Ambisius Adalah Sikap Baik Atau Buruk dalam Karir?

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

ambisius
Isi Artikel

Ketika Anda memiliki tujuan tertentu, terkadang Anda bisa sangat ambisius dalam mencapai tujuan tersebut. Hal itu terjadi karena keinginan yang besar untuk menjadi sukses dan berhasil dalam mencapai sesuatu. 

Sebagian orang menganggap bahwa menjadi ambisius adalah hal yang buruk, karena tak jarang sikap yang mendorong seseorang menuju kesuksesan ini bisa berubah menjadi perlombaan untuk mengalahkan satu sama lain. 

Tetapi ada juga sebagian orang yang menganggap ambisius adalah hal yang bagus dengan catatan sikap ini disalurkan dengan cara yang benar.

Lalu apakah sikap ini bagus atau buruk?

 

Simak pembahasan LinovHR di bawah ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai apa itu ambisius dan apakah itu baik atau buruk. 

 

Baca juga: Bersikap Rendah Hati Lah di Lingkungan Kerja Anda, Ini Alasannya

 

Ciri-Ciri Orang Ambisius

Seorang yang memiliki sikap ini selalu ingin melakukan yang lebih baik dan tidak pernah puas menjadi biasa saja. Mereka berkembang dengan mengambil risiko dan menikmati melakukan hal-hal dengan cara yang sulit dan itu membuat mereka merasa hidup. 

Tak hanya itu, masih banyak ciri-ciri lainnya dan contoh ambisi dalam bekerja yang bisa Anda lihat di bawah ini: 

 

1. Berani Mengambil Resiko

Seorang ambisius tidak hanya akan berdiam diri di zona nyamannya. Mereka berani menghadapi segala ketakutan di saat orang lain mentoleransi ketakutannya.

Seorang ambisius akan memberikan ruang kepada dirinya sendiri untuk bereksperimen di luar zona nyamannya. 

 

2. Fokus pada Diri Sendiri

Pesaing terbesar Anda seharusnya adalah diri Anda sendiri. Orang yang  benar-benar ambisius akan menghindar dari persaingan yang tidak sehat.

Mereka tidak akan membandingkan dirinya dengan orang lain, dan mengukur kesuksesannya hanya dengan apa yang mampu mereka capai. 

 

3. Disiplin

Orang yang ambisius tahu bahwa disiplin tidak hanya akan membuat hidup mereka teratur, tetapi juga akan membantu mereka mencapai tujuan mereka.

Disiplin memungkinkan seseorang untuk mengatur dan merencanakan langkah Anda selanjutnya dalam setiap perjalanan karir. Ini adalah salah satu kualitas penting dari orang yang ambisius dan berorientasi pada tujuan.

 

4. Menyimpan Tujuannya untuk Diri Sendiri

Orang-orang yang ambisius berorientasi pada tujuan dan selalu berjuang menuju pencapaian berikutnya, tetapi orang yang ambisius cenderung menyimpan tujuannya untuk diri sendiri dibanding menceritakannya kepada orang lain.

 

5. Pantang Menyerah

Ketika membuat kesalahan, orang yang ambisius tidak akan berhenti. Mereka tidak pernah menyerah dan justru belajar dari kesalahan tersebut.

Orang ambisius tahu bahwa semua kerja keras akan memberikan apa yang mereka ingin capai.

 

Kekurangan Menjadi Orang Ambisius 

Menjadi orang ambisius juga berarti banyak yang Anda korbankan dari diri sendiri untuk mencapai tujuan yang di impikan.

Selain itu berikut inilah kekurangan menjadi orang ambisius:

 

  1. Kurangnya waktu dengan keluarga dan orang-orang terdekat
  2. Adiksi pada produktivitas dan menjadi workaholic
  3. Jarang memiliki waktu luang 
  4. Adanya tekanan sosial dan stress

 

Baca juga: Inilah Alasan Mengapa Inovator Adalah Sikap Terpenting Dalam Karir

 

Beberapa hal di atas sebenarnya hanya bisa terjadi jika Anda salah dalam menyalurkan sikap ambisius Anda.

