negosiasi gaji

7 Pertanyaan untuk Bantu Negosiasi Gaji Anda

Pembahasan terkait gaji dan negosiasinya mungkin masih dianggap terlalu tabu bagi beberapa orang. Oleh karena itu banyak orang yang memilih untuk menghindari perbincangan atau obrolan terkait besaran gaji dengan orang lain. Bahkan, dalam survei yang dilakukan New Norm @Work dan dipaparkan dalam Washington Post,  di mana melibatkan 15.000 responden dari 19 negara di dunia ini, ada sekitar 73 persen pekerja yang mengemukakan rasa kurang nyaman saat memulai obrolan terkait upah / gaji mereka di tempat kerja.

Padahal bila diusut lebih lanjut sesuai dengan studi yang dilakukan oleh David Card dkk, bertajuk “Inequality at Work : The Effect of Peer Salaries on Job”, ditemukan fakta bahwa keterbukaan terhadap diskusi dan negosiasi terkait gaji dapat menjadi salah satu solusi dari maraknya kesenjangan upah. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang dapat membantu Anda saat memulai untuk negosiasi gaji, antara lain :

 

Apakah Anda Terbuka untuk Diskusi Terkait Gaji?

Pertanyaan ini tentu penting digunakan sebagai pertanyaan awal saat Anda menginginkan diskusi terkait gaji lebih lanjut. Dibandingkan dengan langsung meminta untuk segera bernegosiasi perihal gaji, tentu akan lebih sopan bila Anda memberikan cukup waktu dan memulai dengan pertanyaan yang lebih ringan sebelum membahas topik tentang gaji yang dianggap cukup sensitif ini. Melempar pertanyaan terkait kesediaan untuk berdiskusi tentu akan membuat Anda memahami respons lebih lanjut dari atasan dan membantu Anda mempersiapkan pertanyaan yang tepat untuk tahap diskusi berikutnya.

 

Baca Juga: Tahap Negosiasi Gaji, Lakukan 7 Hal ini Agar Tidak Menyesal

 

Apakah Terdapat Peluang untuk Melakukan Negosiasi?

Saat atasan memberikan respons positif terkait kemungkinan diskusi, ada baiknya bila Anda melanjutkan pertanyaan pada ada tidaknya peluang untuk melakukan negosiasi terkait gaji yang ditawarkan. Salah satu hal penting yang perlu Anda perhatikan bila atasan Anda memberikan isyarat bersedia negosiasi adalah pertimbangkan bahwa permintaan Anda cukup masuk akal dan patut untuk dipertimbangkan. 

 

Kapan dan bagaimana selanjutnya gaji akan ditinjau kembali?

Bila atasan memberikan isyarat bahwa Anda tidak dapat melakukan negosiasi gaji, Anda dapat mengajukan pertanyaan lanjutan ini. pertanyaan ini akan memberikan gambaran bagi Anda terkait adanya kemungkinan peningkatan gaji di masa mendatang. Beberapa perusahaan umumnya akan menawarkan peningkatan gaji setelah masa percobaan, yaitu berkisar antara 3 – 6 bulan masa kerja. Jawaban terkait hal ini tentu akan membuat Anda lebih mudah dalam memproyeksikan diri bila bekerja di perusahaan tersebut.

 

Baca Juga: Bolehkah Memperpanjang Masa Probation?

 

Apakah Terdapat Bonus Bulan Ke-13?

Beberapa industri mungkin telah familier dengan adanya bonus bulan ke 13 bagi para karyawannya, namun beberapa di beberapa industri lain, pemberian bonus ini mungkin bukanlah hal yang diterapkan. Agar hal terkait bonus tak hanya sebatas pertanyaan, Anda dapat mengajukan pertanyaan ini sebagai pertanyaan lanjutan saat negosiasi gaji. Beberapa perusahaan mungkin tidak menerapkan bonus bulan ke 13, namun memberikan bonus kinerja. Hal ini tentu dapat menjadi pertimbangan Anda sebelum mengambil kontrak.

 

Baca Juga: Macam- Macam Bonus Tahunan Bagi Karyawan Di Indonesia

 

Adakah Manfaat Lain yang Ditawarkan?

Tak hanya seputar gaji dan bonus, Anda juga dapat mengajukan pertanyaan terkait dengan manfaat atau fasilitas apa saja yang diberikan oleh perusahaan bagi karyawannya. Misalnya saja terkait jadwal kerja yang fleksibel, adanya jaminan kesehatan karyawan, atau mengenai tunjangan biaya bila pekerjaan melibatkan perjalanan.

 

Bisakah Memperoleh Penawaran / Negosiasi Gaji Secara Tertulis?

Saat berdiskusi dan atasan memberikan penawaran atau negosiasi gaji, tentu hal ini akan disampaikan secara lisan. Namun akan lebih baik bila Anda meminta salinan penawaran tersebut secara tertulis serta ditandatangani pejabat yang berwenang sebagai autentifikasi. Dokumentasi secara resmi ini cukup penting karena dapat mengikat dan memiliki kekuatan hukum bila suatu saat terjadi perselisihan.

 

Kapan Kira–kira Saya Akan Mendapatkan Kabar Lebih Lanjut dari Anda?

Pertanyaan ini dapat Anda kemukakan selanjutnya. Mungkin Anda memang ingin segera bekerja dan berpenghasilan, namun terkadang pihak perusahaan memerlukan sedikit jeda waktu untuk berpikir dan mempertimbangkan hasil diskusi dengan Anda. Oleh karena itu, baiknya Anda tidak buru – buru dan memberikan pertanyaan terbuka terkait pemberian kabar lebih lanjut dari perusahaan yang bersangkutan.

Dengan mengajukan pertanyaan diatas, anda dapat memiliki gambaran yang jelas mengenai pekerjaan yang anda terima dan mengurangi tingkat ketidakpuasan dikemudian hari.