aplikasi cuti online

Aplikasi Cuti Online: Solusi Pengelolaan Cuti Karyawan Terintegerasi

Cuti merupakan hak karyawan setelah bekerja dalam perusahaan selama periode tertentu. Dalam UU Ketenagakerjaan, cuti karyawan berhak didapatkan jika karyawan telah bekerja dalam perusahaan selama 12 bulan berturut-turut. Jumlah karyawan yang sangat banyak membuat HRD harus mengalokasikan waktu yang sangat banyak untuk mengelola cuti karyawan. Berkat perkembangan teknologi yang kian pesat, kini banyak perusahaan mulai menggunakan aplikasi cuti online.  

 

Cara Kerja Aplikasi Cuti Online

Setiap periode tertentu karyawan akan mengajukan cuti untuk berbagai keperluan Kadang kala pengajuan cuti tersebut menumpuk dan menyebabkan banyak masalah bagi HRD.  Cara kerja aplikasi cuti cukup sederhana, karyawan tinggal mengajukan cuti melalui aplikasi. Karyawan tidak perlu lagi membuat surat pengajuan cuti yang merepotkan. Kemudian HRD akan menerima pengajuan cuti tersebut secara real time. Lalu, HRD akan menentukan dan memutuskan apakah karyawan berhak mendapatkan cuti atau tidak. Tentunya HRD juga mempertimbangkan alasan mengapa karyawan mengajukan cuti, misalkan saat ada anggota keluarga yang meninggal. 

 

 

Aplikasi cuti online sangat berguna bagi HRD dalam pengelolaan karyawan yang lebih akurat khususnya dalam aspek cuti karyawan. Sistem yang menyimpan semua pengajuan cuti juga dapat memudahkan HRD dalam pengambilan keputusan di periode mendatang. Kemudahan ini dapat dirasakan baik dari HRD maupun karyawan, dimana HRD dimudahkan dalam pengelolaan sementara dari pihak karyawan semakin mudah untuk mengajukan cuti. 

Sebab, seluruh informasi karyawan ikut terintegrasi dalam kesatuan sistem. Aplikasi cuti online juga terhubung dengan sistem kehadiran.Saat karyawan cuti, otomatis sistem kehadiran tidak mencatat karyawan tersebut tidak masuk kerja, melainkan sedang cuti. 

 

Baca Juga: 7 Time Management System Terbaik Saat Ini

 

Keunggulan Aplikasi Cuti Online

Implementasi aplikasi cuti online menguntungkan HRD dan karyawan. Inilah sebabnya banyak perusahaan beralih menggunakan aplikasi cuti online. Ada pun keunggulan dari aplikasi cuti adalah: 

 

Menyerdehakan Pengajuan Cuti

Dulu, karyawan yang hendak mengajukan cuti harus membuat surat cuti terlebih dahulu. Hal ini sangat merepotkan khususnya dalam kondisi mendesak dan tidak terduga, seperti karyawan yang mengalami sakit atau adanya anggota keluarga yang meninggal.  Dengan implementasi  aplikasi cuti, karyawan bisa mengajukan cuti dimana saja dalam situasi terdesak. HRD pun dapat menerima pengajuan tersebut saat itu juga, Semua itu tersusun dalam satu sistem yang menghilangkan proses manual dalam pengajuan dan persetujuan cuti. Tidak ada lagi proses pengajuan cuti yang berbelit dan rumit. 

software hris

Atur Jumlah Karyawan Cuti

Adanya aplikasi cuti online membantu HRD untuk mengatur jumlah karyawan yang mengajukan cuti dan mendelegasikan nya kepada karyawan lain yang kompeten. Jadi perusahaan tidak perlu cemas akan kekurangan tenaga kerja. Sehingga karyawan yang mengajukan cuti juga dapat rehat sejenak dari kepenatan kerja dan fokus kepada urusan yang harus diurus. 

 

Terintegrasi 

Jadwal kerja menampilkan waktu kerja masing-masing karyawan. Sistem dalam aplikasi cuti telah terhubung dengan sistem kehadiran dan jadwal kerja. Saat pengajuan cuti karyawan disetujui, maka keterangan jadwal kerja karyawan akan segera berubah. Sistem ini juga akan memudahkan perusahaan dalam memantau bagaimana kehadiran karyawan dan seberapa sering karyawan tersebut mengajukan cuti. Dengan begitu akan didapatkan analisis dan keputusan yang valid. 

 

Fleksibel

Keunggulan lain dari aplikasi cuti adalah fleksibilitas akses. Karena terkoneksi secara online, aplikasi cuti dapat digunakan dimana saja dan kapan saja. Karyawan tidak harus ke kantor untuk mengajukan cuti dan HRD tidak harus berada di kantor ketika menyetujui pengajuan cuti. Walau mudah diakses, aplikasi cuti mempunyai sistem keamanan yang ketat dan menjamin kerahasiaan informasi karyawan. 

 

Aplikasi Cuti Online LinovHR: Kelola Cuti Karyawan dalam Genggaman

Sentralisasi atau sistem terpusat adalah jawaban dari carut-marutnya pengelolaan cuti manual. Aplikasi cuti online dari LinovHR dapat mewujudkan semua kemudahan  pengelolaan cuti karyawan dalam genggaman. Tentunya hal ini menjadikan kinerja HRD lebih ringkas dan meningkatkan kepuasan kerja bagi karyawan. Integrasi sistem membuat aplikasi dari LinovHR cocok diimplementasikan dalam berbagai sektor industri. Pengalaman dalam membantu banyak perusahaan membuat LinovHR selalu menjadi penyedia aplikasi cuti online terbaik bagi perusahaan. Jadi, tunggu apa lagi? Hubungi LinovHR untuk mendapatkan kemudahan kelola cuti karyawan.