

3. Kembangkan strategi yang matang

Strategi operasional serta penjualan yang matang perlu untuk disusun sebelum mulai merambah ke pasar internasional karena setiap negara yang dituju memiliki proses yang berbeda-beda. 

Anda mungkin ingin mempertimbangkan hal-hal seperti menggunakan pemasok lokal   untuk menghemat biaya, atau bekerja sama dengan importir lokal untuk memudahkan proses operasional. Keputusan-keputusan seperti ini akan mengoptimalkan kinerja bisnis dengan biaya yang lebih hemat.

Alibaba adalah salah contoh pemasok online terbesar  dengan strategi yang matang saat merambah  ke pasar internasional. Alibaba berhasil bermitra dengan importir dan eksportir di 200 negara dan kini Alibaba berada di banyak negara di seluruh dunia.

 

4. Ketahui seberapa besar modal yang dimiliki 

Agar sukses ketika merambah ke pasar internasional, perlu adanya rencana keuangan jangka panjang yang memastikan bahwa bisnis yang Anda jalani siap secara finansial. Jika Anda tidak memiliki cukup modal untuk investasi awal, pertimbangkan dari mana Anda akan mendapatkan uang tersebut. Perlu diingat bahwa melakukan ekspansi secara internasional tidak serta merta mendatangkan keuntungan secepatnya. Karena itu, pastikan bahwa bisnis Anda mampu bertahan dalam jangka panjang.

 

5. Pastikan infrastruktur yang dimiliki kuat dan stabil

Satu hal penting yang perlu dipastikan ketika melakukan ekspansi ke pasar internasional adalah memastikan bahwa infrastruktur dari bisnis yang Anda jalani dapat mendukung. Sebuah perusahaan membutuhkan waktu yang tidak sebentar agar bisa menembus ke pasar internasional. Apabila tidak memiliki infrastruktur yang kuat dan stabil, ekspansi ke pasar internasional malah bisa menjadi bumerang yang menggoyahkan bisnis.  

Berikut adalah pertanyaan-pertanyaan sederhana yang dapat Anda gunakan untuk menilai apakah yang menurutnya harus Anda jawab sebelumnya:

  • Apakah Anda memiliki tim manajemen yang dapat koordinasi dalam jarak jauh?
  • Sudahkah Anda memutuskan keputusan bisnis mana yang dapat diterapkan di tingkat lokal dan mana yang perlu dibuat secara terpusat?
  • Apakah Anda memiliki kemampuan untuk menyiapkan sistem TI dan telepon yang mengglobal?
  • Bagaimana karyawan akan berbagi data dengan aman secara internasional? Apakah data yang Anda miliki dapat dilindungi secara legal?

 

Baca Juga: Peran HRD dalam Mendukung UU Ketenagakerjaan

6. Sesuaikan produk dengan kebutuhan pasar tiap negara

Untuk menarik perhatian pelanggan dari tiap negara yang diincar, pemasaran serta produk yang ditawarkan harus disesuaikan dengan penduduk lokal. Kenali perilaku berbelanja orang-orang pada negara yang Anda tuju dan sesuaikanlah proses pemasaran serta produk Anda dengan itu. Misalnya negara yang Anda incar adalah negara yang tidak berbahasa Inggris, maka gunakanlah bahasa negara tersebut selama memasarkan produk Anda.

 

7. Nilai Kesiapan Produk

Menggunakan metode gap analysis atau analisis gap, langkah berikut dapat dilakukan guna menilai apakah produk Anda siap diluncurkan di pasar internasional atau tidak. Pastikan bisnis aman dan dilindungi secara legal serta seluruh sertifikasi dan dokumen hukum sudah dimiliki. Proses penilaian kesiapan produk ini sangatlah penting apabila Anda hendak meluncurkan produk di negara yang dituju. Dengan menilai kesiapan produk Anda, resiko kerugian karena produk yang tidak tepat sasaran akan terhindar karena Anda telah memastikan kelayakan dan kualitas produk tersebut sebelumnya. 

 

8. Target satu pasar dalam satu waktu

Proses ekspansi ke pasar internasional bukanlah proses yang mudah dan cepat. Oleh karena itu, tentukanlah negara mana saja yang menjadi fokus utama Anda. Fokus satu persatu karena tiap negara memiliki karakteristik yang unik yang tidak bisa disamaratakan dengan satu sama lain. Libatkanlah tenaga lokal untuk memudahkan proses ekspansi bisnis Anda.

Demikian adalah strategi-strategi yang dapat Anda terapkan apabila Anda hendak memperluas bisnis Anda ke pasar internasional. Diharapkan setelah ini, Anda menjadi kurang lebih tahu apa yang harus dilakukan agar produk masyarakat diterima oleh pasar internasional. Semoga dapat membantu!