13 Profesi Pegawai Offshore dan Besaran Gajinya

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

13 Profesi Pegawai Offshore dan Besaran Gajinya
Isi Artikel

Offshore merupakan bidang profesi yang saat ini cukup diminati masyarakat. Bagaimana tidak, pekerjaan satu ini menawarkan bayaran sangat tinggi untuk semua pegawainya.

Namun pegawai offshore harus mampu bekerja di kondisi ekstrim serta jauh dari daratan. Tidak hanya itu, pegawai harus memiliki kompetensi serta hal-hal yang berkaitan dengan bidang kerja satu ini guna menunjang kualitas mereka.

Hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa pekerjaan ini memiliki bayaran sangat tinggi. Bagi Anda yang penasaran tentang berapa kisaran gaji yang akan diterima para pekerja offshore, simak artikel di bawah ini!

Apa Itu Offshore 

Offshore adalah bidang pekerjaan yang merujuk pada kegiatan yang dilakukan di industri minyak, gas bumi, energi, atau maritim. Pekerjaan ini tentunya melibatkan penggunaan platform atau rig yang berada di tengah laut.

Melalui penjelasan di atas, dapat tergambar bahwa pekerjaan satu ini cukup berbahaya. Beberapa karakteristik berikut dapat menjadi gambaran tambahan tentang pekerjaan offshore ini:

  • Lokasi: Dilakukan di lepas pantai, sering kali di rig minyak, platform pengeboran, kapal pengeboran, atau instalasi energi angin lepas pantai.
  • Jadwal Kerja: Biasanya memiliki jadwal kerja bergilir, seperti bekerja 2 minggu di laut dan 2 minggu libur di darat. Jadwal ini terbilang beragam, tergantung pada perusahaan serta lokasi.
  • Kondisi Kerja: Kondisi kerja bisa sangat menantang dengan lingkungan yang keras, cuaca ekstrem, dan keterbatasan ruang gerak.
  • Keahlian Khusus: Membutuhkan keahlian khusus dan pelatihan yang mendalam, terutama dalam hal keselamatan dan teknik operasional.

Tugas Pegawai Offshore

Berdasarkan pengertian serta karakteristiknya, secara umum pekerja offshore adalah petugas yang melaksanakan proses pengeboran minyak dan gas bumi dari dalam tanah. Bahan mentah tersebut nantinya diproduksi dan diproses menjadi olahan produk seperti bahan bakal dan lainnya.

TIdak hanya proses pengeboran saja, sebelum sampai ke tahap itu, secara spesifik tugas pegawai offshore terbagi menjadi tiga tahap antara lain: 

Tahapan Seismik

Pada tahap ini, pekerja offshore menjalankan tugas mencari minyak dan gas bumi menggunakan kapal khusus guna keperluan survei seismik.

Tahapan Eksplorasi

Selanjutnya, pekerja offshore melakukan pengecekan dan verifikasi lokasi yang telah disurvei. Tujuannya, untuk memastikan kualitas dan jumlah minyak serta gas bumi yang ada di lokasi tersebut.

Tahapan Konstruksi

Terakhir pada tahap ini, pekerja offshore melakukan pemasangan anjungan atau platform untuk keperluan produksi minyak dan gas bumi.

Tentu saja, ada beragam posisi pekerja offshore yang fokus bekerja pada salah satu tahapan. Hal ini dikarenakan ketiga tahapan tersebut membutuhkan profesional yang ahli dibidangnya masing-masing.

Gaji Offshore Berdasarkan Posisinya 

Jika melihat dari tugasnya pekerja offshore terbagi ke beberapa posisi seperti pengebor, roughneck, engineer, ROV, dan lain sebagainya. 

Beberapa posisi ini memiliki bayaran cukup tinggi serta tunjangannya masing-masing, berdasarkan kondisi serta lama waktu kerjanya.

Maka dari itu, berikut ini kami lampirkan beberapa posisi pekerja offshore beserta kisaran gajinya yang sangat

1. Konsultan Pengeboran 

Posisi ini bertugas memberikan saran kepada perusahaan seputar lokasi strategis yang mengandung banyak minyak dan gas bumi. Tidak hanya itu, konsultan juga bertugas memberikan gambaran masalah mengenai aktivitas produksi terutama pengeboran yang akan dijalankan nantinya.

Gaji konsultan pengeboran berada di angka yang terbilang fantastis, yakni Rp2,23 miliar sampai Rp4,76 miliar.

2. Manajemen Instalasi 

Manajemen instalasi bertanggung jawab dalam mengatur dan mengendalikan segala aktivitas di atas rig. Termasuk juga pekerja yang bertugas, ketentuan teknis, administrasi keuangan, serta alur kerja di rig.

Kisaran gaji untuk profesi ini berada di angka yang cukup tinggi, yakni sekitar Rp1,87 miliar sampai Rp3,82 miliar.