Jika ambisi malah menghancurkan hidup Anda, berarti ambisi tersebut tidak cocok untuk Anda, atau Anda terlalu terobsesi dengannya. Bisa juga mungkin karena Anda termotivasi oleh alasan yang salah. 

Pada dasarnya, ketika menjadi ambisius seharusnya hidup Anda akan lebih bahagia. Namun jika malah sebaliknya, Anda mungkin harus memikirkan kembali pilihan hidup Anda. 

 

Kelebihan Menjadi Orang Ambisius 

Ambisius tak selalu dipandang buruk. Kelebihan yang akan Anda dapatkan ketika menjadi orang ambisius adalah: 

 

Hidup Menjadi Lebih Berarti

Ketika Anda memiliki ambisi untuk mencapai tujuan, Anda akan menganggap setiap detik dalam hidup Anda menjadi sangat berarti.

Anda tahu apa yang Anda mau dan menggunakan setiap detiknya menjadi berharga dalam hidup Anda untuk berusaha keras.  

 

Arah Hidup yang Jelas

Menjadi orang ambisius akan membawa hidup ke arah dan tujuan hidup yang jelas. Seseorang ambisius akan melihat segala sesuatunya hanya lewat pandangan ambisinya.

Orang yang memiliki ambisis juga dapat mengetahui jalan mana yang dapat membawanya lebih cepat sampai pada tujuan, dan mana yang tidak.

 

Membawa Kebahagiaan dan Kepuasan

Memiliki ambisi dalam pikiran untuk hidup, dapat membebaskan orang tersebut dari perasaan khawatir berlebihan yang selanjutnya mengarah pada depresi berat.

Dengan menjadi orang yang ambisius, Anda merasakan ketenangan pikiran, kebahagiaan batin dan kepuasan dalam hidup.

 

Mendapatkan Pengetahuan Baru

Seperti yang telah dijelaskan di atas, orang ambisius akan selalu mencari segala cara demi untuk mencapai tujuannya.

Dalam proses pencarian tersebut, tanpa disadari akan  ada banyak  hal yang didapatkan seperti informasi dan ilmu baru. Contoh orang ambisi dalam bekerja dikenal selalu haus akan ilmu pengetahuan dan merupakan kekuatan terbesarnya.

 

Baca juga: Berhentilah Bersikap Dingin! Pribadi yang Hangat Dapat Meningkatkan Karir

 

Kesimpulan

Itulah hal-hal yang harus Anda ketahui mengenai apa itu ambisius, ciri, kelebihan dan kekurangnnya.

Pada akhirnya menjadi orang ambisius artinya dapat membantu Anda untuk tetap fokus pada tujuan di hidup Anda, tak terkecuali di dunia kerja. 

Dengan semakin ketatnya persaingan dalam dunia kerja, memiliki sikap ambisius dapat memberikan banyak keuntungan dan  peluang lebih besar untuk sukses.

Namun, perlu diingat juga bahwa pada dasarnya semua sikap manusia yang berlebihan akan menjadi tidak baik, hal yang sama berlaku pada ambisius.

Tentang Penulis

Admin LinovHR
Admin LinovHR

Akun Admin dikelola oleh tim digital sebagai representasi LinovHR dalam menyajikan artikel berkualitas terkait human resource maupun dunia kerja.

Bagikan Artikel Ini :

Related Articles

.

Newslater

Newsletter

Tentang Penulis

Admin LinovHR
Admin LinovHR

Akun Admin dikelola oleh tim digital sebagai representasi LinovHR dalam menyajikan artikel berkualitas terkait human resource maupun dunia kerja.

Artikel Terbaru

Telusuri informasi dan solusi HR di sini!

Subscribe newsletter LinovHR sekarang, ikuti perkembangan tren HR dan dunia kerja terkini agar jadi yang terdepan di industri

Newsletter