aplikasi hrm

9 Fungsi Penting Software dan Aplikasi HRM bagi Perusahaan

Sumber daya manusia atau SDM merupakan aset terpenting yang seharusnya dikelola dengan baik oleh setiap perusahaan. Semakin besar perusahaan, maka pengelolaannya pun semakin rumit. Oleh karena itu, aplikasi HRM (Human Resources Management) digunakan oleh HRD untuk membantu meringankan tugasnya.

Aplikasi ini sangat penting bagi perusahaan karena memiliki peranan yang besar dalam membantu mengelola SDM perusahaan secara efektif.

Dimulai dari tahap perekrutan hingga pengembangan kompetensi karyawan dapat dilakukan dengan mudah.

Lalu, apa saja kegunaan-kegunaan lainnya dari aplikasi HRM bagi perusahaan? 

 

Mengenal 9 Fungsi Penting Software dan Aplikasi HRM

Human resource management merupakan sebuah strategi yang digunakan oleh perusahaan dalam mengatur segala hal yang berkaitan dengan SDM perusahaan.

Fokus utama dari sistem ini adalah pengelolaan karyawan. Namun, terdapat beberapa hal penting seperti proses rekrutmen karyawan hingga penggajian karyawan yang juga dapat dilakukan dengan sistem ini.

Kegunaan utama dari software atau aplikasi human resource management yang perlu Anda ketahui yaitu sebagai berikut:

 

1. Mengelola Penggajian (Payroll) Karyawan

Masalah penggajian atau payroll di perusahaan tentunya merupakan hal yang perlu dikelola dengan baik dan sistematis. Kegiatan ini membutuhkan ketelitian serta ketepatan yang diperlukan bagi seorang HR.

Dengan menggunakan aplikasi manajemen SDM perusahaan, tentunya tugas HRD Anda akan dipermudah dengan berbagai fitur yang dapat digunakan.

Selain itu, aplikasi umumnya memberikan ketepatan data yang akurat sehingga dapat meminimalisir risiko kesalahan hitung yang mungkin terjadi.

 

payroll

Aplikasi Payroll dari LinovHR mempunyai berbagai fitur lengkap mulai dari mengelola, menghitung sampai membuat laporan gaji atau payroll karyawan.

Hubungi kami sales kami sekarang untuk membuktikan kecanggihan software dan aplikasi payroll LinovHR

2. Membantu Proses Rekrutmen Karyawan

Salah satu tugas dan tanggungjawab yang diemban oleh HR di perusahaan adalah mencari kandidat-kandidat yang memiliki potensi unggul yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Tentunya dengan menggunakan aplikasi HRM, proses rekrutmen karyawan dimulai dari tahap yang sangat awal hingga penandatangan kontrak dapat dilakukan dengan mudah dan praktis. Hal ini juga membantu Anda mendapatkan calon kandidat terbaik di luar perusahaan.

3. Mengelola Data Organisasi Perusahaan

Aplikasi human resource management juga memiliki kegunaan utama untuk mengelola data organisasi perusahaan. Mengetahui secara jelas identitas perusahaan seperti lokasi, unit jabatan, hingga job description dapat dilakukan dengan mudah.

 

4. Mengelola Data Pribadi Karyawan

Karyawan merupakan bagian dari aset perusahaan yang terpenting. Oleh karena itu, aplikasi manajemen SDM berfungsi untuk membantu mengelola data secara terperinci seperti informasi data diri karyawan, posisi, tanggungjawab, hingga gaji dan tunjangan yang mereka dapatkan.

 

Baca Juga: Absensi Optimal Saat WFH dengan System Kehadiran LinovHR

 

5. Manajemen Kompetensi

Kebutuhan masing-masing unit kerja pastinya memiliki karakteristik kompetensi yang berbeda-beda pula. Untuk mengukur dan menyesuaikan dengan kebutuhan tiap unit kerja, aplikasi manajemen SDM ini memiliki beberapa fitur yang dapat membantu melakukan pengukuran yang jelas dan sistematis.

Dimulai dengan daftar kompetensi yang dibutuhkan oleh setiap unit kerja, menganalisa setiap kompetensi untuk menunjang efektifitas posisi tertentu, hingga assessment yang digunakan untuk berbagai keperluan.

6. Membantu Menilai Kinerja SDM

Salah satu kegunaan yang paling penting dari software HRM yaitu dapat membantu HRD dalam menilai kinerja SDM perusahaan. Hal ini penting untuk menjaga performa karyawan yang baik bagi perusahaan.

Penilaian kinerja karyawan yang dilakukan tentunya menggunakan beberapa variabel yang rasional. Hal ini tentunya mencegah HRD untuk melakukan penilaian yang terlalu subjektif terhadap karyawan perusahaan.

 

7. Mengelola Waktu Perusahaan

Semakin perusahaan berkembang pesat, maka semakin rumit pula pengaturan waktu yang harus dikelola oleh HRD. Aplikasi HRM mempermudah HRD dalam mengelola jadwal perusahaan terkait dengan jadwal kerja karyawan, izin cuti, lembur, dan lain-lain.

 

8. Mengelola Reimburse Karyawan

Reimburse merupakan salah satu hal yang pastinya dimiliki setiap perusahaan. Apalagi, saat ini terdapat banyak jenis reimbursement yang ditawarkan kepada karyawan seperti asuransi kesehatan, dana pensiun, uang lembur, dan lain-lain.

Aplikasi HRM tentunya dapat memabantu tugas HRD dalam mengelola reimburse dengan fitur-fitur seperti pengelompokkan reimburse, permintaan reimburse, dan melihat saldo reimburse karyawan.

 

9. Mengatur Suksesi dalam Perusahaan

Kegunaan yang tak kalah penting dari yang lainnya adalah mengatur suksesi karyawan di perusahaan. Pastinya setiap perusahaan menginginkan setiap posisi atau jabatan krusial dipimpin oleh orang-orang yang memiliki kompetensi tinggi.

Dengan menggunakan software HRM, Anda dapat menentukan calon pengganti dari tiap-tiap posisi krusial yang nantinya akan ditinggalkan oleh karyawan tertentu.

 

Demikianlah beberapa keunggulan utama dari aplikasi HRM di perusahaan yang perlu Anda ketahui. Gunakanlah software HRM yang tepat untuk mengelola SDM perusahaan Anda.

LinovHR merupakan software HRD & Payroll terbaik yang berbasis web dengan menawarkan banyak kemudahan untuk mengelola SDM dan penggajian karyawan Anda. Dengan sistem penyimpanan data berbasis cloud, Anda tidak perlu lagi repot-repot untuk menyimpan ribuan data di komputer Anda.

Jadi, tunggu apalagi? Segera jadwalkan demo aplikasi HRM LinovHR dan dapatkan berbagai kemudahan dalam mengelola SDM perusahaan Anda.