desain kantor

Cara Menyusun Desain Kantor untuk Kenyamanan Kerja

Kantor merupakan salah satu tempat yang digunakan sebagian besar orang-orang untuk menuangkan segala jenis ide, kreasi maupun gagasan selama ia bekerja. Dengan fungsinya yang begitu vital dalam dunia kerja, sudah sewajarnya sebuah kantor dibuat seefektif dan senyaman mungkin. Segala jenis elemen yang ada di dalam desain kantor dapat mempengaruhi mood seseorang atau sekelompok pegawai di dalam melakukan sebuah pekerjaan. Mulai dari peralatan kantor, furniture atau perabot, hingga penataan ruang yang tepat merupakan hal yang harus diperhatikan.

 

Hubungan Kenyamanan Kerja Dengan Desain Kantor

Di dalam sebuah perusahaan ataupun badan usaha, sumber daya manusia merupakan salah satu motor penggerak perusahaan. Ketika para SDM memiliki kinerja yang baik, maka perusahaan atau badan usaha tersebut akan mendapatkan kinerja yang baik. namun, jika SDM berada dalam kinerja dan produktivitas yang buruk, perusahaan juga akan sulit berkembang.

Ada berbagai cara yang dapat dilakukan oleh perusahaan dalam meningkatkan produktivitas serta kinerja karyawannya. Hal tersebut dapat dimulai dari memberikan kenaikan gaji, bonus bulanan, cuti, bahkan hingga aspek ruang kerja yang nyaman. Kenyamanan di dalam ruang kerja merupakan salah satu faktor yang sangat berpengaruh di dalam meningkatkan mood, kinerja serta produktivitas karyawannya. Karena alasan inilah, sebuah badan usaha atau perusahaan perlu memperhatikan penataan dan desain kantor yang nyaman sebaik mungkin.

 

Baca Juga: 6 Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan Menurun

 

Di dalam proses pembuatan desain kantor yang dapat meningkatkan kenyamanan kerja karyawan, sebuah perusahaan dapat memanfaatkan bantuan dari para spesialis seperti kontraktor interior kantor atau membuat gambaran atau sketsa kasar yang dibuat sendiri. Sebuah ruang kerja atau kantor juga memiliki fungsi lain sebagai ruangan untuk memfasilitasi kerja sebuah perusahaan. Yaitu menjadi gambaran dari perusahaan yang dijalankan di mata para pegawai serta para klien yang akan berkunjung.

Pada umumnya, jika ruang kantor terlihat kotor, berantakan, atau tidak tertata dengan rapi, maka para pegawai atau karyawan akan merasa enggan dan malas untuk melakukan pekerjaannya. Tentunya ini akan sangat berdampak terhadap perkembangan dan profit yang didapatkan oleh perusahaan tersebut.

 

Cara Desain Kantor Yang Nyaman Untuk Karyawan

Setelah memahami betapa pentingnya sebuah desain kantor yang nyaman untuk para karyawannya, sebuah perusahaan atau badan usaha perlu memikirkan hal ini dengan matang. Karena ini akan sangat mempengaruhi lingkungan dan budaya kerja. Berikut ini adalah beberapa cara untuk membuat desain kantor yang nyaman bagi para karyawan.

 

Pahami Gaya Bekerja Perusahaan

Gaya bekerja dan budaya perusahaan akan mempengaruhi kantor. Beberapa orang membutuhkan ruang yang tenang, beberapa lainnya membutuhkan area untuk meeting atau brainstorming. Tugas perusahaan adalah menciptakan tempat kerja yang seimbang sesuai budaya dan gaya bekerja di perusahaan. Pikirkan tentang menyediakan ruangan dengan papan tulis dan cahaya alami untuk meeting dan workstation terbuka dengan ruang kerja pribadi.

 

Membuat Layout

Cara selanjut yang perlu anda lakukan sebelum mulai masuk ke dalam sesi dekorasi ruang kantor, anda harus memastikan untuk membuat layout atau blueprint dari ruang kerja sebaik mungkin. Jika anda merasa agak kesulitan saat membuat layout interior kantor anda, anda dapat menggunakan jasa kontraktor untuk membantu membuat interiornya.

Poin yang paling penting di dalam membuat layout desain adalah dengan memaksimalkan ruangan kantor yang dimiliki agar dapat menampung seluruh furniture seefisien mungkin. Anda juga perlu untuk mengatur perataan dari peralatan tambahan maupun aksesoris ruangan yang sesuai dengan ruang kantor. Selain itu, perhatikan pula masalah pencahayaan serta sirkulasi udara yang ada di ruangan kantor tersebut.

 

Baca Juga: Menggunakan Jendela Johari untuk Game Motivasi Karyawan

 

Cermat Memilih Furniture

Setelah memastikan layout ruang kantor menjadi lebih jelas, hal berikutnya yang perlu diperhatikan adalah dengan memilih perabotan atau furniture dengan cermat sesuai kebutuhan ruang kantor. Pemilihan perabot atau furniture ini dimaksudkan agar anda melakukan proses seleksi secermat mungkin perihal barang seperti apa yang memang dibutuhkan dalam sebuah ruang kantor. Jangan membeli secara sembarangan dan berakhir dengan ruangan kantor yang kosong maupun terlalu penuh. Hal berikutnya yang perlu anda perhatikan adalah dengan memilih warna dari furniture yang akan digunakan nantinya sesuai dan senada dengan warna cat tembok yang akan digunakan.

 

Buat Ruang Lounge 

Hal berikutnya yang perlu diperhatikan di dalam menentukan desain sebuah kantor adalah dengan membuat sebuah tempat yang dapat digunakan sebagai tempat bersantai para karyawan. Setelah bekerja seharian dengan posisi duduk di kantor, tentunya para karyawan sebuah badan usaha dapat menjadi kurang fokus, tidak nyaman, serta dapat mempengaruhi kesehatan.

Maka dari itu, pembuatan sebuah ruang lounge bagi para karyawan merupakan salah satu ide dan solusi baik di dalam menambah kenyamanan mereka selama berada di kantor untuk bekerja. Selain digunakan sebagai sarana untuk saling membagi ilmu dan bersantai, lounge juga dapat digunakan untuk melakukan diskusi yang bisa saja menghasilkan inovasi dan ide kreatif untukmengembangkan perusahaan. Anda dapat menggunakan fasilitas seperti bean bag dan sofa panjang sebagai alternatif pilihan tempat duduknya. 

 

Gunakan Warna Cat Netral dan Lembut

Cara menyusun desain kantor berikutnya dapat dilakukan dengan cara melakukan pemilihan warna cat yang dipilih sesuai dengan karakter dari perusahaan tersebut. Salah satu warna yang umumnya digunakan sebagai warna latar belakang sebuah ruang kantor adalah dengan menggunakan warna netral dan lembut seperti warna putih. Dengan memanfaatkan warna cat yang terkesan kalem dan sejuk ini, tentu rasa nyaman dari para pegawai di ruang kerja akan meningkat dan dapat meningkatkan kinerja serta produktivitas mereka.

Saat menentukan desain kantor atau ruang kerja apapun, perusahaan berarti ikut berkontribusi pada peningkatan employee experience dan produktivitas. Karyawan akan lebih betah bekerja dan menghabiskan waktu berjam-jam serta tetap nyaman walau tumpukan tugas sedang padat-padatnya. Nah, semoga informasi ini dapat membantu Anda untuk menentukan desain kantor!

 

software hris