Pertanyaan saat interview

Pertanyaan interview Kualitas Tinggi ala 5 Pakar SDM Dunia

Pertanyaan saat interview kerja merupakan satu dari beberapa proses rekruitmen yang perlu dilakukan perusahaan agar bisa mendapatkan karyawan sesuai dengan kualifikasi. Di samping itu, baik pewawancara dan yang diwawancarai (pelamar kerja) juga harus sama-sama menyiapkan apa yang dibutuhkan saat sesi interview kerja
berlangsung.

Pewawancara harus menyiapkan pertanyaan apa saja yang diperlukan sementara yang diwawancarai atau pelamar kerja harus bisa menyiapkan jawaban atas pertanyaan yang diajukan. Beberapa pertanyaan seperti “Apa pengalaman kerja Anda?”, “Berapa jumlah anggota keluarga Anda?” mungkin bisa dijawab dengan mudah. Namun
tentunya ada pertanyaan lain yang akan diajukan perusahaan lebih dari pada itu.
Mungkin saja perusahaan juga mengambil referensi pertanyaan dari para pakar SDM dunia.

Berikut ini adalah pertanyaan interview kualitas tinggi ala pakar 5 SDM dunia:

 

1. Tujuan Karir Jangka Panjang: Steve Pritchard, Konsultan HR di giffgaff

Pertanyaan saat interview

“Bagaimana Anda berencana mengukur keberhasilan dalam peran (jabatan) ini?”
Pertanyaan yang diajukan berfokus pada tujuan karir pelamar jangka panjang. Pertanyaan ini akan membantu pewawancara dan yang diwawancarai mengetahui ukuran kecocokan dalam peran yang akan dipegang nantinya.

 

2. Perencanaan Karir: Christine Chung, Senior Talent Manager at Fueled

Pertanyaan saat interview

“Apa harapan Anda untuk peran (jabatan) ini selama kurun waktu tertentu, 30 hari pertama, 60 hari, tahun?”
Pertanyaan yang diajukan berfokus pada perencanaan karir dalam kurun waktu tertentu. Perusahaan tentunya membutuhkan seseorang yang cukup ambisius dalam memenuhi tanggung jawab kerjanya, bila memang diperlukan.

 

3. Latar Belakang, Ketegasan, Kedewasaan: Sean Killian, Pemimpin Tim Operasi di Enola Labs Software

Pertanyaan saat interview

Pertanyaan yang diajukan berfokus pada latar belakang, ketegasan, kedewasaan serta keinginan dari kedua pihak yang sedang melakukan sesi interview kerja. Pertanyaan juga berguna untuk menghindari adanya kesalahan pahaman dan hambatan dalam pekerjaan. Misal dengan memberikan pertanyaan “Bagaimana agar perusahaan tidak ragu menerima Anda?”

 

Baca Juga :Awas Ini 7 Pertanyaan Interview Yang Menjebak

 

4. Gaji atau Penghasilan: Paige NeJame, Owner dari CertaPro Painters

hubungan karyawan

“Berapa banyak yang bisa saya harapkan dari pekerjaan ini?”
Pertanyaan ini bisa diajukan oleh pencari kerja atau oleh pewawancara dengan mengubahnya menjadi “berapa gaji yang diharapkan?”. Masalah gaji memang menjadi topic yang tabu, namun Anda perlu ingat bahwa ini adalah sesi interview kerja yang memang harus terpenuhi hak dan kewajiban, bukan hanya sekedar hobi.

 

5. Pengetahuan Perusahaan: Michael O’Leary, CEO HRMRecruit

pertanyaaan interview

Pertanyaan akan berfokus pada pengetahuan mengenai perusahaan atau salah satu departemennya. Interview kerja ini bisa diajukan ketika melakukan pemindahan departemen karyawan dalam perusahaan dengan mengajukan pertanyaan, “Bagaimana deskripsi gaya manajemennya?”

 

Itulah beberapa pertanyaan saat interview yang telah dibuat oleh ala 5 pakar Sumber Daya Manusia  dunia, Anda sendiri bagaimana, apakah sudah menerapkanya atau memiliki pertanyaan lain saat melakukan interview ?