Mengenal Peranan Staff Operasional di Dalam Perusahaan

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

Mengenal Peranan Staff Operasional di Dalam Perusahaan
Isi Artikel

Staff operasional memainkan peranan penting dalam perusahaan. Seperti namanya, seorang staff operasional akan bertugas mengatur dan menjalankan kegiatan yang berlangsung pada bisnis perusahaan.

Mungkin banyak orang belum mengetahui peran dan juga fungsi mendalam dari posisi ini. Oleh sebab itu, kali ini LinovHR akan membahas lebih jauh mengenai peran dari staff operasional dalam sebuah perusahaan.

Simak selengkapnya di sini!

Apa yang Dimaksud Staff Operasional?

Secara sederhana staff operasional adalah seorang karyawan atau pekerja yang memiliki tugas atau tanggung jawab untuk mengelola segala bentuk kegiatan yang berlangsung di dalam perusahaan.

Pekerjaan dari seorang staff operasional sangat luas dan umum, hampir seluruh bidang industri membutuhkan seorang pekerja di posisi ini. Tentu setiap staf operasional di setiap bidang industri memiliki tanggung jawab yang berbeda-beda.

Pekerjaan staff operasional juga bersifat umum, berbeda dari staff accounting atau staff administrasi yang akan mengerjakan satu job desk saja. Seorang staff operasional bisa mengerjakan beberapa pekerjaan.

Dalam melakukan pekerjaan, ia akan berhubungan dengan banyak orang dan juga divisi, sehingga kemampuan komunikasi merupakan sebuah skill wajib yang harus dimiliki oleh seorang staff operasional.

Maka, Anda harus memastikan bahwa karyawan yang Anda rekrut untuk mengisi posisi ini, harus memiliki kemampuan komunikasi dan juga kepribadian yang baik.

Baca Juga: Tanggung Jawab Purchasing Staff

Tugas Staff Operasional di Sebuah Perusahaan

Ketika Anda berniat untuk menjadi seorang staff operasional, pastikan dulu Anda tahu lingkup tugasnya. Tugas staff operasional sendiri sebenarnya tergantung dari industri yang dijalankan. Namun, secara umum, berikut ini tugas seorang staff operasional dalam sebuah perusahaan.

1. Mengelola Operasional Kantor

Tugas utama dari seorang staff operasional pastinya mengelola atau mengurus segala kegiatan operasional yang berjalan di kantor, seperti jaringan internet mati, mati lampu, dan kendala-kendala lainnya yang dapat menghambat kegiatan di kantor.

Karena pekerjaannya yang sering berhubungan dengan teknis perusahaan, seorang staff operasional harus memiliki koneksi dengan vendor yang digunakan oleh kantor atau perusahaan.

2. Melakukan Pengabsenan Karyawan

Meskipun Anda mengira bahwa melakukan absensi merupakan tugas dari seorang HRD, nyatanya staff operasional juga melakukan pekerjaan ini.

Staff operasional umumnya akan membantu HRD dalam melakukan pengabsenan karyawan, terutama pada perusahaan yang memiliki jumlah karyawan yang banyak. Divisi HR tidak mungkin melakukan semuanya sendirian, maka diperlukan bantuan dari staff operasional perusahaan.

3. Mengurus Legalitas Perusahaan

Salah satu tugas yang termasuk ke dalam lingkup staff operasional yaitu mengurus legalitas perusahaan secara langsung ke lembaga pemerintah. Tugas ini terbilang tidak sulit. Namun, tetap saja membutuhkan waktu dan juga tenaga yang tidak sedikit dalam melaksanakannya.

4. Mengurus Perizinan Perusahaan

Hampir serupa dengan poin di atas. Perbedaannya yaitu tugas ini biasanya akan diberikan secara mendadak, sehingga seorang staff operasional harus sigap dan siap di segala kondisi. Ketika perusahaan memberikan perintah untuk mengurus surat-surat yang berhubungan dengan perizinan perusahaan, maka staff operasional harus segera melaksanakannya.

5. Lain-lain

Lain-lain artinya tugas seorang staff operasional tidak terbatas hanya poin-poin yang disebutkan di atas saja. Melainkan bisa juga melakukan tugas lain di luar hal tersebut. Karena itu pekerjaan sebagai seorang staff operasional tidaklah mudah, dan harus sigap, cakap, dan juga cekatan dalam melakukannya.

