Company Confidential

Apa Itu Company Confidential dalam Lowongan Kerja & Kenapa Harus Berhati-Hati?

Ada kalanya perusahaan yang mencantumkan ‘Company Confidential’ di lowongan pekerjaan. Jika Anda tidak mengerti dengan istilah tersebut, pasti akan muncul pertanyaan seperti “apa itu Company Confidential?”, “company confidential perusahaan apa?” atau “company confidential bergerak dibidang apa?”. 

 

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, LinovHR akan memberikan penjelasan secara lengkap. Untuk itu, mari simak penjelasan di bawah ini!

 

Arti Company Confidential

Company confidential adalah istilah yang digunakan perusahaan untuk menggantikan nama asli perusahaan disaat sedang mengupload informasi lowongan pekerjaan. Dalam hal ini, perusahaan tidak akan memperlihatkan nama aslinya tetapi menggunakan istilah Company Confidential atau confidential position.

Ciri-ciri jika perusahaan menggunakan istilah ini adalah tidak mencantumkan logo, nama, dan berbagai informasi lain yang berkaitan dengan perusahaan. 

 

Mengapa Perusahaan Menyembunyikan Identitas?

Biasanya perusahaan yang menggunakan istilah ini adalah perusahaan yang masih berkembang atau nama perusahaan belum meluncurkan namanya ke masyarakat. Tetapi tidak jarang perusahan besar juga menggunakan istilah tersebut.

Lalu apa alasannya?

 

1. Tidak Ingin Memiliki Saingan

Perusahaan yang mencantumkan company confidential ini biasanya karena tidak ingin memiliki saingan atau kompetitor dengan perusahaan lain. Karena perusahaan tidak ingin kompetitor tahu bahwa mereka memiliki jabatan atau posisi yang belum terisi. Hal ini akan menyebabkan perusahaan tersebut dijatuhkan oleh kompetitor.

 

2. Tidak Ingin Karyawan Tahu Posisinya Akan Diganti

Selanjutnya, alasan lain company confidential ini digunakan karena perusahaan tidak ingin karyawannya mengetahui jika mereka sedang mencari karyawan baru untuk menggantikan posisi mereka.

Penggunaan istilah tersebut tentunya tidak akan membuat jobseeker ataupun karyawan perusahaan tahu tentang nama perusahaan beserta informasi penting lainnya yang dimuat di portal lowongan pekerjaan.

 

3. Perusahaan Merupakan Anak Usaha dari Perusahaan Besar

Perusahaan yang masih berstatus dari anak usaha dari perusahaan lain biasanya masih melakukan pengembangan dan juga persiapan. Jadi mereka tidak sempat untuk mencantumkan identitas perusahaan secara detail untuk dilihat oleh para pelamar kerja.

 

4. Memfilter Calon Karyawan Terbaik

Perusahaan hanya ingin memiliki kandidat terbaik sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan. Sehingga mereka tidak akan memiliki calon kandidat dengan jumlah yang banyak dan memudahkan untuk proses rekrutmen.

 

Baca Juga : Tips Melakukan Background Check Karyawan Saat Rekrutmen

 

5. Tidak Ingin Dihubungi Oleh Pihak Oknum “Nakal”

Saat mengunggah info lowongan kerja di internet atau media lain, perusahaan biasanya sering menerima panggilan yang tidak jelas. Sehingga, akan menghambat kandidat lain yang serius untuk melamar. 

Untuk itu, mereka menggunakan istilah company confidential agar meminimalisir menerima panggilan dari pihak-pihak yang tidak jelas.

 

Amankah Jobseeker Melamar Kerja di Company Confidential?

Jika Anda menemukan istilah company confidential saat sedang melamar pekerjaan, tentu saja Anda harus berhati-hati dan jangan langsung asal melamar. Karena jika tidak teliti, akan berpengaruh kepada pekerjaan Anda nantinya.

Akan tetapi, tidak banyak juga perusahaan berstatus company confidential adalah perusahaan resmi dan legal. Untuk itu, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan sebelum melamar kerja.

