usaha perdagangan

Usaha Perdagangan: Pengertian, Jenis dan Contoh dalam Industri

Apakah Anda sudah pernah mendengar istilah usaha perdagangan? Atau bisa jadi selama ini Anda sudah pernah bersentuhan bahkan menjalaninya secara langsung tanpa menyadari bahwa usaha Anda adalah sebuah usaha dagang. Apa yang dimaksud dengan usaha perdagangan dan apa saja jenis-jenisnya yang jamak ditemui di Indonesia? 

Pengertian Usaha Perdagangan

Usaha perdagangan atau usaha dagang adalah sebuah usaha dimana kegiatan utamanya adalah melakukan pembelian barang atau produk untuk kemudian barang atau produk tersebut dijual kembali dan mengambil keuntungan darinya tanpa melakukan perubahan kondisi dari produk yang dijual. 

Untuk lebih mudah memahaminya, Anda bisa bayangkan sebuah contoh misalnya Anda ingin menjual pewangi ruangan. Namun Anda belum memiliki pewangi tersebut, karena itu Anda harus membelinya terlebih dahulu. 

Setelah Anda beli dari agen misalnya, kemudian pewangi ruangan tersebut Anda jual kembali dengan menerapkan selisih harga dari nilai harga agen. Misalnya harga dari agen adalah Rp.20.000, kemudian Anda jual kembali sebesar Rp. 25.000. Bentuk dan kondisi pewangi tersebut tidak berubah, yang berubah hanyalah harga atau selisih harga yang menjadi margin keuntungan untuk Anda. 

 

Jenis Usaha Perdagangan di Indonesia 

Terdapat banyak jenis usaha perdagangan di Indonesia yang mudah Anda temui sehari-hari.  Jenis-jenis usaha dagang ini dekat dengan keseharian, karena produknya yang memang dibutuhkan dan peluangnya yang masih memiliki potensi keuntungan besar sampai saat ini.

 

Usaha Kuliner

Siapa diantara Anda yang tidak suka makan? Kebutuhan akan makanan adalah sebuah kebutuhan yang akan selalu ada selama umat manusia masih hadir di muka bumi ini. Selama manusia masih melakukan kegiatan makan dan minum, maka usaha dagang di bidang kuliner akan selalu ada peluang untuk tumbuh. 

Usaha ini bisa dilakukan dimana saja bahkan dari rumah Anda sendiri. Misalnya saja Anda ingin menjual produk boba kekinian, maka Anda cukup membeli persediaan dan bahan-bahan yang dibutuhkan dari pemasok, kemudian Anda berikan ke konsumen. Contoh lain misalnya Anda berjualan produk ayam goreng. Stok daging serta bumbu sudah disediakan oleh pemasok, Anda cukup menyajikannya untuk pembeli Anda. 

 

Usaha Dagang Kebutuhan Fashion

Setelah pangan maka kebutuhan dasar manusia berikutnya adalah sandang. Sandang bisa berarti pakaian atau yang dikenakan oleh seseorang mulai dari ujung rambut sampai ujung kaki. Peluang usaha dagang fashion sangat luas karena pasar yang selalu ramai. Namun Anda juga perlu memperhatikan resiko perang harga karena ramainya kondisi pasar untuk penjualan produk fashion.  Untuk memulai usaha dagang jenis ini, Anda bisa membeli produk dari penyedia atau toko besar kemudian menjualnya kembali dalam bentuk satuan. 

 

Baca Juga: Pengertian Manajemen Persediaan dan Pendekatannya

 

Sebagai contoh Anda ingin menjual sepatu, maka Anda bisa membeli satu lusin sepatu ke pemasok kemudian Anda jual kembali per pasang sepatu tersebut kepada konsumen. Sedikit berbeda dari usaha dagang kuliner, jika Anda menjual produk fashion maka dituntut kepekaan mengenai perkembangan trend terbaru. Kelebihannya adalah produk ini awet dan tidak ada masa expired. 

 

Usaha Perdagangan Gadget

Saat ini siapa sih yang tidak memiliki smartphone? Hampir semua orang kini memilikinya dengan berbagai jenis spesifikasi dan kelas. Mulai dari smartphone yang dibandrol dengan harga terjangkau, sampai dengan harga puluhan juta. Semua tipe gadget tersedia untuk berbagai jenis pasar. Bahkan gadget bertipe jadul sekalipun ada saja yang ingin membelinya. 

Jika Anda ingin bergerak di bidang usaha ini, maka Anda perlu mencari agen atau pemasok yang memiliki harga terbaik namun tetap aman. Karena regulasi yang ada saat ini menuntut penjual untuk menyediakan produk yang resmi dan terdaftar. Tentu Anda tidak ingin jika produk yang Anda jual mendatangkan masalah di kemudian hari bukan? 

