Fitur-Fitur Penting dalam Aplikasi Talent Management

Talent management atau biasa dikenal dengan istilah manajemen bakat merupakan suatu proses pengelolaan terkait SDM di perusahaan. Saat ini, manajemen bakat di perusahaan pun sudah semakin mudah dengan adanya aplikasi talent management.

Dengan menggunakan aplikasi ini, tugas HRD dalam pengelolaan SDM di perusahaan dapat dilakukan lebih efektif dan efisien.

Hal ini tentu saja karena aplikasi ini dilengkapi dengan fitur-fitur canggih yang ada di dalamnya. Baik itu untuk pengelolaan rekrutmen, performa, sampai dengan suksesi posisi kunci di perusahaan.

Untuk membantu Anda mengetahui lebih dalam mengenai manfaat serta fitur di dalam aplikasi talent management. Mari simak artikel LinovHR berikut ini!

 

Manfaat Aplikasi Talent Management

Aplikasi talent management adalah sebuah perangkat teknologi yang bisa membantu perusahaan dalam mengelola dan mengembangkan talenta serta keterampilan karyawan secara sistematis. 

Banyaknya tugas HRD di perusahaan, seperti melakukan rekrutmen, onboarding, evaluasi kinerja dan lain sebagainya, bisa dengan mudah dikerjakan dengan aplikasi talent management.

Aplikasi talent management akan memudahkan kinerja HRD dalam mengurus setiap pekerjaan terkait pengelolaan karyawan. Karena aplikasi tersebut sudah tersistemasi dan terintegrasi menggunakan teknologi yang canggih, sehingga perusahaan bisa meningkatkan kinerja bisnisnya.

Selain itu, aplikasi ini memungkinkan perusahaan untuk mengelola dan memantau kemajuan performa karyawan.

 

Baca Juga: Seperti Apa Strategi dalam Talent Management?

 

Cakupan Fitur dalam Aplikasi Talent Management

Adapun cakupan fitur dalam aplikasi talent management adalah sebagai berikut:

 

1. Performance Management

Performance management merupakan salah satu fitur yang terdapat pada aplikasi talent management.  Fitur ini akan memberikan solusi pada perusahaan dalam memastikan keselarasan antara strategi dan tujuan perusahaan. 

Fitur performance management berguna untuk memantau kinerja atau performa karyawan, serta melakukan evaluasi dan mengenali bakat terbaik yang dimiliki perusahaan.

Dengan bantuan performance management, perusahaan bisa menilai kinerja karyawan secara komprehensif dan akurat. Tentu saja ini akan sangat berguna bagi persiapan pengembangan strategi atau juga manajemen talenta perusahaan ke depannya.

 

2. Compensation Management

Fitur compensation management ini berguna untuk memastikan anggaran yang dikeluarkan perusahaan akan berdampak positif pada keuntungan perusahaan. 

Kompensasi manajemen ini berhubungan langsung dengan karyawan agar memacu kinerja karyawan yang lebih baik, meningkatkan produksi dan memastikan retensi karyawan.

 

3. Career Path

Fitur ini merupakan urutan pekerjaan yang akan mengarah pada tujuan karier seorang karyawan dalam jangka pendek maupun jangka panjang. 

 

4. Competency  Management

Fitur ini akan memudahkan perusahaan untuk mengelola setiap kompetensi yang dimiliki perusahaan di dalam unit kerja.

Dengan fitur ini, perusahaan bisa memetakan kekuatan yang ada pada setiap karyawan, apalagi di dalamnya terdapat fitur gap analysis yang membantu untuk mengetahui kesenjangan kompetensi karyawan.

Dari sini, nantinya perusahaan bisa mencari solusi untuk mengatasi kesenjangan tersebut. Baik itu dengan cara mengadakan pelatihan atau juga melakukan rekrutmen.

 

5. Recruitment atau Talent Acquisition

Fitur recruitment dan talent acquisition yang terdapat pada aplikasi talent management berguna untuk melakukan perekrutan calon karyawan yang berkompeten untuk membantu perkembangan bisnis perusahaan. 