  1. Cek nama email recruiter atau perusahan yang menerima lamaran Anda. biasanya mereka akan memakai email resmi dari kantor dan tidak menggunakan email pribadi.
  2. Periksa kembali deskripsi pekerjaan yang tercantum di beberapa situs lowongan pekerjaan. Bisa saja di situs lain akan menampilkan deskripsi pekerjaan secara lengkap.
  3. Perhatikan informasi dengan teliti, mungkin saja terdapat salah satu informasi yang unik atau tidak jelas. 

 

Tips Melamar Pekerjaan di Company Confidential

Ketika ingin melamar pekerjaan yang berstatus company confidential, pastinya Anda akan berpikir ulang untuk mengirimkan lamaran pekerjaan. Tentu saja, Anda harus berhati-hati dan menggali informasi yang lebih jika menemukan status perusahaan yang seperti ini.

Untuk itu, LinovHR memiliki tips bagi Anda ketika ingin melamar di lowongan Company Confidential.

 

1. Lamar di Situs Terpercaya

Pertama, pastikan Anda melamar pada situs lowongan kerja yang terpercaya. Karena, perusahaan yang masuk ke dalam situs tersebut pastinya sudah dilakukan pengecekan dan dipastikan berstatus legal.

Ciri-ciri lamaran pekerjaan yang patut Anda waspadai jika lamaran tersebut dikirim melalui SMS, spam di email, dan media lain yang tidak memiliki pertanggungjawaban yang penuh.

 

Baca Juga : Jangan Asal Apply! Ikuti 7 Tips Melamar Kerja Via Online Ini

 

2. Hindari Perusahan yang Meminta Pungutan Uang

Perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan secara resmi tentu saja tidak akan meminta sejumlah kepada calon kandidat. Jadi jika sebelum melakukan interview Anda diminta harus membawa uang yang mereka minta, lebih baik dihindari dan mencari lowongan pekerjaan lain.

Pungutan sejumlah uang kepada calon pelamar biasanya dilakukan oleh oknum yang berkedok sebagai perusahaan.

 

3. Ajukan Beberapa Pertanyaan

Saat sesi interview baik secara langsung ataupun saluran telepon, biasanya recruiter akan memberikan kesempatan kepada kandidat untuk mengajukan pertanyaan. Manfaatkanlah kesempatan ini untuk memberikan pertanyaan seputar informasi perusahaan sampai Anda merasa yakin.

 

4. Mencari Profil Perusahaan di Internet

Perusahaan yang legal dan resmi beroperasi pastinya akan mencantumkan profil perusahaan mereka di internet. Jadi ada baiknya sebelum melamar, cobalah periksa profil mereka di internet. Selain profil dan informasi penting, terdapat juga testimoni orang-orang yang telah bekerja atau berkunjung di perusahaan tersebut.

 

5. Perhatikan Alur Rekrutmen

Alur melamar kerja hingga seorang karyawan bisa diterima di sebuah perusahaan pastinya akan melalui berbagai tahapan. Jika setelah mengirimkan CV Anda langsung diterima tanpa melalui proses yang jelas, jangan senang dulu! Bisa jadi perusahaan tersebut terindikasi bodong atau ilegal.

 

6. laporkan Jika Terdapat Hal yang Tidak Jelas

Jika perusahaan meminta Anda untuk menyertakan berbagai dokumen yang tidak semestinya ataupun meminta Anda untuk bertemu di tempat yang tidak jelas di luar area kantor, segera laporkan perusahaan tersebut ke pihak situs pencarian kerja atau forum-forum yang ditemui di Internet.

 

Menerbitkan lowongan pekerjaan merupakan salah satu cara perusahaan untuk mendapatkan kandidat. Namun, tidak semua perusahaan mau menunjukkan informasi keseluruhan, dan hal ini dikenal sebagai company confidential. Pelamar kerja pun wajib berhati-hati dan selektif dalam mendaftar pekerjaan di lowongan sejenis ini agar tidak terjebak.  Semoga informasi di atas dapat berguna!