gaji karyawan

Fakta Mengejutkan Seputar Gaji Karyawan di Indonesia

Sering kali kita dengar ekspresi, “Apa yang dicari dalam hidup ini?” Beberapa orang akan menjawabnya dengan kalimat singkat, yaitu “Bahagia”! Tapi jika ada pertanyaan: apa yang dicari orang saat bekerja? Tentu jawabannya adalah gaji. Meskipun, terkadang ada banyak pekerja yang tidak selalu berfokus pada gaji, itu tergantung pada kepuasan pekerja itu sendiri. Selain mencari gaji ada pekerja yang mencari kepuasan di karya atau hasil pekerjaan itu sendiri. Tetapi, gaji tetaplah menjadi tujuan orang bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Mengulas tentang gaji, gaji karyawan rata-rata di Indonesia ternyata dapat bersaing dengan sejumlah negara-negara di Asia Tenggara lainnya. Secara umum, peringkat gaji di Indonesia menduduki posisi kedua di Asia Tenggara, atau satu tingkat di bawah Singapura.

 

Baca juga: Daftar UMP tahun 2017 di Indonesia. Jakarta Paling Tinggi?

 

Masalah gaji memang menjadi salah satu faktor penting yang dapat mempengaruhi kinerja karyawan. Gaji yang layak akan membuat seorang karyawan bekerja dengan baik, sedangkan gaji yang tidak layak tentu akan menyebabkan pegawai menjadi kurang berdedikasi dan cenderung demotivasi. Meskipun hal ini telah diketahui secara umum, namun demikian nyatanya banyak perusahaan yang masih semena-mena dalam memperlakukan para karyawannya. Padahal, perusahaan terus menerus menuntut karyawannya untuk memiliki kinerja yang bagus, produktif. Tetapi masih ada saja perusahaan yang tidak memahami nilai penting apa yang dicari oleh karyawan dalam bekerja. Tentu saja dalam hal yang ini dibutuhkan hubungan timbal balik antara perusahaan dan karyawannya.

Ada beberapa hal yang mengejutkan seputar gaji karyawan di Indonesia ini yang mungkin kurang diperhatikan oleh karyawan itu sendiri dan masyarakat Indonesia pada umumnya, seperti:

Fakta 1

Gaji karyawan di Indonesia, cukup bersaing dengan negara lain di Asia Tenggara, seperti Malaysia dan Singapura. Dibandingkan negara Asia tenggara lainnya seperti Kamboja, Vietnam, Indonesia memiliki Upah Minimum Karyawan yang cukup baik. Jika perusahaan telah mengikuti UMK yang berlaku maka diharapkan tidak ada kesalahpahaman mengenai perhitungan gaji karyawan terjadi terutama di Indonesia ini.

 

Fakta 2

Salah satu faktor yang menentukan gaji yang akan diterima sebagai karyawan adalah lokasi karyawan tersebut bekerja. Di wilayah tertentu di Indonesia dengan aktivitas dan perusahaan industri yang tinggi biasanya memiliki standar gaji yang lebih besar dibanding wilayah lain yang aktivitas dan perusahaan industrinya rendah. Sebagai contoh, wilayah seperti DKI Jakarta tentu memiliki standar gaji yang lebih tinggi dibanding wilayah-wilayah di Jawa Tengah atau Jawa Timur, NTB, NTT. Halini dikarenakan standar hidup di wilayah Indonesia berbeda-beda.

 

Fakta 3

Jenis pekerjaan yang kita lakukan juga akan mempengaruhi gaji yang kita dapatkan. Standar gaji untuk seorang teknisi jelas berbeda dengan standar gaji untuk seorang HRD. Sebab, setiap pekerjaan memiliki tanggung jawab dan beban kerja yang berbeda pula. Standar gaji yang sama untuk semua jenis pekerjaan jelas merupakan hal yang kontra produktif. Terkadang karyawan yang merasa beban kerjanya lebih berat menjadi kurang dihargai karena pekerjaannya lebih berat tetapi gajinya lebih kecil. Ada yang kelihatannya duduk-duduk saja tapi mendapatkan gaji yang besar. Namun tetap harus diingat, bahwa setiap pekerjaan memiliki nilai tanggung jawab yang berbeda-beda.

 

Baca juga: Yuk Kita Intip, Berapa Gaji Karyawan HRD di Perusahaan Indonesia!

 

Fakta 4

Standar gaji karyawan juga akan berbeda sejak saat kita menjalani proses perekrutan. Bagi seorang pelamar fresh graduate, gaji yang ditawarkan biasanya berbeda dengan gaji para pelamar yang sudah berpengalaman. Apalagi, bila pelamar fresh graduate tersebut tidak menunjukkan keahlian yang istimewa dan melamar di perusahaan yang biasa saja. Bukan tidak mungkin gaji yang didapat tidak sesuai dengan standar gaji dengan jenjang pendidikan yang dimiliki. Mungkin yang perlu dilakukan adalah negosiasi saat melakukan wawancara.

Inilah fakta yang mengejutkan bagi gaji karyawan di Indonesia. Untuk para pekerja, cobalah pahami saat melamar pekerjaan agar tidak terjadi kesalahpahaman dengan perusahaan ke depannya. Dan Anda bisa bekerja dengan baik dan produktif jika Anda sudah merasa cocok dan paham mengenai persoalan gaji karyawan ini.