people analytics

People Analytics Penting Untuk Diterapkan Dalam SDM Selain HR Analytics, Apa Itu?

Semakin sengit persaingan di antara bisnis, akan semakin ketat juga pengelolaan yang harus dilakukan perusahaan terhadap sumber daya manusia. Sebuah perusahaan perlu menggunakan people analytics secara maksimal demi mengembangkan sumber daya manusia jauh lebih baik. 

Kali ini LinovHR akan membahas secara lengkap mengenai sistem tersebut, mulai dari pengertian, fungsi, hingga cara menerapkannya dengan baik dan benar.

Simak selengkapnya di bawah ini!

 

Apa Itu People Analytics?

Terdapat kata analytics dalam istilah satu ini. Seperti yang sudah kita ketahui, analytics adalah arti dari analisis atau analisa. Apabila kita beda lebih dalam lagi, people analytics memiliki definisi sebagai sebuah metode yang berguna untuk mendalami sumber daya manusia mengenai proses, peranan, tantangan, dan peluang di tempat kerja.

Hasil penilaian dan analisis nantinya digunakan untuk mengambil keputusan yang lebih optimal, sehingga bisa memaksimalkan setiap potensi yang dimiliki oleh orang-orang yang terlibat di dalam suatu perusahaan dan untuk mengetahui faktor-faktor yang bisa meningkatkan kinerja pada tingkat yang lebih tinggi lagi.

Harvard Business Review menjelaskan bahwa people analytics berpusat pada dua jenis data SDM, diantaranya:

 

  1. Fakta orang yang tidak bisa berubah, misalnya etnis, jenis kelamin, riwayat pekerjaan.
  2. Fakta orang yang bisa berubah, misalnya umur, level pendidikan,  masa bekerja, dan sebagainya.

 

Hasil dari data-data tersebut digunakan sebagai solusi dari setiap permasalahan yang menyangkut sumber daya manusia dan mengubahnya menjadi lebih efektif dan efisien.

 

performance review

Gunakan Software untuk HR dari LinovHR, untuk memberikan HR kemudahan dalam melakukan manajemen human resource.

Fitur Terlengkap mulai dari rekrutmen, payroll & pajak, reimbursement, competency management hingga penilaian karyawan.

 

 

Kenapa HR Perlu Menerapkan People Analytics?

Seperti yang sudah disebutkan di atas, menerapkan sistem ini bisa memudahkan perusahaan dalam mendapatkan informasi yang berguna bagi pengelolaan sumber daya manusia dari suatu perusahaan, seperti:

 

1. Memudahkan Proses Rekrutmen

Dalam melakukan perekrutan, seorang HR membutuhkan waktu dan juga tenaga yang besar untuk mendapatkan kandidat yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Hal tersebut bisa dilakukan dengan lebih cepat dan mudah dengan menerapkan sistem people analytics di dalam perusahaan.

Sehingga HR bisa melakukan perbandingan data antara calon kandidat dengan karyawan yang sudah bekerja dalam kurun waktu tertentu.

Hasil perbandingan tersebut, bisa dijadikan referensi untuk mencari kandidat yang memiliki potensi sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Dengan begini, maka waktu yang dibutuhkan oleh seorang HR dalam mencari kandidat menjadi lebih cepat.

 

2. Meningkatkan Value Perusahaan

Sebuah perusahaan akan memiliki nilai value yang tinggi, apabila sumber daya yang dimiliki memiliki nilai yang tinggi juga. People analytics akan membantu perusahaan dalam mendapatkan dan mencari sumber daya manusia yang berkualitas dan memiliki value tinggi.

Dengan begitu, otomatis value dari sebuah perusahaan akan ikut naik bersamaan dengan kualitas sumber daya.

Perusahaan yang memiliki value tinggi, akan mampu untuk bersaing dengan kompetitor dan bisa bertahan pada industri tersebut untuk jangka waktu yang lama.

 

3. Mengurangi Turnover Rate dalam Perusahaan

Sering melakukan pergantian karyawan tentu saja bukan hal yang baik bagi perusahaan. Selain merugikan perusahaan dari segi tenaga.

Biaya yang dikeluarkan untuk melakukan proses rekrutmen hingga pelatihan pun cukup besar.

Menggunakan people analytics dalam perusahaan bisa mengurangi employee turnover rate di dalam perusahaan. Cara yang bisa dilakukan yaitu dengan mengumpulkan data terkait kepuasan karyawan terhadap kinerja dan juga perusahaan.

