promosikan diri anda

Cara Promosikan Diri Anda Ketika Melamar Kerja

Mempromosikan diri adalah salah satu hal penting ketika melamar kerja. Kenapa bisa begitu? Ada banyak kandidat yang menjadi saingan Anda di luar sana, Anda harus dapat memperkenalkan nilai unik dari diri Anda yang membuat Anda dinilai lebih bagus dibandingkan kandidat yang lain. Maka dari itu, cara promosikan diri Anda sangat berpengaruh terhadap penilaian Human Resource Departement (HRD) dan user saat seleksi kerja. 

Jadi, apa yang harus Anda lakukan dalam mempromosikan diri?  Agar Anda dapat memperoleh pekerjaan impian ketika melamar kerja, berikut LinovHR jabarkan cara promosikan diri Anda ketika melamar kerja! 

 

Pahami Kekurangan dan Kelebihan

Jika Anda ingin mempromosikan diri dengan menarik, Anda harus paham kekurangan dan kelebihan yang ada pada diri. Bukan berarti kekurangan yang ada harus Anda hapus 100%. Alih-alih fokus kepada kekurangan, semua kekurangan dapat Anda tutupi dengan kelebihan. Fokuslah pada kelebihan yang Anda miliki, lalu jangan lupa untuk mengasah kelebihan yang Anda miliki secara kontinu. 

 

Baca Juga: Panduan untuk Membuat Analisis SWOT dalam Perusahaan

 

Ceritakan Pengalaman Kerja yang Menarik

Setiap orang punya pengalaman kerja yang berbeda. Namun, yang menjadi pembeda adalah menarik atau tidaknya pengalaman tersebut. Pengalaman kerja yang unik dapat menjadi contoh promosikan diri Anda sehingga menarik perhatian HRD untuk menggali pribadi Anda lebih lanjut. 

Tidak lupa jelaskan pula bagaimana Anda bisa menyelesaikan permasalahan dalam pengalaman sebelumnya. Hal ini akan menjadi pertimbangan HRD dan user untuk menilai seberapa jauh kemampuan Anda dalam bekerja. 

 

Proaktif Selama Sesi Wawancara

Biasanya HRD dan user akan mengajukan serangkaian pertanyaan kepada karyawan saat wawancara. Anda bisa menjawab semua pertanyaan tersebut dan mengajukan pertanyaan kembali kepada HRD atau user ketika mereka bertanya “apa ada yang mau ditanyakan?”. 

Dengan menanyakan pertanyaan kembali, Anda dapat dipandang sebagai pribadi yang aktif dan proaktif.  Selain itu, aktif dalam menanyakan pertanyaan selama sesi wawancara juga menghindari Anda dari “jebakan” atau “kesalahpahaman” antara perusahaan dan Anda jika nantinya Anda menjadi bagian dari tim. 

 

Jadilah Percaya Diri

Bagaimana bisa promosikan diri Anda jika Anda tidak percaya diri? Tentu ketidakpercayaan diri akan mempengaruhi pandangan dan penilaian HRD. Rasa tidak percaya diri juga secara tidak langsung membuat Anda justru grogi dan gugup, akhirnya promosi diri pun justru tidak akan maksimal. 

Maka dari itu, Anda harus menjadi pribadi yang percaya diri. Dengan begitu Anda mampu meyakinkan HRD bahwa Anda adalah individu yang kompeten dan perusahaan butuhkan. 

 

Pahami Kebutuhan Perusahaan

Pihak perusahaan mengadakan rekrutmen karena membutuhkan kualifikasi atau keterampilan tertentu. Jika Anda tidak mempunyai kualifikasi yang diharapkan perusahaan, maka tidak mungkin pihak perusahaan akan mempertimbangkan diri Anda. 

Pahamilah dengan seksama bagaimana kebutuhan dan industri bisnis perusahaan. Sebab tiap perusahaan pasti unik dan berbeda satu sama lain. Kemudian, tawarkan apa saja kemampuan Anda yang dapat memenuhi dan menyelesaikan kebutuhan karyawan tersebut. 

Contohnya seperti ini, “saya adalah seorang SEO Specialist dengan pengalaman 3 tahun di sebuah agency. Melihat dari kebutuhan dan scope bisnis perusahaan ini, saya yakin dapat membantu perkembangan perusahaan ini dengan kemampuan analisis yang mumpuni”. 

 

Baca Juga: Contoh Pertanyaan Wawancara Kerja & Tips Menjawab

 

To the Point dan Menggunakan Bahasa yang Baik

Langkah selanjutnya untuk mempromosikan diri adalah jelaskan secara to the point dan gunakan bahasa yang baik. Meskipun harus menjelaskan dengan menarik, penjelasan yang  panjang dan bertele-tele justru akan mengurangi minat HRD. Jadinya HRD malah enggan untuk mencari tahu lebih lanjut tentang diri Anda karena Anda telah menyita waktu HRD terlalu banyak. 

Melamar kerja tidak mudah. Kandidat harus bersaing dengan kandidat lain dengan latar belakang yang beragam. Akan tetapi, bila Anda mampu promosikan diri, maka bukan tidak mungkin pekerjaan impian ada di tangan. Cara tersebut juga dapat digunakan untuk mendapatkan jenjang karir yang lebih tinggi, loh! 

Cukup mudah untuk dipraktekkan, bukan? Cara-cara promosikan diri Anda di atas dapat Anda coba ketika melamar kerja baik untuk fresh graduate  maupun kandidat dengan pengalaman kerja. 

Semoga informasi di atas dapat berguna!