outfit interview kerja

Sebelum Interview, Yuk Pahami Outfit Interview Kerja yang Cocok untuk Anda!

Selain berbagai pertanyaan yang akan diajukan ketika wawancara atau interview, pakaian pun menjadi hal yang sering dipusingkan oleh kandidat. Pakaian seperti apa yang baik untuk dijadikan outfit interview kerja

Jawabannya akan bervariasi tergantung pada jenis pekerjaan dan perusahaan yang mewawancarai. Cara Anda berpakaian untuk wawancara memberi perusahaan kesan pertama mereka tentang bagaimana Anda menampilkan diri Anda secara profesional. 

 

 

Untuk lebih lengkap mengenai bagaimana Anda berpakaian saat interview, mari simak ulasan di bawah ini! 

 

Mengapa Outfit Interview Kerja Sangat Penting?

Outfit interview adalah hal yang cukup penting untuk diperhatikan dan juga direncanakan agar Anda terlihat profesional dan juga sopan untuk membicarakan mengenai hal yang penting seputar karir dan bisnis. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa outfit ketika interview merupakan hal yang penting.

 

Menjadi Suatu Penilaian

Penampilan luar Anda dalam sebuah wawancara adalah pandangan pertama perusahaan tentang penilaian Anda.

Jika Anda melamar pekerjaan profesional tingkat tinggi di industri di mana mengenakan pakaian yang disesuaikan adalah norma, hadir dengan menggunakan outfit yang lain dapat menunjukkan bahwa Anda tidak tahu apa yang diatur atau tidak peduli dan Anda terhitung melanggar standar etika di ruang lingkup profesional. 

Demikian juga, jika Anda melamar pekerjaan sebagai guru taman kanak-kanak dan Anda datang ke wawancara dengan pakaian yang terbuka atau tidak sopan, maka Anda menunjukkan bahwa Anda tidak membaca situasi dengan benar.

 

Menunjukkan Profesionalisme

Berpakaian dengan tepat untuk bekerja bukan hanya soal terlihat profesional itu juga merupakan indikasi bahwa Anda menyadari bahwa adanya norma dan standar setempat sehingga hal tersebut perlu diikuti. 

Bahkan jika Anda yakin bahwa Anda harus dinilai berdasarkan bakat dan kemampuan Anda dan bukan berdasarkan penampilan Anda, berpakaian yang sesuai dengan situasi menunjukkan bahwa Anda menghormati atasan dan klien Anda, dan Anda bersedia mengikuti arahan di tempat kerja.

 

Meningkatkan Kepercayaan diri

Berpakaian secara profesional dapat memberi Anda dorongan kepercayaan diri, karena hal ini menempatkan Anda dalam mindset yang sesuai dengan tempat kerja. 

Bahkan disarankan agar Anda mengenakan pakaian kerja untuk wawancara online, karena itu dapat membantu Anda untuk menempatkan Anda di dalam pola pikir yang serius daripada jika Anda melakukan wawancara dengan pakaian tidur atau celana pendek. 

Ketika Anda terlihat dan berpenampilan baik, hal ini memiliki potensi untuk membantu meningkatkan kinerja terbaik Anda.

 

Sebagai Bentuk Hormat

Mengenakan pakaian yang tepat untuk wawancara menunjukkan bahwa Anda serius tentang pekerjaan itu, menghormati waktu pewawancara, dan benar-benar tertarik dengan posisi itu.

Ini juga menunjukkan pemahaman tentang budaya perusahaan, dan menampilkan Anda sebagai seseorang yang akan dengan mudah menyesuaikan diri serta cocok dengan dinamika tempat kerja.

 

Baca Juga: Tips Wawancara Kerja untuk Fresh Graduate, HRD Pasti Terpikat!

 

Tips Outfit Interview Kerja untuk Wanita

outfit interview kerja
Outfit Interview Kerja Wanita

 

Setelah mengetahui seberapa penting bagi Anda untuk berpakaian yang sesuai dan profesional ketika melakukan interview kerja, petting bagi Anda para wanita untuk mengetahui beberapa tips outfit interview kerja wanita yang dapat membantu Anda mendapatkan nilai plus di mata HRD yang mewawancarai Anda. berikut ini adalah ulasannya.

 

1. Kenakan Blazer

Blazer biru navy atau warna netral lain akan terlihat bagus dipadukan dengan blus sederhana atau kemeja polos berkancing. Opsi ini adalah kombinasi pokok yang dapat Anda kenakan dengan celana khaki, rok khaki, dan bahkan jeans berwarna gelap di tempat kerja casual atau untuk wawancara santai.

