KOL Specialist: Tanggung Jawab, Skill Yang Dibutuhkan, dan Gaji

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

KOL Specialist
Isi Artikel

Seiring waktu, terdapat berbagai strategi digital marketing yang dapat dimanfaatkan oleh perusahaan. Salah satunya, Key Opinion Leader (KOL) marketing.

Ini merupakan pemasaran yang menggunakan jasa selebriti, influencer, dan mereka yang ahli di bidang masing-masing.

Mereka dipilih karena memiliki kemampuan untuk memengaruhi dan membentuk opini orang lain di media sosial, sehingga dinilai mampu meningkatkan brand awareness suatu bisnis, serta mendorong audiens untuk melakukan konversi.

Untuk menjalankan strategi ini, sebuah bisnis harus memiliki KOL specialist. Secara singkat, KOL specialist adalah seseorang yang bertugas mengoptimalkan strategi KOL marketing suatu perusahaan. 

Dalam artikel LinovHR ini, kita akan menjelajahi lebih dalam mengenai apa itu KOL specialist, termasuk peran, tanggung jawab, skill dan kualifikasi, serta perkiraan gaji yang didapatkan!

 

Apa Itu KOL Specialist?

KOL specialist adalah seseorang yang bekerja di dunia pemasaran dan manajemen influencer.

Tugas utamanya ialah memaksimalkan strategi KOL marketing suatu perusahaan agar tujuan pemasaran dapat tercapai dengan baik.

Profesi ini mulai banyak dilirik dan permintaannya semakin meningkat seiring maraknya penerapan strategi KOL marketing.

Studi yang dilakukan Influencer Marketing Hub pada 2023 menunjukkan bahwa sebanyak 92 persen konsumen lebih memercayai reviu influencer daripada iklan konvensional.

Bahkan, strategi KOL marketing mampu menghasilkan Return on Investment (ROI) 11 kali lebih tinggi dibandingkan dengan metode pemasaran tradisional.

Setidaknya 75 persen marketer melihat strategi ini sebagai metode yang cukup efektif karena para KOL telah membangun komunitas pengikut yang setia.

Dengan begitu, ketika mereka mempromosikan suatu produk, dampaknya sangat besar terhadap keputusan pembelian para audiens.

Namun untuk menjalankannya, brand memerlukan seorang spesialis yang menangani strategi pemasaran ini untuk menjembatani antara kebutuhan brand dengan para KOL agar campaign berjalan efektif.

 

Peran dan Tanggung Jawab KOL Specialist 

Pada dasarnya, seorang KOL specialist berfokus untuk mencari KOL yang tepat untuk menjalankan strategi marketing perusahaan, serta berkoordinasi secara intens untuk memastikan bahwa kampanye berjalan dengan baik.

Di sebuah perusahaan atau agensi pemasaran, mereka bekerja di divisi digital marketing dan akan banyak berkoordinasi dengan tim sales agar tujuan tercapai dengan baik.

 

Untuk mengetahui profesi ini lebih lanjut, berikut daftar peran dan tanggung jawabnya:

  • Merancang serta menerapkan strategi KOL marketing.
  • Membangun relasi dengan para influencer ataupun public figure terkemuka.
  • Menghadiri acara-acara yang relevan untuk membangun networking.
  • Mengembangkan ide konten, menulis brief, dan mengakurasi konten yang dibuat oleh para KOL.
  • Melakukan riset KOL yang relevan dengan bisnis.
  • Melakukan brainstorming mengenai strategi pendekatan dengan para KOL.
  • Mengikuti perkembangan tren, teknologi, dan influencer yang sedang berkembang.
  • Bekerja sama dengan tim pemasaran untuk membuat dan mengoordinasikan strategi pemasaran yang bekerja di berbagai channel.

 

Baca Juga: 6 Tips Memilih Influencer untuk Tingkatkan Marketing

 

Skill dan Kualifikasi KOL Specialist 

Jika Anda tertarik untuk menjadi seorang KOL specialist, maka sebaiknya pahami kemampuan dan kualifikasi yang dibutuhkan sehingga dapat dipelajari dan dikuasai dengan baik. Berikut ini informasinya:

 

1. Kemampuan Komunikasi yang Baik

Profesi ini mengharuskan Anda untuk menjalin hubungan yang erat dengan KOL dan tim internal perusahaan. 

