pelatihan online

Hal yang Perlu HRD Perhatikan dalam Pelatihan Online

Pelatihan dan pengembangan karyawan sendiri adalah kegiatan yang dilakukan oleh manajemen perusahaan yang bertujuan untuk meningkatkan dan memperbaiki kinerja setiap karyawan. Namun,  karena pandemi COVID-19, banyak perusahaan mulai mengurangi  kegiatan secara langsung dan akhirnya mengandalkan pelatihan online. Lalu, perusahaan akan memantau para karyawan untuk melihat hal apa yang harus ditingkatkan sehingga program pelatihan akan tetap sesuai yang mereka butuhkan

 

Apa saja yang perlu HRD perhatikan dalam pelatihan online? 

Demi meningkatkan kinerja dan juga skill karyawan, pelatihan karyawan menjadi suatu program yang penting untuk diadakan dalam suatu perusahaan. Sebagai divisi HRD, tentunya menjadi tugas tambahan untuk memastikan antara mentor dan juga karyawan bisa siap untuk melakukan pelatihan karyawan secara online. 

Untuk itu, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan HRD ketika ingin mengadakan pelatihan online. Simak poin berikut! 

 

  • Membuat Tujuan yang Jelas dan Terukur

Saat ingin mengadakan pelatihan secara online, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat tujuan yang jelas. Sering kali program ini gagal dilakukan akibat manajemen tidak secara jelas mendefinisikan tujuan utama dari kursus online tersebut.

Maka dari itu, buatlah sketsa tujuan pembelajaran dan tentukanlah bagaimana tujuan ini dapat dipenuhi. Selanjutnya, identifikasilah kompetensi apa yang ingin karyawan Anda miliki setelah mengikuti pelatihan ini. 

Agar identifikasi kompetensi bisa lebih tepat, mintalah kepala departemen, manajer, atau kepala divisi untuk memberitahu kebutuhan kompetensi apa yang cocok untuk diterapkan pada program pelatihan online ini.

 

  • Memilih Aplikasi yang Sesuai

Selanjutnya adalah pilihlah aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan pelatihan. Karena program ini dilakukan dengan teknik hybrid atau jarak jauh, maka aplikasi yang dipilih harus bisa diakses dengan mudah oleh para mentor dan juga para karyawan. Sepertinya halnya Modul Learning and Development dari LinovHR menyediakan seluruh hal yang berkaitan dengan program pelatihan online karyawan.

 

Baca Juga : Sukseskan Pelatihan Karyawan Bersama LinovHR

 

  • Berikan Sosialisasi Kepada Karyawan

Mengadakan kursus online ini bisa saja menjadi hambatan bagi para karyawan dan juga para mentor. Maka dari itu sebelum melakukan hal tersebut, adakanlah sosialisasi pelatihan karyawan secara online kepada seluruh pihak agar saat pelaksanaan mulai bisa berjalan dengan lancar.

Adakanlah sosialisasi tentang tentang cara mengakses aplikasinya, lalu bagaimana cara menggunakannya, hingga hal-hal kecil yang akan mereka lakukan. Dengan adanya persiapan yang matang seperti ini, akan membuat mentor mudah untuk menyampaikan materi dan peserta bisa lebih mudah untuk menyerap materi yang disampaikan.

 

  • Adakan Feedback

Setelah selesai melakukan pelatihan, jangan lupa untuk mengadakan feedback kepada seluruh pihak yang telah melaksanakannya. Feedback ini bertujuan agar HRD bisa mengetahui apakah selama pelatihan online baik mentor ataupun peserta sering mengalami hambatan, baik segi teknik maupun praktik. Mintalah kepada mereka apakah program ini sangat efektif untuk diterapkan.

Dengan adanya feedback seperti ini, Anda bisa lebih mengetahui hal apa saja yang harus ditingkatkan untuk menciptakan pelatihan yang lebih baik lagi di masa yang akan datang.

 

Baca Juga : Strategi Pelatihan & Pengembangan SDM dengan Gamifikasi 

 

Tingkatan Pelatihan Online Karyawan dengan Modul Learning & Development dari LinovHR!

Program pelatihan dan pengembangan online merupakan cara perusahaan untuk meningkatkan mutu karyawan walau dilakukan secara jarak jauh. Agar proses ini bisa berjalan dengan lancar, sudah banyak vendor aplikasi yang menawarkan program pelatihan online tersebut.

Namun agar Anda tidak salah memilih aplikasi adalah dengan memanfaatkan Modul Learning & Development dari LinovHR. Melalui modul ini, pengelolaan setiap hal yang berkaitan dengan kegiatan pembelajaran dan pengembangan karyawan bisa lebih mudah dilakukan serta efektif.

Peningkatan kapabilitas, skill, serta kompetensi karyawan menjadi tujuan utamanya. Maka dari itu, modul ini menyiapkan beberapa fitur untuk mewujudkan semua hal tersebut. Antara lain:

  • Learning Checklist, adalah menu yang akan menampilkan hal apa yang harus diselesaikan karyawan sebelum deadline.
  • Budget Calculation, yaitu dapat melakukan seluruh proses kalkulasi hingga finalisasi budget.
  • Budget Calculation Setup, untuk menentukan cara perhitungan budget pelatihan dalam perusahaan.
  • Development Periode, adalah menu yang dapat digunakan setelah perhitungan budget.
  • Budget Group, untuk memudahkan Anda dalam pengelompokan karyawan yang memiliki cara perhitungan budget pelatihan yang sama.
  • Activity Catalog, untuk memudahkan divisi HRD dalam merangkum hasil pelatihan karyawan.
  • Session, yaitu dapat Anda manfaatkan ketika ingin mengadakan pelatihan untuk beberapa sesi.
  • Development Activity, dapat digunakan menentukan jenis training, durasi, jumlah peserta, jumlah biaya yang dibutuhkan, hingga mengukur skill kompetensi apa yang harus dicapai oleh setiap karyawan.

 

Baca Juga : Manfaat Software Training untuk Pelatihan Karyawan di Perusahaan

 

Seluruh fitur tersebut tentu saja bisa digunakan secara online sehingga Anda bisa mengadakan pelatihan jarak jauh dengan nyaman dan mudah.

Demikianlah penjelasan mengenai hal apa saja yang harus dipersiapkan HRD dalam mengadakan pelatihan online karyawan. Cara ini tentu saja akan sangat berbeda dari cara sebelumnya. Maka dari itu, HRD harus memastikan agar seluruh pihak bisa dengan siap untuk melakukan pelatihan online.

Tertarik untuk menyelenggarakan pelatihan online bersama modul Learning & Development dari LinovHR? Untuk informasi lebih lanjut, segera hubungi Customer Service dari LinovHR sekarang juga!