Melalui data tersebut, HR bisa melakukan prediksi mengenai penyebab tingginya turnover rate di perusahaan, dan mencari solusi untuk mengurangi rate tersebut melalui kebijakan-kebijakan yang berlaku.

 

People Analytics Dapat Digunakan untuk Apa Saja?

Ada beberapa hal yang bisa menggunakan sistem yang satu ini, diantaranya:

 

Melakukan Evaluasi

Data yang digunakan dalam people analytics berfungsi untuk menilai dan melakukan evaluasi kinerja karyawan di perusahaan.

Penggunaan data ini berfungsi untuk memberikan hasil yang valid, artinya hasil yang ditunjukkan tidak bias dan sesuai dengan fakta yang ada.

 

Perekrutan 

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa people analytics bisa membantu HR dalam melakukan perekrutan karyawan baru. Melalui data-data yang ada, seorang HR bisa membuat prediksi kandidat mana yang memiliki potensi dan kemampuan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

 

Manajemen Sumber Daya Manusia

Semakin banyak data yang dimiliki, maka akan semakin berkembang juga people analytics yang dimiliki oleh perusahaan. Data-data tersebut bisa diteliti dan dilakukan analisis untuk menghasilkan suatu insight dan inovasi perusahaan yang akan sangat berguna bagi perkembangan bisnis.

Selain menghasilkan data, people analytics juga dapat memberikan suatu impact pada proses, kinerja, dan juga cara kerja yang dilakukan oleh karyawan terhadap perusahaan.

 

Bagaimana Cara Menerapkan People Analytics?

Terdapat beberapa langkah yang harus dilakukan dalam menerapkan people analytics di dalam perusahaan, yaitu:

 

Mengenali Permasalahan dalam Perusahaan

Tahap pertama yang harus dilakukan yaitu mengetahui masalah yang sedang dihadapi oleh perusahaan.

Lakukan identifikasi dan pengamatan mengenai masalah atau konfilk perusahaan yang sedang atau pernah terjadi. Setelah itu buatlah dugaan-dugaan atau premis dari permasalahan yang ingin diselesaikan. 

 

Melakukan Pengumpulan Data

Setelah masalah berhasil untuk diidentifikasi, langkah selanjutnya yaitu melakukan pengumpulan data terkait dari permasalahan tersebut. Pengumpulan data dilakukan berdasarkan dari dugaan atau premis yang sudah dibuat sebelumnya.

Hal ini bertujuan agar data yang dibuat tetap relevan dan sesuai dengan permasalahan yang sedang terjadi di perusahaan.

 

Melakukan Analisis

Selanjutnya lakukanlah analisis dari data-data pendukung yang sudah dibuat. Analisis di sini bertujuan untuk menentukan tindakan dan juga langkah yang harus diambil selanjutnya, guna menyelesaikan masalah-masalah tersebut.

Penting untuk melakukan analisis secara baik dan benar, agar pada saat pengambilan keputusan, tidak ada pihak yang merasa dirugikan.

 

Mengambil Tindakan dan Evaluasi

Terakhir yaitu mengambil tindakan dari hasil analisis yang sudah dilakukan. Pastikan setiap tindakan yang diambil didasarkan pada hasil dari analisis data yang sudah dibuat.

Setelah itu, lakukanlah evaluasi dari tindakan yang dilakukan tersebut, agar Anda bisa mengetahui langkah-langkah yang harus dilakukan selanjutnya, apabila hasil tidak sesuai dengan ekspektasi perusahaan.

 

Lakukan People Analytics Bersama System HRIS LinovHR

Recruitment Software dari LinovHR akan memudahkan Anda dalam mencari talent-talent terbaik bagi bisnis Anda.

Terdapat berbagai macam fitur yang akan memudahkan HR dalam melakukan proses rekrutmen, mulai dari manpower planning, mengelola lowongan pekerjaan, hingga pada tahap seleksi.

Selain itu, LinovHR juga menyediakan Performance Management System yang dapat memudahkan penilaian atau evaluasi kinerja karyawan di perusahaan kini Anda tidak perlu memerlukan waktu dan juga tenaga lebih untuk melakukan itu semua.

Cukup bersama LinovHR akan memberikan solusi untuk kebutuhan perusahaan Anda.

 

Itulah pembahasan mendalam mengenai People Analytics, mulai dari pengertian, fungsi, hingga cara menerapkannya dengan baik di perusahaan.

Semoga setelah membaca artikel ini, Anda menjadi lebih aware dan paham mengenai pentingnya sebuah data dalam mengelola sumber daya di sebuah perusahaan.