Karena bertindak sebagai perantara antara berbagai stakeholder, keterampilan komunikasi yang efektif dan jelas menjadi kunci utamanya.

Sebab, Anda harus menerjemahkan ekspektasi dari tim internal perusahaan menjadi suatu brief yang dapat disampaikan kepada KOL. 

Tidak jarang terjadi masalah komunikasi di sini, yang bisa berdampak pada keberhasilan kampanye pemasaran dan pencapaian KPI Anda. 

 

2. Kemampuan Daya Analisis yang Tinggi

Dalam mengerjakan tugasnya, profesi ini harus mengidentifikasi KOL berdasarkan industri, target audiens, dan spesialisasinya. 

Mereka harus memiliki kemampuan analisis yang tajam agar dapat memilih yang sesuai dengan niche, tone, nilai, dan target audiens yang cocok dengan visi perusahaan dan produk yang akan dipromosikan.

 

3. Kemampuan Project Management yang Mumpuni

Ketika bekerja, para KOL specialist akan mengerjakan berbagai proyek dalam satu waktu.

Agar seluruh kampanye berjalan efektif, maka diperlukan kemampuan project management yang mumpuni.

Tanpa kemampuan ini, semua proyek bukan tak mungkin mengalami kekacauan dan gagal mencapai target yang seharusnya.

 

4. Memiliki Koneksi yang Luas

Hal yang tak kalah penting adalah memiliki banyak relasi di industri yang sama, terlebih lagi jika memiliki jaringan langsung dengan para KOL. 

Hal ini dapat mempersingkat waktu yang diperlukan untuk memulai komunikasi di awal proyek. Selain itu, proses negosiasi juga dapat berjalan lebih lancar.

 

5. Up to Date dengan Tren yang Ada

Karena berkoordinasi dengan seorang KOL, maka profesi ini dituntut untuk up to date dengan tren agar dapat menyusun strategi pemasaran yang relevan.

Ini juga dapat meningkatkan peluang konten untuk viral sehingga dapat mendongkrak brand awareness dan konversi audiens.

 

Perkiraan Gaji KOL Specialist

Gaji profesi ini bervariasi tergantung pada sejumlah faktor, termasuk tingkat kemampuan, pengalaman, dan kebijakan perusahaan.

Sebagai gambaran umum, gaji mereka berkisar antara Rp3.500.000 sampai Rp5.000.000 untuk posisi entry level dan seseorang dengan pengalaman satu tahun.

Namun seiring meningkatnya pengalaman dan kemampuan, jumlah gaji yang diterima bisa bertambah, khususnya jika bekerja di perusahaan besar. Angkanya sendiri bisa mencapai Rp12.000.000 per bulan.

Di luar pekerjaan utama, KOL specialist juga berpeluang untuk mendapatkan tawaran freelance untuk menambah penghasilan. 

Jika memiliki audiens yang besar, mereka bahkan dapat memanfaatkan hal ini juga untuk menjadi seorang KOL untuk bekerja sama dengan brand dalam mempromosikan produk mereka.

Setelah membaca informasi di atas, dapat disimpulkan bahwa seorang KOL specialist memainkan peran penting dalam dunia pemasaran saat ini.

Dalam menjalankan strategi pemasaran yang efektif, keahlian seorang KOL dalam memperkuat jaringan dengan para influencer, klien, dan ahli dalam industri, serta kemampuannya dalam memanfaatkan media sosial dan teknologi yang tersedia, sangat penting.

Semoga artikel di atas dapat memberikan Anda informasi menyeluruh mengenai profesi KOL specialist, ya!

Tentang Penulis

Picture of Lala
Lala

SEO Content Writer yang andal dengan kemampuan analisis tinggi terkait bidang HR dan mampu mengubahnya menjadi artikel informatif dan teroptimasi secara SEO.

Bagikan Artikel Ini :

Related Articles

Newslater

Newsletter

Tentang Penulis

Picture of Lala
Lala

SEO Content Writer yang andal dengan kemampuan analisis tinggi terkait bidang HR dan mampu mengubahnya menjadi artikel informatif dan teroptimasi secara SEO.

Artikel Terbaru

Telusuri informasi dan solusi HR di sini!

Subscribe newsletter LinovHR sekarang, ikuti perkembangan tren HR dan dunia kerja terkini agar jadi yang terdepan di industri

Newsletter