 

Usaha Pulsa dan Kuota

Setelah gadget maka kebutuhan berikutnya yang masih berhubungan dengan gadget adalah pulsa dan kuota. Gadget tanpa kuota sama seperti mobil tanpa bensin. Keduanya tidak akan bisa berjalan. 

Usaha dagang ini sangat mudah dilakukan. Karena modalnya terhitung sangat kecil, bahkan kurang dari 1 juta rupiah Anda sudah bisa mulai menjalankan usaha ini. Tanpa membuka kios pun Anda sudah bisa melakukannya.

Tetapi disisi lain tidak bisa dipungkiri, persaingan yang ada sangatlah ketat. Namun jika Anda mampu melihat peluang yang ada, Anda lambat laun bisa menjadi salah satu agen pulsa andalan di daerah Anda. 

 

Usaha Perdagangan Komoditi

Sedikit berbeda dari jenis-jenis usaha dagang sebelumnya, pada usaha dagang komoditi ini artinya Anda menjual barang-barang kebutuhan yang berasal dari daerah lain untuk dijual kembali di daerah Anda. 

Contohnya misalkan Anda memiliki sumber ke produsen Kopi Gayo di Aceh sedangkan Anda berada di Jawa. Disini Anda bisa melakukan pembelian dalam jumlah besar ke produsen Kopi Gayo di Aceh kemudian Anda angkut komoditas tersebut ke pulau Jawa. Kopi yang sudah sampai ke tanah Jawa kemudian Anda jual kembali ke coffee house yang saat ini banyak tersebar. 

 

Baca Juga: Perusahaan Manufaktur dan Hubungannya dengan Perusahaan Dagang

 

Ini hanya salah satu contoh saja dari usaha dagang komoditas. Karena komoditas bisa berbentuk apa saja. Mulai dari kopi, teh, gula, minyak kelapa sawit, cengkeh, pupuk dan lain sebagainya.  Jika dilihat mungkin terasa usaha perdagangan komoditas ini merupakan usaha dagang dengan skala besar. Namun peluangnya masih sangat besar. Karena Indonesia adalah negara kepulauan dimana saling terjadi pertukaran produk antar pulau. Sehingga pangsa pasar komoditas masih terbuka lebar. 

 

Contoh Usaha Perdagangan di Indonesia

Banyak contoh usaha dagang yang ada di Indonesia. Contoh di bawah ini tidak berurutan hanya sebagai gambaran dari luasnya usaha dagang yang bisa dilakukan. 

  1. Budidaya ikan air tawar
  2. Usaha dagang baju bekas pakai
  3. Kios pulsa
  4. Dropshipping produk gadget
  5. Toko sembako
  6. Distributor Kopi Gayo 
  7. Usaha impor mobil CBU dari luar Indonesia
  8. Usaha kelapa sawit
  9. Usaha ayam potong

 

software hris

 

Peranan Bidang Usaha Perdagangan Bagi Perekonomian Indonesia

Bidang usaha perdagangan memberikan banyak manfaat bagi perekonomian masyarakat Indonesia. Seperti pada pembahasan sebelumnya bahwa usaha perdagangan adalah sebuah kegiatan mendapatkan barang dan jasa untuk kemudian dijual kembali. Sehingga modal untuk memulai usaha dagang menjadi bervariasi. Dari modal kecil sampai modal besar. Semua orang berpeluang untuk menjalankan usaha dagang sesuai kemampuannya. Peranan usaha perdagangan bagi Indonesia diantaranya:

 

    1. Menyerap tenaga kerja. 
    2. Memacu masyarakat membuka usaha
    3. Menggerakkan perekonomian Indonesia
    4. Membuka jalur perdagangan baru antar pulau
    5. Membuka jalur ekspor impor dengan negara lain
    6. Menambah devisa negara
    7. Mengoptimalkan SDM Indonesia yang melimpah 
    8. Mengakomodir pelaku industri kreatif di Indonesia
    9. Menjadi jaring pengaman ekonomi bagi masyarakat berpenghasilan rendah
    10. Tingkat kepercayaan negara lain terhadap Indonesia akan meningkat
    11. Jalur distribusi antar daerah di Indonesia menjadi aktif
    12. Membuka peluang usaha yang terkait dengan kebutuhan pengiriman perorangan seperti usaha ekspedisi dan pengiriman barang. 

Usaha perdagangan adalah sebuah usaha dimana Anda membeli suatu produk untuk kemudian Anda jual kembali produk tersebut tanpa mengurangi nilainya. Usaha perdagangan di Indonesia sangat bervariasi dan masih terbuka lebar peluangnya. Jika Anda ingin menggeluti sebuah usaha dagang, cobalah melihat peluang yang ada dan kebutuhan apa yang masih belum banyak tersedia di sekitar Anda.