aplikasi absensi

Attendance Tracker: Atasi Karyawan yang Sering Telat

Kedisiplinan karyawan sangat penting dan berpengaruh besar dalam kinerja perusahaan. Sayangnya, ada saja karyawan yang sering terlambat datang ke kantor. Walau terlihat sepele, karyawan yang sering telat bisa merugikan perusahaan, loh! Attendance tracker dapat membantu HRD dalam mengelola kedisiplinan karyawan dari aspek waktu kerja. Simak pembahasan di bawah ini! 

 

Masalah Karyawan Tidak Disiplin dalam Kehadiran 

Pernah Anda melihat karyawan yang terlambat datang ke kantor? Hal ini pasti tidak asing lagi bagi Anda. Mungkin jika sekali atau dua kali tidak menjadi masalah dikarenakan adanya kejadian tidak terduga di perjalanan menuju kantor. 

Lalu, bagaimana jika karyawan datang terlambat berkali-kali? Hal tersebut tidak bisa dibiarkan karena akan berpengaruh terhadap perusahaan. Dampak buruk dari karyawan yang tidak disiplin bagi perusahaan adalah: 

 

  • Membuat Kerja Tim Terhambat

Satu karyawan yang terlambat dari salah sebuah tim akan menghambat kinerja tim yang bersangkutan. Bagaimana bisa? 

Contohnya, karyawan yang memegang tanggung jawab khusus terlambat datang kerja dan melewatkan meeting penting. Akibatnya, tim akan kesulitan untuk membahas progres kerja. Sedangkan waktu terus berjalan dan deadline semakin ketat. Maka kinerja tim tersebut akan terhambat karena ulah satu karyawan. 

 

  • Mempengaruhi Karyawan Lain

Tahukah Anda jika karyawan yang sering datang terlambat akan mempengaruhi karyawan yang lain ikut datang terlambat? Tidak adanya sanksi tegas membuat karyawan lain berpikir tidak ada salahnya datang terlambat seperti rekannya yang lain. Semakin lama, budaya terlambat ini akan mengakar dan semakin sulit diatasi. 

 

Baca Juga: 7 Strategi Efektif HRD Dalam Penyusunan Sistem Reward dan Punishment

 

  • Menurunnya Kualitas Kerja

Karyawan yang datang terlambat juga akan berpengaruh terhadap kualitas kerja. Karena ketidakdisiplinan karyawan akan menghambat kerja tim sehingga tim tidak dapat memenuhi kebutuhan perusahaan. Bahkan, dari segi kinerjanya secara mandiri pun juga ikut menurun. Jika dibiarkan, penurunan kualitas ini akan berpengaruh terhadap operasional bisnis. 

 

  • Budaya Perusahaan Rusak

Budaya perusahaan merupakan ciri khas khusus yang membedakan setiap perusahaan dengan perusahaan lainnya. Biasanya perusahaan akan membangun budaya dengan sedemikian rupa untuk melengkapi regulasi atau peraturan yang berlaku. Bayangkan jika budaya dalam perusahaan akan rusak karena karyawan tidak disiplin, tentu hal ini akan mempengaruhi hal lain ikut menjadi negatif. 

 

Keunggulan Attendance Tracker LinovHR dalam Mengatasi Karyawan Tidak Disiplin

Ketidakdisiplinan waktu bukanlah hal yang patut dipertahankan dalam perusahaan. Karena hal ini dapat merugikan perusahaan perlahan-lahan. Jika sudah begini, dibutuhkan sistem yang memadai agar karyawan tidak sering datang terlambat dan bisa lebih disiplin. 

Attendance tracker dari LInovHR dapat membantu HRD mendisiplinkan karyawan dengan cara implementasi sistem pencatatan absensi yang mutakhir. Adapun keunggulan attendance tracker dari LinovHR adalah: 

 

software hris

Real Time 

Jika menggunakan sistem absensi manual, karyawan akan dengan mudah memanipulasi waktu kehadiran. Namun, attendance tracker dari LinovHR dapat merekam semua data karyawan yang masuk secara real time. Saat karyawan mencatatkan absensi, saat itu pula data absen karyawan terlihat oleh HRD. Maka dari itu, manipulasi dan pemalsuan absensi karyawan pun tidak bisa dilakukan. 

 

Aman dan Rahasia

Semua data dan informasi karyawan bersifat rahasia, termasuk data absensi karyawan. Attendance tracker dari LInovHR dapat melindungi keamanan dan kehadiran data absensi dalam cloud based server. Selain itu, HRD juga diuntungkan dari segi penyimpanan karena penggunaan attendance tracker dari LinovHR tidak membutuhkan banyak tempat seperti absensi manual. 

 

Terintegrasi

Data kehadiran karyawan akan digunakan untuk penggajian dan penilaian kinerja.dalam penggajian bulanan, HRD harus menginput data kehadiran kedalam sistem penggajian secara manual. Metode ini sangat rentan dengan kesalahan input yang akan mengakibatkan perhitungan gaji tidak sesuai. Akan tetapi, sistem pada attendance tracker dari LinovHR langsung terintegrasi dengan sistem penggajian sehingga HRD tidak perlu melakukan entri manual setiap bulannya. 

 

Baca Juga: Kelola Payroll Tanpa Ribet dengan Payroll Automation Software

 

Akurat

Data kehadiran yang masuk melalui sistem attendance LinovHR dijamin keakuratannya. Akan terlihat jelas karyawan mana yang datang terlebih awal dan karyawan mana yang terlambat bahkan sampai ke menit dan detik sekalipun. Dengan begitu validitasnya pun tidak perlu diragukan. 

 

Hemat

Attendance tracker dari LinovHR tidak membutuhkan perangkat keras khusus. Sebab, sistem bisa diakses secara online. Oleh karenanya biaya pemeliharaannya pun jauh lebih hemat. Bandingkan dengan mesin fingerprint yang menghabiskan banyak biaya untuk pemeliharaan. Jauh lebih hemat, bukan?  

 

Attendance tracker dari LinovHR dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan perusahaan dalam mengelola karyawan. Perpaduan sistem kehadiran yang mumpuni dan ketegasan pihak HRD dapat mengatasi ketidakdisiplinan karyawan dalam kehadiran. Dengan begitu, kualitas operasional dan kinerja perusahaan akan tetap terjaga. Yuk, segera jadwalkan demo attendance tracker dari LInovHR dengan klik tautan berikut ini!