Dengan bantuan fitur ini, proses rekrutmen di perusahaan bisa lebih terencana dengan baik dan berlangsung lebih cepat. Nantinya seluruh kandidat yang memenuhi kualifikasi pun bisa dikumpulkan di dalam satu database.

 

6. Learning Management System

Learning management system adalah sistem yang berfungsi untuk melakukan pembelajaran atau pelatihan untuk mengembangkan kemampuan dan keterampilan karyawan. Tujuan dari fitur ini adalah untuk membuat karyawan bertahan dan membangun keselarasan kinerja di perusahaan.

Dengan fitur LMS, perusahaan bisa merencanakan serta melaksanakan kegiatan pelatihan berbasis online. Tidak hanya sampai situ, LMS akan membantu mengevaluasi pencapaian dari pembelajaran yang dilakukan karyawan. Sehingga pelatihan yang diadakan lebih tepat sasaran.

 

7. Manajemen Suksesi

Fitur manajemen suksesi akan membantu perusahaan dalam mengurangi risiko terburuk yang bisa terjadi di masa yang akan datang, di mana fitur ini dapat membantu perusahaan dalam mempersiapkan generasi terbaik yang kompetitif untuk dunia kerja.

 

Rekomendasi Aplikasi Talent Management

Berikut adalah beberapa rekomendasi aplikasi talent management dari luar negeri, antara lain:

 

1. SAP SuccessFactors

SAP SuccessFactors merupakan aplikasi talent management berbasis cloud yang menawarkan pengelolaan SDM dan manajemen talenta di perusahaan. 

Dalam aplikasi ini, terdapat beberapa fitur yang bisa membantu perusahaan dalam melakukan pengelolaan karyawan, seperti manajemen kinerja, pengembangan karyawan, manajemen suksesi dan lain sebagainya.

 

2. Oracle HCM Cloud

Aplikasi ini bisa membantu perusahaan untuk mengelola data informasi karyawan dan manajemen talenta dengan sistematis.

Aplikasi ini juga memiliki fitur-fitur yang bisa memudahkan perusahaan, seperti fitur manajemen kinerja, manajemen suksesi, pengelolaan absensi karyawan dan lain sebagainya.

 

Baca Juga: Mau HR Software Demo? Simak Tips Berikut ini

 

Aplikasi Talent Management Terbaik, LinovHR

 

Aplikasi Absensi Online
LinovHR

 

Aplikasi talent management merupakan suatu alat untuk mempermudah perusahaan dalam mengembangkan dan mengelola talenta di perusahaan. Talent management yang sudah terintegrasi akan mendorong karyawan untuk lebih berkomitmen terhadap perusahaan.

Dengan aplikasi talent management, diharapkan karyawan mengalami peningkatan dalam segi kinerja kemampuan, keterampilan dan performa. Jika karyawan sudah termotivasi untuk menciptakan prestasi di tempat kerja, maka hal tersebut akan membantu perusahaan dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Salah satu aplikasi Talent Management Indonesia yang menawarkan fitur lengkap adalah Software Talent Management LinovHR.

Di mana di dalam satu aplikasi ini, Anda bisa menikmati berbagai modul unggul yang sudah terintegrasi dan berbasis cloud.

Di dalam Software Talent Management LinovHR, terdapat Modul Recruitment,  yang bisa membantu pihak manajemen untuk melakukan Manpower Planning, Career Announcement melalui website dan proses rekrutmen lainnya.

Lalu, untuk memonitoring performa karyawan bisa dilakukan dengan Modul Performance Management. Ada juga Modul Career Path yang berguna untuk memudahkan manajemen karier karyawan.

Modul Succession Management yang berguna untuk mengelola hal-hal yang berkaitan dengan perencanaan suksesi di perusahaan.

Ada juga Modul Competency Management di mana modul ini akan membantu perusahaan dalam mengelola seluruh kompetensi karyawan. Dari sini nantinya perusahaan bisa merencanakan pelatihan, perekrutan, sampai dengan suksesi.

Seluruh kemudahan tersebut terdapat di satu Software yaitu Software HRIS LinovHR. Software yang terkenal dengan anti repot dan anti ribetnya dalam pengelolaan karyawan.

Mudah dan praktis, gunakan softwarenya sekarang juga!