employee engagement program

10 Ide Employee Engagement Program dari Perusahaan

Employee engagement program adalah kegiatan untuk meningkatkan awareness karyawan. Perusahaan membuat program ini sebagai penyemangat dan rasa menghormati karyawan atas bentuk dedikasinya bagi perusahaan. Jangan lupa bahwa karyawan merupakan aset perusahaan.

Namun masih banyak juga perusahaan yang tidak menerapkan program ini karena bingung ataupun mungkin tidak membuat dana khusus. Untuk itu, terdapat 10 ide program yang dapat Anda terapkan di perusahaan Anda sesuai dengan kebutuhannya.

 

10 Ide Employee Engagement Program

10 ide ini merupakan contoh dari employee engagement program yang dapat diterapkan di perusahaan. Semuanya tentu kembali lagi dengan kebutuhan dan caranya masing-masing agar karyawan tetap senang bekerja di perusahaan.

Semakin senang karyawan, semakin meningkat kinerjanya, performa perusahaan pun akan meningkat!

 

1. Membuat Perayaan

Sebagian besar perusahaan mengadakan pesta tahunan untuk merayakan anniversary per tahun.

Akan tetapi, perayaan bisa juga dilakukan melalui event nasional dan internasional seperti pesta Halloween, makan malam Thanksgiving, atau pesta perayaan lainnya membuat orang merasa seolah-olah mereka adalah prioritas perusahaan.

 

2. Lunch-learning

Lunch-learning merupakan kegiatan makan siang dan belajar, namun hal yang dipelajari bukan hal belajar yang berat atau lainnya.

Biasanya hal yang dipelajari lebih mengenali satu sama lain dengan tahu tanggal ulang tahun, dan lainnya. Hal ini fokus untuk membangun komunitas, mendorong pembelajaran, dan membantu transparansi. Pastikan acara ini singkat namun berkesan dan tidak membosankan. Jaga agar makan siang ini tetap ringan dan menyenangkan!

 

3. Membuat Sesi Games, Turnamen dan Kompetisi

Karyawan senang bila terlibat dalam permainan, turnamen, dan kompetisi. Pertimbangkan untuk mengadakan turnamen pingpong atau biliard atau hal yang lebih simple.

Bahkan membuat liga sepakbola atau futsal untuk karyawan kantor dapat meningkatkan awareness bagi karyawan di organisasi Anda.

 

4. Membuat Hari Khusus Khas Perusahaan

Membuat hari khusus merupakan cara untuk meningkatkan awareness karyawan sekaligus sebagai branding perusahaan. Hal unik tersebut dapat menarik calon pelamar juga.

Misalnya, “Casual Day” dimana di hari tersebut karyawan bebas menggunakan baju santai namun sopan versi mereka. Hal ini juga dapat didukung dengan membuat gathering lunch atau acara lainnya.

 

5. Pelatihan

Pelatihan memiliki reputasi membosankan. Tetapi jika Anda dapat membawa pembicara khusus untuk sesi pelatihan yang benar-benar menarik dan menyegarkan, Anda akan melibatkan karyawan Anda dan mengajari mereka sesuatu yang baru.

 

Baca Juga: Cara Menghitung ROTI (Return on Training Investment) Pasca Pelatihan

 

6. Olahraga Bersama

Olahraga adalah waktu yang tepat untuk menyatukan karyawan Anda dan bahkan keluarganya Bisa olahraga basket, sepak bola lokal, bahkan sekedar senam bersama. Tidak perlu skala besar, cukup membuat semacam liga kecil. 

 

7. Gathering

Gathering terutama di luar kantor dan bisa mengajak keluarga adalah sesuatu yang disukai karyawan. Menginap di villa, membuat kegiatan yang seru, bakar-bakaran di malam hari, dan lain sebagainya. Jenis kegiatan ini akan memfasilitasi ikatan di luar ruang kerja, dan memberi karyawan kenyamanan.

 

Baca Juga: 10 Ide Game Ice Breaking yang Menyenangkan di Kantor!

 

8. Bar Nights

Banyak tempat kerja mengadakan bar night per minggu di bar lokal untuk menawarkan karyawan kesempatan untuk mengeluarkan unek-unek.

Bincang santai yang terkesan intimate dapat menimbulkan rasa sayang dan percaya akan satu sama lain.

 

9. Penggalangan Dana dan Hari Amal

Penggalangan dana dan hari amal adalah waktu yang tepat untuk menyatukan karyawan demi kebaikan bersama.

Seringkali penyebab ini mempengaruhi karyawan Anda, jadi beri mereka kesempatan untuk mengatur acara untuk tujuan yang mereka sukai.

 

10. Nonton Bersama

NoBar atau nonton bareng merupakan aktivitas yang menarik dan tentunya refreshing. Nonton tidak harus identik dengan film, bisa saja nonton konser atau lainnya. Hal ini semakin mengikat antar satu sama lain dan semakin akrab.

 

Kelola Karyawan Bersama LinovHR untuk Tingkatkan Employee Engagement! 

 

software hris

 

Selain 10 ide aktivitas employee engagement program yang dapat dilakukan bersama, LinovHR juga memberikan solusi lainnya untuk meningkatkan employee engagement melalui modul Performance Management dari Software HRD LinovHR.

Performance management system memiliki fitur feedback dan engagement yang membantu Anda untuk mengukur bagaimana karyawan di perusahaan Anda. Dengan memberikan survey dan pulse yang rutin untuk mengukur performa karyawan.

Hasil dari survey dan pulse tersebut dapat menghasilkan feedback yang berguna sebagai bahan evaluasi perusahaan. Selain itu, engagement juga dapat mengatur hasil dari feedback tersebut dan melihat keterlibatan antar pegawai dengan perusahaan.

Dengan strategi employee engagement program serta perencanaan dan pengelolaan karyawan menggunakan Software HRD dari LInovHR, tingkat keterlibatan dan sense of belonging karyawan semakin meningkat dari waktu ke waktu. 

Untuk info lebih lengkap mengenai modul Performance Management dari Software HRD LinovHR, ketuk tautan berikut ini untuk ajukan demo software bersama tim kami! 

 

Referensi:  

10 Employee Engagement Activities that Keep Employees Happy | When I Work