Penghargaan Karyawan Loyalitas

Penghargaan Yang Pantas Untuk Karyawan Yang Penuh Loyalitas

Semua orang suka dihargai. Apalagi jika penghargaan yang didapatkan dari hasil kerja keras. Dimanapun tempat kerja kita adalah kebanggaan tersendiri sebagai pekerja atau karyawan bisa memberikan sumbangsih hasil yang gemilang bagi perusahaan.

Penghargaan diberikan kepada seseorang karyawan loyal yang berhasil menyelesaikan tugasnya dengan baik. Tujuan pemberian penghargaan itu sendiri adalah tanda apresiasi dari perusahaan dan menaikkan motivasi karyawan lain untuk bisa berhasil juga. Dengan adanya persaingan sehat, maka suasana kerja akan terasa lebih kompetitif dan produktif.

Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menghargai karyawan yang loyal adalah:

1. Berikan Pujian

Memberikan pujian yang tulus, tidak dibuat-buat, merupakan hal sederhana yang bisa kita berikan kepada karyawan loyal di perusahaan. Mereka yang sudah mau bekerja menyelesaikan tugas kantor dengan usaha lebih layak mendapatkan pujian. Mungkin kalimat sederhana seperti “kerja yang sangat bagus”, “Anda hebat”. Perlu kita ingat, pujian yang tulus tidak memerlukan uang banyak untuk mengeluarkannya, hanya perlu diucapkan dari hati.

2. Merayakan Keberhasilan Di Kantor

Ini mungkin cara merayakan keberhasilan yang asyik, bila dilakukan bersama tim yang ada di kantor. Setelah lelah menguras pikiran dan tenaga, para karyawan yang loyal ke perusahaan bisa mengadakan pesta kecil di kantor. Entah dengan memesan pizza, kue, atau makan besar. Semua bisa diatur dengan jumlah dana yang disediakan. Hal yang seperti ini akan membuat karyawan atau tim lain untuk termotivasi bekerja lebih semangat lagi.

3. Memberikan Penghargaan

Selain kata pujian, ada cara yang lebih bisa dikenang oleh karyawan loyal jika mereka mencapai pencapaian yang bagus. Seperti diberi piagam, trofi, atau medali. Jika penghargaan ini dipasang di meja kantor mereka, akan mengingatkan untuk mereka akan keberhasilan yang mereka pernah capai. Penghargaan berupa piagam, trofi ini akan membuat seseorang lebih percaya diri untuk maju bersama perusahaan.

4. Memberikan Bonus Spesial

Jika perusahaan mempunyai dananya, tidak ada salahnya memberikan hadiah kepada karyawan yang loyal. Biasanya mereka yang sudah bekerja keras untuk perusahaan layak diberi imbalan seperti voucher belanja, voucher makan di tempat tertentu atau juga liburan ke luar negeri. Tentu saja bonus spesial ini harus disesuaikan dengan dana yang tersedia. Banyak perusahaan sekarang yang memberikan penghargaan dengan mengajak karyawan yang loyal ini keluar kota atau luar negeri. Selain untuk refreshing, acara ini bisa dipakai juga untuk meningkatkan wawasan bagi para karyawan. Sehingga saat kembali bekerja mereka punya perspektif baru. Khusus bagi karyawan yang bekerja sebagai marketing, jadikan ini sebagai ajang berpacu dalam prestasi. Jika penjualan mereka mencapai target, mereka akan mendapat bonus ini.

5. Memberikan Waktu Kerja Khusus

Mungkin setelah menyelesaikan proyek yang khusus, dengan jam kerja tinggi, adalah baik bagi karyawan yang loyalitasnya bagus diberikan kerja dari rumah. Selama mereka sibuk mengejar target dan lembur mungkin sering meninggalkan keluarga di rumah. Jadi tidak ada salahnya jika mereka diberikan istirahat sejenak sambil tetap bekerja dari rumah. Karyawan yang loyal, bisa bekerja dari rumah tanpa meninggalkan keluarga mereka.

Baca Juga: Dampak Positif Jam Kerja Yang Fleksibel Pada Perusahaan

6. Diberikan Promosi

Hal ini bisa dilakukan jika karyawan yang mempunyai loyalitas tinggi ini memang mampu untuk promosi kenaikan jabatan. Ini merupakan tantangan tersendiri bagi karyawan tersebut. Sehingga mereka tahu usaha mereka dihargai dan menjadi panutan bagi teman karyawan lain. Promosi jabatan dapat meningkatkan semangat kerja di kantor. Dengan adanya tanggung jawab yang lebih lagi, karyawan bisa termotivasi secara positih untuk ikut mengembangkan perusahaan. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah sistem penilaian kinerja yang baik untuk menerepkan hal tersebut, contohnya adalah Key Performance Indicator atau KPI

Memberikan penghargaan terhadap karyawan yang memiliki loyalitas tinggi adalah suatu hal yang harus dilakukan oleh perusahaan. Agar mereka bisa tetap meningkatkan kinerja dan loyalitas mereka untuk bersama-sama mengembangkan perusahaan yang anda jalani.