keamanan dan keselamatan kerja

Bagaimana Cara Meningkatkan Keamanan dan Keselamatan Kerja?

Karyawan menghadapi berbagai hal selama bekerja di lingkungan kantor, apalagi karyawan di perusahaan kontraktor, pertambangan, dan manufaktur yang sering terlibat dengan alat berat. Untuk itu, perusahaan wajib menjamin keamanan dan keselamatan kerja di lingkungan kantor. 

 

Pentingnya Keamanan dan Keselamatan Kerja di Perusahaan

Seperti yang disebutkan sebelumnya, karyawan menghadapi berbagai resiko di lingkungan kerja. Tak jarang ada kejadian kecelakaan kerja yang mengakibatkan karyawan sakit bahkan cacat permanen. Tentu hal ini akan berpengaruh terhadap perkembangan karir karyawan

Untuk meminimalisir potensi terjadinya kecelakaan kerja, perusahaan wajib menerapkan sistem keamanan dan keselamatan kerja yang efektif dan sesuai standar yang berlaku. Penerapan sistem ini juga sudah diatur dalam UU Ketenagakerjaan. 

Jadi, jika perusahaan tidak menerapkan sistem keselamatan kerja yang baik dan benar, secara tidak langsung perusahaan juga melanggar ketentuan UU Ketenagakerjaan.  

Sementara itu, karyawan pun bisa bekerja lebih tenang dan nyaman karena keselamatan dan keamanannya dijamin oleh pihak perusahaan. Dengan demikian, karyawan bisa bekerja lebih produktif dan giat tanpa perlu khawatir mengenai resiko ketika bekerja yang senantiasa mengintai. 

 

Cara Meningkatkan Keamanan dan Keselamatan Kerja 

k3
Source Image: Pexels

Aspek keselamatan dan keamanan karyawan begitu penting dalam sebuah perusahaan.  Lantas, bagaimana cara meningkatkan keamanan dan keselamatan kerja? Simak ulasan di bawah ini! 

  • Adakan Pelatihan Keamanan Karyawan

Saat merekrut pekerja baru, perusahaan sebaiknya mengadakan suatu program pelatihan terdahulu, terlebih dalam hal K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja). Hal ini perlu dilakukan, bahkan ketika perusahaan Anda telah merekrut karyawan berpengalaman sekalipun.

 

Baca juga: Pengelolaan K3 & Hubungannya dengan HRD demi Keselamatan Kerja 

 

Hal ini bertujuan agar para karyawan baru dapat memahami dan menerapkan segala prosedur keselamatan bekerja. Dengan demikian, keselamatan dan keamanan pekerja  pun akan lebih terlindungi.

 

  • Pekerjakan Karyawan dengan Kompetensi Sesuai

Dalam perekrutan karyawan, ada baiknya perusahaan Anda benar-benar mencari calon pekerja dengan kompetensi yang sesuai. Apabila perusahaan Anda mempekerjakan karyawan baru dengan kemampuan yang tidak sesuai dengan suatu bidang tertentu, dapat memungkinkan terjadinya suatu kecelakaan.

Walaupun perusahaan Anda dalam keadaan sibuk sekalipun, usahakan mencari calon pekerja yang berkompeten. 

 

  • Utamakan Keselamatan Kerja

Tetapkan aturan yang tegas terkait sistem, prosedur, dan kebijakan lainnya atas keselamatan kerja. Perusahaan dapat memberikan contoh penerapan keselamatan kerja melalui pegawai yang telah berpengalaman.

Apabila ada yang lalai atau tidak acuh atas kebijakan yang berlaku, perusahaan dapat menjatuhkan sanksi kepada karyawan terkait. Hal ini guna meningkatkan keselamatan kerja para karyawan.

 

  • Tempatkanlah Rambu-Rambu Keselamatan Kerja

Walaupun karyawan telah menerima pelatihan atas segala hal untuk keselamatan kerja, bukan tidak mungkin akan terlupa. Untuk mengatasi hal demikian, pihak operasional perusahaan dapat menempatkan beberapa rambu keamanan pada lokasi-lokasi kerja tertentu. Contohnya seperti himbauan menggunakan helm, penggunaan alat pelindung kerja, dan lain-lain.

payroll

  • Sediakan Alat Pengaman untuk Karyawan

Demi menunjang keselamatan kerja, pihak perusahaan wajib menyediakan berbagai alat keamanan yang diperlukan. Terutama, seperti peralatan helm, sepatu kerja, romi pengaman, kacamata keamanan, dan lain-lain.

