Promosi Jabatan

7 Indikator Penilaian Dalam Promosi Jabatan

Siapa yang tidak pernah mengidam-idamkan naik jabatan? Suatu hal yang menyenangkan dan bergengsi dalam pekerjaan yang ditunggu hampir setiap karyawan. Selain bergengsi, kenaikan jabatan biasanya dipandang lebih baik daripada mendapatkan bonus apapun yang ditawarkan oleh perusahaan. Ini karena promosi kenaikan jabatan bersifat lebih permanen dalam hal kenaikan gaji dan fasilitas perusahaan yang diberikan. Karena itu, “status” karyawan yang naik jabatan di kantor akan berbeda dengan kedudukan sebelum naik jabatan. Biasanya perusahaan memberikan promosi jabatan kepada karyawan yang memiliki kinerja bagus atau berhasil dalam proyek tertentu. Ini akan membuat karyawan antusias dalam bekerja, karena ada tantangan tertentu dalam pekerjaan yang dihadapi. Tetapi, perlu diperhatikan dalam memberikan promosi jabatan, ada beberapa indikator yang diperhatikan agar pemberian promosi jabatan itu adil dan benar. Berikut indikator penilaian yang perlu diperhatikan:

Karyawan Yang Loyal Dan Berintegritas

Sama seperti yang pernah dibahas pada artikel kami sebelumnya tentang  penghargaan karyawan yang loyalitas,  salah satu penghargaan yang pantas diterima oleh mereka adalah pemberian promosi jabatan. Jika seorang karyawan loyal dan berintegritas, sudah dipastikan ia akan menyelesaikan pekerjaan atau tugasnya dengan baik. Meskipun pekerjaan atau tugasnya itu tergolong berat maka karyawan tersebut akan berusaha untuk menyelesaikannya dengan kesabaran dan ketelitian. Dengan demikian, karyawan itu berhak mendapat promosi naik jabatan jika sudah teruji beberapa kali mampu menyelesaikan tugas pekerjaan dengan baik.

Kreatif Dan Inisiatif

Indikator yang bisa dipakai untuk naik promosi jabatan terhadap jabatan tertentu, mungkin syarat tingkat inisiatif dan kreatif. Inisiatif dan kreatif dapat menjadi indikator kenaikan pangkat. Dalam persaingan yang ketat di dunia kerja, terus menerus diperlukan kreativitas dan inisiatif yang tinggi bagi setiap karyawan. Dengan ini mereka mampu menjadi produktif dan berbeda dengan yang lainnya.

Nilai Lebih Dari Karyawan Lain

Biasanya karyawan yang mempunyai nilai lebih akan menonjol di antara karyawan lain. Penilaian ini dapat dilakukan oleh HRD dengan data akurat, seperti menilai waktu kedatangan dan kepulangan mereka bukan karyawan yang “tang go”. Karyawan yang punya nilai lebih tidak memandang jam terlalu penting atau serius dalam bekerja, meskipun ada upah lembur yang memang dibayarkan sebagai ganti kerja lembur. Menilai dari kerajinan pekerjaan karyawan, juga bisa menjadi indikator promosi jabatan. Banyak karyawan yang pandai dan hebat, tapi kadang cara bekerja, dan hasil bekerjanya tidak rajin dan rapi.

Baca Juga: 15 Tanda Kecerdasan Anda di Atas Rata – Rata

Bisa Memberikan Solusi, Bukan Hanya Komplain

Semua karyawan pasti pernah komplain dalam bekerja, mulai karyawan biasa, manajer, sampai CEO juga bisa komplain. Hanya saja karyawan yang baik adalah karyawan yang bisa komplain tapi juga bisa berembuk bersama merundingkan solusinya.

Karyawan yang bisa memberikan solusi adalah karyawan yang bertanggung jawab, sekaligus jadi punya nilai lebih untuk meraih promosi jabatan. Biasanya karyawan tipe ini komplain hanya untuk kemajuan dan kebaikan perusahaan di hari ke depannya, bukan untuk mencari-cari masalah dengan perusahaan.

Mau Berbagi Ilmu

Indikator seseorang cocok dalam naik jabatan adalah mau berbagi ilmu atau tidak pelit pengalaman. Jika seorang karyawan yang naik jabatan otomatis akan menjadi pimpinan bagi karyawan lainnya. Ini membuat mereka mau tidak mau harus mengayomi rekan kerja yang ada di bawahnya. Sudah sepantasnyalah mereka harus mau berbagi ilmu dan pengalaman dalam bekerja sama. Dengan demikian kinerja perusahaan menjadi baik.

Profesional Dalam Bekerja

Dengan bersikap profesional, karyawan yang mendapat promosi jabatan ini dapat diandalkan di jenjang karir berikutnya yang lebih tinggi. Disertai dengan sikap kooperatif atau mau bekerja sama dengan tim kerjanya, membuat sikap profesional ini sangat diperlukan bagi seseorang yang naik jabatan. Salah satu contoh sikap profesional adalah mau bertanya kepada tim kerjanya meskipun dia berjabatan tinggi dan tetap rendah hati dalam bekerja.

Lamanya Waktu Bekerja

Promosi jabatan, bisa diberikan seseorang bila ia sudah bekerja sekian lama. Adalah sebuah penghargaan tersendiri bagi karyawan yang sudah mengabdi lama boleh menerima promosi jabatan.

 

Memiliki jabatan yang strategis merupakan sebuah pencapaian tersendiri. Meraihnya pun bukanlah hal yang mudah, butuh strategi dan perencanaan yang matang dalam melakukan semua itu. Dan promosi jabatan merupakan salah satu pencapaian yang baik bagi karyawan yang bekerja di suatu perusahaan. Tapi patut diingat, bahwa dibalik jabatan yang besar terdapat tanggungjawab yang besar pula.