Cuti karyawan Kontrak

Cuti Karyawan Kontrak Dan Aturannya Di Indonesia

Ada beberapa jenis karyawan yang bekerja di sebuah perusahaan. Ada karyawan tetap, karyawan kerja paruh waktu, dan karyawan kontrak. Setiap karyawan yang bekerja mempunyai hak dan kewajiban yang sama. Tujuan mereka bekerjapun sama, yaitu mencari nafkah. Namun bagi karyawan yang baru masuk, tidak semuanya bisa langsung menjadi karyawan tetap.

Perusahaan pada awalnya mungkin saja merekrut Anda sebagai karyawan kontrak. Tujuannya adalah pihak perusahaan ingin terlebih dahulu melihat kinerja Anda di tempat kerja. Biasanya sebuah perusahaan akan memberikan waktu 3 bulan kontrak kerja sementara sebelum Anda diangkat menjadi karyawan tetap. Namun ada juga yang hingga bertahun-tahun ada karyawan yang masih berstatus sebagai karyawan kontrak. Ada hal-hal penting yang perlu Anda perhatikan saat bekerja sebagai karyawan kontrak. Bukan hanya soal gaji atau upah, fasilitas, komisi, ataupun THR yang perlu diperhatikan seorang karyawan kontrak, tetapi hak cuti Anda sebagai seorang karyawan.

Hak Cuti Pada Karyawan Kontrak

Sebagai seorang karyawan tidak tetap atau karyawan kontrak, maka Anda perlu memperhatikan hak cuti yang diberikan perusahaan Anda sebagai karyawan kontrak. Ada beberapa perusahaan yang tidak memberikan cuti bagi seorang yang berstatus karyawan kontrak. Memang untuk setiap perusahaan memiliki peraturan berbeda-beda tentang cuti karyawan terutama karyawan kontrak, tetapi peraturan pemerintah UU no 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan menyatakan bahwa semua karyawan bisa mengambil cuti setelah bekerja setahun.

Berdasarkan UU no 13 Tahun 2003 Pasal 79 ayat 2c, cuti tahunan harus diberikan sekurang-kurangnya sebanyak 12 hari jika karyawan telah bekerja selama 12 bulan secara terus menerus. Peraturan pemerintah ini tidak membatasi apakah Anda seorang karyawan tetap ataupun karyawan kontrak. Anda berhak mendapatkan cuti asalkan sudah melakukan kewajiban sebagai karyawan yaitu bekerja selama 1 tahun berturut-turut. Anda bisa membicarakan tentang hak cuti karyawan ini dengan bagian Human Resources besangkutan supaya di kemudian hari tidak terjadi persoalan jika hendak mengambil cuti. Saat penandatanganan kontraklah tepatnya semua ini dibahas karena dalam bekerja diperlukan kenyamanan dan keterbukaan untuk tujuan baik bersama antara pegawai dan perusahaan. Sebagai karyawan Anda bisa menanyakan tentang hak dan cara pengajuan cuti. Jadi jangan sungkan untuk mendiskusikan dengan pihak manajemen perusahaan tempat Anda bekerja.

Walaupun Anda berstatus karyawan kontrak yang belum genap satu tahun (12 bulan) dalam bekerja, jika Anda memerlukan cuti untuk alasan penting dan mendesak atau cuti hamil bagi karyawan wanita, Anda dapat mendiskusikan ini dengan bagian HR perusahaan.

Baca Juga: Serba-Serbi Cuti Menikah Dan Cuti Melahirkan

Pemerintah tidak melarang peusahaan memperkerjakan karyawan saat hari libur resmi. Semua telah diatur dalam UU no. 13 tahun 2003. Jika karyawan bekerja saat libur, maka itu dihitung sebagai jam kerja lembur. Tidak semua karyawan bekerja saat hari libur, ini tergantung pada jenis pekerjaan dan perusahaan tempat bekerja. Semua ini kembali kepada kesepakatan antara karyawan dan perusahaan terkait. Hanya saja yang diperhatikan mengenai bekerja saat hari libur adalah nilai yang pantas dibayarkan oleh perusahaan untuk tenaga dan waktu Anda. Hal inipun seharusnya dibicarakan saat akan melakukan tanda tangan kontrak kerja, supaya tidak terjadi kesalapahaman di kemudian hari.

Semua peraturan tentang kerja lembur saat hari libur nasional telah diatur dalam Kepmennakertrans no. 102/MEN/VI/2004. Bagi Anda karyawan kontrak, jangan terlalu kuatir karena pemerintah melindungi hak dan kewajiban Anda.

Peran HR dalam Mengelola Cuti

HRD merupakan divisi yang bertanggungjawab secara langsung dalam mengelola data karyawan seperti absensi, penggajian, tunjangan, Cuti dan lain sebagainya.Software HR dan Payroll LinovHRhadir sebagai solusi permasalahan anda dalam mengatur dan mengelola data-data karyawan anda dengan cepat dan akurat.

Dapatkan Software kami secara gratisdi sini. Gunakan waktu dan kesempatan anda unuk mengundang kami untuk presentasi dengan menghubungi kami di +62 21 2854 2835 atau email di sales@linovhr.com.