Aplikasi Membuat Struktur Organisasi

Mengenal Aplikasi Untuk Membuat Struktur Organisasi Perusahaan

Struktur organisasi adalah pondasi utama perusahaan dan menunjukkan peranan tiap orang dalam perusahaan. Semakin tinggi posisi seseorang dalam perusahaan, semakin banyak tanggung jawab yang harus diemban.

Biasanya sebuah perusahaan yang memiliki banyak cabang seperti perusahaan multinasional memiliki struktur organisasi yang rumit. Pendokumentasian hirarki dengan cara manual bersifat tidak transparan dan hanya diketahui sebagian orang saja.

Jadi, banyak perusahaan mulai menggunakan aplikasi untuk membuat struktur organisasi agar lebih mudah untuk menghasilkan gambaran yang jelas mengenai hirarki perusahaan.

 

Sekilas Mengenai Struktur Organisasi

Struktur organisasi adalah sebuah bagan yang menjelaskan posisi berbagai pihak dalam perusahaan. Tiap posisi mempunyai tugas, tanggung jawab, dan wewenang yang berbeda. Bentuk dan jenis struktur dalam setiap perusahaan pun juga berbeda, tergantung bagaimana budaya kerja dan jenis perusahaan.

Struktur organisasi bisa diterapkan pada umkm, startup maupun perusahaan berskala besar.

 

Baca Juga: Jenis & Bentuk Struktur Organisasi pada Perusahaan

 

Fungsi  Struktur Organisasi

Walau bentuk struktur organisasi sekilas hanya seperti bagan biasa, sesungguhnya peranannya sangat penting. Dengan struktur yang jelas, perusahaan dapat  berjalan lebih kondusif. Berikut ini adalah fungsi dari struktur organisasi: 

 

1. Menjelaskan Tanggung Jawab 

Semua pihak dalam perusahaan mempunyai tanggung jawab yang berbeda dan harus mempertanggung jawabkan kepada atasan atau atasan yang mendelegasikan tugas. Dengan struktur yang jelas, tanggung jawab setiap anggota perusahaan lebih mudah terlihat karena lebih transparan. 

 

2. Mempermudah Koordinasi

Kejelasan kedudukan dalam struktur organisasi dapat mempermudah koordinasi kerja. Adanya keterkaitan soal masing-masing divisi dan penyelesaian yang dipercayakan kepada karyawan. Sehingga penyelesaian suatu pekerjaan akan semakin efektif dan cepat.

 

3. Pengawasan dan Pengendalian

Kejelasan uraian tugas akan sangat membantu pimpinan melakukan pengawasan dan pengendalian terhadap kinerja karyawan di bawahnya. Selain itu, karyawan di bawahnya juga lebih nyaman dan konsentrasi karena mendapatkan uraian pekerjaan yang jelas.

 

Mengingat struktur organisasi memiliki fungsi yang cukup penting dalam administrasi perusahan maka dibutuhkan aplikasi atau software khusus untuk mengelola hal ini.

Aplikasi atau Software HRD merupakan solusi tepat untuk membuat dan mengelola struktur organisasi. Software HRD memiliki banyak modul yang dapat dimanfaatkan salah satunya adalah Modul Sturktur Organisasi untuk membuat, mengelola dan menampilkan struktur organisasi.

 

Baca Juga: 5 Perbandingan Aplikasi Perhitungan Gaji dengan Cara Manual

 

Aplikasi Untuk Membuat Struktur Organisasi

Pembuatan struktur sederhana bisa dilakukan dengan mudah di selembar kertas. Namun, akan sangat menyulitkan jika hal tersebut digunakan dalam perusahaan yang memiliki banyak cabang dan karyawan.

Bayangkan jumlah dan besarnya kertas yang dibutuhkan perusahaan jika struktur dan jumlah karyawan sangat banyak. Tentu perusahaan akan kerepotan dan sulit untuk melanjutkan kinerja ke tugas yang penting. 

Namun, perkembangan teknologi membuat perusahaan lebih mudah dan praktis dalam membuat dan menyusun struktur organisasi menggunakan aplikasi.

Aplikasi manajemen organisasi adalah salah satu aplikasi untuk membuat struktur organisasi. Aplikasi ini mampu mengelola dan mendata informasi perusahaan menjadi sebuah struktur organisasi.

Pembuatan struktur organisasi dengan Aplikasi manajemen organisasi dimaksudkan agar informasi mengenai hirarki menjadi lebih transparan, cepat, dan akurat tanpa adanya tumpang tindih wewenang atau workflow yang berbelit.

 

Aplikasi Absensi Online
Aplikasi Manajemen Organisasi LinovHR

 

Perbedaan utama dari penggunaan aplikasi membuat struktur organisasi yaitu berkenaan dengan integrasi dan hak akses. Pembuatan struktur organisasi menggunakan aplikasi memudahkan perusahaan untuk memberikan hak akses kepada pihak tertentu dalam perusahaan. Sementara dengan cara manual, hak akses tidak bisa diberikan secara langsung. 

Aplikasi manajemen organisasi mampu membantu perusahaan lebih cepat dalam membuat struktur organisasi. Dukungan sistem online berbasis cloud server mampu menyimpan semua data dan informasi mengenai struktur menjadi lebih aman dibandingkan pembuatan struktur dengan cara manual.

Hak akses yang diberikan juga lebih jelas. Sehingga kinerja perusahaan dapat menjadi lebih efektif dan efisien. Perusahaan akhirnya dapat melanjutkan untuk mengerjakan hal lain seperti penyusunan strategi bisnis atau produksi.

LinovHR merupakan salah satu penyedia aplikasi manajemen organisasi yang dapat memberikan solusi terhadap pengelolaan data dan informasi organisasi perusahaan.

Aplikasi ini dapat membantu perusahaan dalam mengelola company profile dari induk dan cabang perusahaan, informasi Bank, dan hirarki atau struktur.

Fitur yang ada di dalam aplikasi manajemen organisasi LinovHR dibuat khusus sesuai kebutuhan perusahaan. Oleh karena itu perusahaan tidak perlu khawatir akan kesulitan dalam mengoperasikan dan beradaptasi dengan user interface.

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi tim layanan LinovHR sekarang juga!