Tidak jarang seorang staff operasional diharuskan juga untuk bisa design atau mengoperasikan software/tools tertentu di komputer.

Baca juga: Operational Review: Pengertian, Manfaat, Jenis, dan Peranannya

Rata-rata Gaji Staff Operasional

Gaji menjadi hal krusial ketika hendak melamar pekerjaan, agar Anda tidak mendapatkan gaji di bawah standar yang ada, pastikan Anda mencari tahu terlebih dulu mengenai rata-rata gaji staff operasional. 

Lalu, berapakah rata-rata gaji staff operasional?

Rata-rata gaji seorang staff operasional sendiri berkisar di angka 2 juta – 4 juta untuk perusahaan kelas kecil hingga menengah. Lalu untuk perusahaan besar, rata-rata gaji yang didapatkan berkisar di angka 5 juta ke atas.

Perlu diingat bahwa, besaran gaji yang didapatkan tergantung dari pengalaman dan kemampuan dari staff operasional itu sendiri, serta tarif hidup di suatu wilayah tertentu, dan kebijakan dari perusahaan yang bersangkutan. Selain itu, Anda juga bisa melakukan negosiasi gaji saat tahap interview.

Syarat dan Kualifikasi Menjadi Staff Operasional

Seorang staff operasional, tidak dibutuhkan jurusan pendidikan tertentu. Pada dasarnya semua jurusan pendidikan bisa menjadi seorang staff operasional di dalam perusahaan. Namun, tingkat terendah yang bisa ditoleransi yaitu minimal berpendidikan SMA ke atas.

Selain pendidikan, ada beberapa syarat atau kualifikasi yang harus dipenuhi seseorang yang ingin menjadi staff operasional, yakni:

  • Memiliki kemampuan komunikasi yang baik.
  • Sigap, cekatan, dan juga siap dalam menghadapi segala situasi yang mendadak dan butuh tindakan yang cepat.
  • Memiliki kemampuan manajemen waktu yang baik.
  • Memiliki pengetahuan mengenai ilmu administrasi untuk mengurus surat-menyurat perusahaan.
  • Memiliki banyak koneksi.
  • Disiplin dan memiliki kepribadian yang baik.

Tips Lolos Interview Sebagai Staff Operasional

Sebagai informasi tambahan, bagi Anda yang ingin menjadi staff operasional, dan bingung mengenai interview yang akan dilakukan, Anda bisa menyimak beberapa tips dasar berikut ini agar bisa melakukan interview dengan lancar.

  • Perhatikan outfit interview kerja, pastikan berpenampilan rapi, bersih, dan menarik.
  • Sopan dan tunjukan sikap yang baik.
  • Tidak perlu tegang dan jawab pertanyaan dengan santai.
  • Pelajari tanggung jawab dasar dan lingkup kerjanya.
  • Percaya diri dan yakin dengan jawaban Anda sendiri.

Demikian pembahasan lebih jauh mengenai peran staff operasional di dalam sebuah perusahaan.

Dapat disimpulkan bahwa, staff operasional adalah pekerjaan yang kesehariannya mengelola dan mengurus operasional atau kegiatan yang berlangsung di dalam sebuah perusahaan. Karena pekerjaannya yang banyak dan rumit, maka diperlukan kemampuan dan kepribadian yang baik untuk menunjang pekerjaan tersebut.

Tentang Penulis

Picture of Meirza Anggakara
Meirza Anggakara

Memiliki minat dalam pemasaran digital serta senang memberikan pengetahuan terkait dunia kerja di LinovHR dengan penerapan SEO yang baik dan sesuai kaidah mesin pencari
Follow them on Linkedin

Bagikan Artikel Ini :

Related Articles

Newslater

Newsletter

Tentang Penulis

Picture of Meirza Anggakara
Meirza Anggakara

Memiliki minat dalam pemasaran digital serta senang memberikan pengetahuan terkait dunia kerja di LinovHR dengan penerapan SEO yang baik dan sesuai kaidah mesin pencari
Follow them on Linkedin

Artikel Terbaru

Telusuri informasi dan solusi HR di sini!

Subscribe newsletter LinovHR sekarang, ikuti perkembangan tren HR dan dunia kerja terkini agar jadi yang terdepan di industri

Newsletter