Rok atau celana panjang yang serasi, atau rok khaki atau celana panjang, melengkapi pakaian ini. Rok khaki adalah tambahan yang bagus untuk pakaian kerja Anda karena dapat dikenakan dengan banyak atasan yang berbeda. Sama halnya seperti blazer, rok khaki juga bisa didandani secara formal atau informal tergantung pada acaranya.

 

2. Kemeja

Kemeja tidak harus selalu dianggap membosankan! Dan Anda tidak perlu membatasi diri pada warna dasar baik itu putih, biru, atau merah muda. Anda dapat bereksperimen dengan kain, seperti sifon sutra tipis yang sangat cocok apabila dipadupadankan dengan apapun. Cobalah berkreasi dengan warna juga.

Saat Anda berbelanja kemeja, ingatlah bahwa garis lehernya harus sederhana dan tidak terlalu rendah. Ini juga merupakan ide yang baik untuk menjaga kemeja Anda untuk dimasukkan ke dalam celana atau rok, kecuali potongan dari kemeja tersebut memiliki gaya yang dirancang untuk tidak diselipkan.

 

3. Blus dengan Detail Menarik

Blus seperti yang dimaksud di sini adalah blus dengan pita yang dapat membuat tampilan yang elegan, dan dapat dilengkapi dengan rok atau celana panjang. Tambahkan ikat pinggang tipis untuk sentuhan detail yang membuat atasan menonjol. 

Rok yang terbuat dari kain yang menarik atau rok pensil hitam sederhana adalah cara yang bagus untuk membuat tampilan profesional. Anda juga bisa menambahkan jaket untuk mempercantik tampilan.

 

4. Gaun Hitam dan Stocking

Sebuah gaun hitam adalah ciri khas dari pakaian bisnis yang sederhana namun menarik. Berinvestasilah pada gaun berkualitas yang menyentuh lutut. Gaun dengan potongan terstruktur dan detail yang bagus dapat membuat Anda terlihat profesional namun tetap modern. 

Untuk memberi tampilan lebih hidup pada pakaian Anda, padukan gaun dengan stocking. Lengkapi pakaian Anda dengan sepasang sepatu hak hitam untuk tampilan bisnis formal klasik yang tak lekang oleh waktu.

 

Baca Juga: Cara Menulis CV Fresh Graduate Tanpa Pengalaman Beserta Contoh!

 

Tips Outfit Interview Kerja untuk Pria

outfit interview kerja
Outfit Interview Kerja Pria

 

Setelah mengetahui outfit interview untuk wanita, maka kali ini akan dibahas dengan lanjut mengenai outfit interview kerja pria yang perlu diketahui dan juga diterapkan dengan baik dan benar.

 

1.Pilih Beberapa Potongan Dasar

Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang atau memeriksa majalah mode dan situs web untuk mencari tahu apa yang akan dikenakan untuk wawancara Anda.

Busana pria relatif mudah, hanya dengan menggunakan beberapa bagian dasar, Anda akan dapat dengan mudah menyusun pakaian yang bergaya, profesional, dan keren.

 

2. Warna dan Lapisan

Dalam kategori formal bisnis, ada banyak sekali aturan berpakaian yang berbeda. Tampilan formal seperti setelan abu-abu, dengan kemeja warna-warni dan sweater di bawahnya, terlihat profesional tetapi tidak terlihat tegang menjadikannya pilihan yang baik untuk semua jenis wawancara.

Pakaian ini modern dan bergaya, tetapi tetap cocok untuk tempat kerja.

 

3. Jaket dan Celana Warna Terang

Blazer khaki tidak seformal jas hitam atau abu-abu. Sehingga hal ini adalah pilihan yang bagus karena melintasi batas antara bisnis kasual dan bisnis formal. Outfit ini juga dapat disesuaikan.

Dikenakan dengan dasi, menjadi cenderung formal bisnis, tetapi ketika dikenakan tanpa dasi, menjadi pilihan yang solid ketika Anda tidak yakin dengan kode berpakaian.

 

4. Sweater dan Kemeja

Lapisi sweater dengan kemeja untuk tampilan kasual bisnis yang paling dapat diandalkan. Warna-warna netral seperti coklat, hitam, dan biru tua adalah pilihan yang baik untuk sweater, karena warnanya cocok dengan berbagai warna kemeja, termasuk biru muda, merah muda, kuning, hijau, atau kemeja putih berkancing di sini.

Padukan atasan berlapis dengan celana khaki, chino abu-abu, atau bahkan jeans berwarna gelap.

 

Demikianlah beberapa hal yang dapat Anda jadikan pedoman ketika Anda bingung mengenai outfit interview kerja. Penampilan Anda akan membentuk kesan pertama yang baik bagi recruiter. Semoga artikel ini bermanfaat!