3. Staf Workover 

Staf workover atau biasa dikenal completion bertugas memastikan, menetapkan, dan memutuskan apakah aktivitas pengeboran dapat menghasilkan minyak atau gas bumi yang layak untuk diproduksi serta sebanding dengan nilai pengeluaran.

Kisaran gaji staf worker adalah Rp967 juta sampai Rp3,8 miliar.

4. Tanker Kapten 

Posisi ini bertugas dan bertanggung jawab dalam mengatur dan mengontrol proses pengangkutan hasil pengeboran dari lepas pantai ke daratan dengan aman dan selamat.

Kisaran gaji tanker kapten adalah Rp1,16 miliar sampai Rp2,65 miliar.

5. Insinyur Kelautan 

Insinyur kelautan bertugas dalam membuat perencanaan, pengarahan, dan koordinasi aktivitas selama proses pengeboran hingga pengangkutan minyak dan gas bumi ke daratan.

Kisaran gaji insinyur kelautan adalah Rp1,16 miliar sampai Rp2,45 miliar.

6. Pilot Helikopter 

Tidak hanya seputar teknis industri perminyakan juga memerlukan pilot helikopter. Tugas pilot helikopter tentu saja melayani klien yang berkunjung ke lokasi pengeboran atau rig.

Kisaran gaji tanker kapten adalah Rp1,16 miliar sampai Rp2,65 miliar.

7. Supervisor Produksi 

Posisi pekerja offshore selanjutnya adalah supervisor produksi. Tugas posisi ini adalah melakukan pemeliharaan, perbaikan, modifikasi, dan memastikan semua alat bekerja sesuai dengan standar keselamatan kerja.

Untuk supervisor produksi, kisaran gajinya berada di angka Rp1,68 miliar sampai Rp2,30 miliar.

8. Insinyur Proses Bawah Laut

Insinyur proses bawah laut, bertugas dalam merekayasa bawah laut secara teknis, membuat rancangan proyek utama, dan sebagai pencari solusi ketika permasalahan pada produksi muncul.

Kisaran gaji insinyur proses bawah laut adalah Rp1,45 miliar sampai Rp2,30 miliar. 

9. Ahli Geologi 

Sebagai seorang ahli geologi bertugas menentukan lokasi pengeboran dengan menghitung cadangan minyak atau gas bumi di suatu lokasi.

Bila tertarik dengan karir satu ini, gaji seorang ahli geologi yang fokus di bidang offshore adalah Rp1,64 miliar sampai Rp1,87 miliar.

10. Drilling

Drilling adalah profesi bertugas untuk melakukan supervisi pada proses pengeboran minyak maupun gas bumi. Kisaran gaji untuk profesi satu ini berada di angka Rp967 juta sampai Rp1,81 miliar.

11. Catering Crew

Catering crew sama seperti namanya posisi ini bertugas menyiapkan dan mensuplai konsumsi ke para pekerja offshore.

Merupakan profesi krusial di bidang offshore, catering crew memiliki kisaran gaji sekitar Rp1,5 juta sampai Rp15 juta.

12. Rig Crew 

Rig crew adalah posisi yang berfokus untuk memastikan rig siap digunakan dalam proses pengeboran. Kisaran gaji untuk rig crew berada di angka Rp5 juta sampai Rp15 juta.

13. Service Company 

Sesuai namanya, service company bertugas dalam memberikan layanan khusus yang ahli dalam proses pengeboran dan gas bumi. Service company memiliki kisaran gaji antara Rp300 ribu sampai Rp12,4 juta.

Itulah beberapa posisi kerja beserta gaji offshore. DI Indonesia sendiri pekerjaan ini sudah banyak dilirik oleh masyarakat. Bayaran yang tinggi menjadi salah satu alasan mengapa offshore diminati.

Namun, untuk menjadi salah satu bagian dari offshore Anda perlu melalui seleksi yang cukup ketat. Maka dari itu sebelum memutuskan untuk berkarir di bidang ini pastikan bahwa Anda kompetensi serta kesehatan tubuh yang baik.

Tentang Penulis

Picture of Harya Hafiz Khairan
Harya Hafiz Khairan

Seorang lulusan prodi Jurnalistik Politeknik Negeri Jakarta. Kini fokus menulis tentang HR, Teknologi, Game, dan Gaya Hidup. Aktif juga dalam membuat beberapa puisi.

Bagikan Artikel Ini :

Related Articles

Newslater

Newsletter

Tentang Penulis

Picture of Harya Hafiz Khairan
Harya Hafiz Khairan

Seorang lulusan prodi Jurnalistik Politeknik Negeri Jakarta. Kini fokus menulis tentang HR, Teknologi, Game, dan Gaya Hidup. Aktif juga dalam membuat beberapa puisi.

Artikel Terbaru

Telusuri informasi dan solusi HR di sini!

Subscribe newsletter LinovHR sekarang, ikuti perkembangan tren HR dan dunia kerja terkini agar jadi yang terdepan di industri

Newsletter