Dengan demikian, perusahaan sudah memiliki andil besar dalam melindungi keselamatan karyawannya. Alhasil, kecelakaan kerja dapat dihindari.

 

  • Terus Adakan Riset & Pengembangan Keselamatan Kerja

Untuk meningkatkan tingkat keamanan pekerja, pihak operasional perusahaan harus terus mengadakan penelitian dan pengembangan prosedur keselamatan bekerja. Terlebih jika terjadi suatu kecelakaan yang menimpa karyawan yang telah menerapkan prosedur kerja dengan baik.

Dengan demikian, tingkat keamanan kerja karyawan dapat terus berkembang dari waktu ke waktu. Alhasil, tingkat kecelakan pun akan berkurang. 

 

  • Utamakan Lingkungan Kerja yang Rapi dan Bersih

Lingkungan kerja yang tertata rapi dan bersih tentu akan menghasilkan rasa nyaman dan aman. Selain itu, potensi kecelakaan yang disebabkan oleh lingkungan yang berantakan pun akan terhindarkan. Sebaiknya, perusahaan Anda menerapkan aturan dan menanamkan budaya kebersihan pada karyawan.

 

  • Pelihara Alat-Alat Peralatan & Perlengkapan

Demi menjaga keamanan kerja, perusahaan harus melakukan pemeliharaan segala alat produksi secara rutin. Dengan menjalankan hal ini, perusahaan juga turut memelihara segala peralatan dalam kondisi prima. Jadi, produktivitas perusahaan dapat terus terjaga. Lalu, keselamatan pekerja pun akan lebih terjaga.

 

  • Identifikasi Potensi Lokasi yang Rentan Terjadi Kecelakaan

Pihak perusahaan perlu melakukan identifikasi secara mendalam atas lokasi-lokasi yang mungkin akan terjadi kecelakaan. Hal ini perlu dilakukan untuk mengetahui cara menanggulangi hal-hal yang tidak diinginkan di lokasi tertentu tersebut. Dengan begitu, lokasi kerja karyawan dapat lebih aman dan nyaman untuk operasional.

 

Baca juga: Karyawan Mengalami Kecelakaan Kerja. Apa yang Harus Dilakukan? 

 

  • Dengarkan Kritik & Saran Keamanan Kerja dari Karyawan

Demi menciptakan suasana kerja yang kolaboratif antara perusahaan dan karyawan, perlu akan adanya suatu layanan kritik dan saran. Nantinya, karyawan akan menyampaikan kritik dan saran atas kekurangan maupun pengembagan keselamatan kerja.

Dengan begitu, perusahaan dapat tahu lebih lanjut atas keluhan karyawan. Lalu, melakukan pengembangan keamanan agar pekerja dapat lebih terlindungi keselamatannya.

 

  •  Investigasi Kecelakaan Kerja dengan Mendalam

Apabila perusahaan dan karyawan telah berupaya semaksimal mungkin dalam mengikuti prosedur keamanan, akan tetapi masih terjadi kecelakaan kerja, maka perlu adanya investigasi. Hal ini untuk mengetahui lebih lanjut penyebabnya. Melalui upaya ini, nantinya perusahaan dapat mengetahui langkah-langkah yang benar untuk menghindari kecelakaan serupa terjadi di kemudian hari. 

 

Kelola Karyawan dengan Optimal Menggunakan Software HRD LinovHR

Menjamin keselamatan dan keamanan kerja karyawan erat kaitannya dengan pengelolaan karyawan. Bila pengelolaan karyawan dilakukan dengan maksimal, maka keselamatan dan kesehatan karyawan di lingkungan kerja pun ikut terjamin. 

Untuk memudahkan HRD dalam mengelola karyawan, Software LinovHR menyediakan berbagai modul dengan fitur penunjang yang canggih. Didukung oleh sistem yang andal dan komprehensif, segala keperluan dapat terlaksana dengan lebih optimal dan maksimal. Berikut macam-macam Modul yang dimiliki oleh LinovHR:

  1. Organization Management
  2. Personnel Administration
  3. Recruitment
  4. Payroll
  5. Competency Management
  6. Performance Management
  7. Time Management
  8. Reimbursement
  9. Succession Management
  10. Loan
  11. Employee Self Services (ESS)
  12. Learning and Development

 

Mengelola karyawan serta menjamin keamanan dan keselamatan kerja bukanlah hal yang mudah. Untuk itu Software HRD dari LinovHR hadir untuk membantu Anda. Tertarik tahu lebih lanjut?

Hubungi tim LinovHR dan jadwalkan demo bersama tim kami! LinovHR.com/Contact-Us/