Program Kesejahteraan Karyawan: Pengertian, Tujuan dan Manfaat

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

program kesejahteraan karyawan
Isi Artikel

Tidak bisa dipungkiri bahwa karyawan merupakan aset terpenting dari sebuah perusahaan. Setiap karyawan memegang peranan penting dalam kemajuan dan keberlangsungan hidup perusahaan.

Maka dari itu penting sekali untuk selalu memperhatikan kesejahteraan karyawan dengan tepat. Karyawan yang merasa nyaman dengan lingkungan kerjanya, akan mempengaruhi produktivitas kerja dari karyawan itu sendiri.

Secara tidak langsung, karyawan yang sejahtera akan membuat perusahaan untuk berkembang dan lebih cepat dalam mencapai tujuannya.

Kali ini kita akan membahas mengenai program kesejahteraan karyawan yang mampu meningkatkan kualitas kerja dari karyawan itu sendiri. Simak selengkapnya!

 

 

Pengertian Kesejahteraan Karyawan

Kesejahteraan karyawan (Employee Wellbeing) adalah timbal balik yang dilakukan oleh perusahaan sebagai balas jasa kepada karyawan untuk meningkatkan kenyamanan serta produktivitas karyawan di luar gaji atau upah.

Berdasarkan survei dari Metlife, sekitar 74% responden mengatakan bahwa kesejahteraan karyawan yang terjamin akan berdampak besar terhadap masa depan perusahaan.

Untuk ketahui lebih jauh mengenai tujuan dan manfaat kesejahteraan karyawan dan program apa saja yang dapat diberikan perusahaan kepada karyawan, berikut pembahasannya.

 

Tujuan dan Manfaat dari Kesejahteraan Karyawan

Tujuan dan manfaat yang bisa didapatkan dari kesejahteraan karyawan adalah:

  1. Karyawan merasa bahagia dan juga puas dengan perusahaan.
  2. Work-Life Balance dari karyawan terjaga dengan baik.
  3. Karyawan akan setia pada perusahaan.
  4. Karyawan memiliki kebebasan untuk mengeksplorasi lebih kemampuan dan keinginannya dalam berkarir.
  5. Meningkatkan motivasi kerja yang dimiliki oleh setiap karyawan.

 

5 Program Kesejahteraan Karyawan

jenis Program Kesejahteraan Karyawan
Program Kesejahteraan Karyawan

 

Ada beberapa jenis atau contoh program kesejahteraan karyawan. Apa saja itu?

 

1. Pinjaman Karyawan

Program pinjaman karyawan adalah program yang memungkinkan karyawan untuk mendapatkan pinjaman uang dari perusahaan tempat mereka bekerja. Pinjaman ini biasanya dibayarkan melalui potongan gaji.

Program ini bertujuan untuk membantu karyawan mengatasi kebutuhan keuangan mendesak atau untuk mencapai tujuan finansial tertentu.

Manfaatnya tentu dapat memberikan akses cepat dan mudah ke dana tambahan kepada karyawan.

 

2. BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan

Program BPJS Kesehatan dan ketenagakerjaan adalah program pemerintah Indonesia yang memberikan perlindungan sosial dalam bidang kesehatan dan ketenagakerjaan kepada seluruh penduduk Indonesia.

BPJS Kesehatan memberikan akses pelayanan kesehatan dan perlindungan keuangan bagi peserta, sedangkan BPJS Ketenagakerjaan memberikan perlindungan bagi tenaga kerja terkait risiko kecelakaan kerja, kecelakaan lalu lintas, dan manfaat pensiun.

Manfaatnya termasuk akses pelayanan kesehatan yang terjangkau dan merata bagi seluruh peserta serta perlindungan finansial dalam situasi kecelakaan kerja atau kehilangan pekerjaan.

 

3. Cuti Karyawan

Program cuti karyawan adalah kebijakan yang memungkinkan karyawan untuk mengambil waktu istirahat dari pekerjaan mereka dengan tetap mendapatkan upah.

Cuti karyawan dapat mencakup cuti tahunan, cuti sakit, cuti hamil, cuti melahirkan, atau jenis cuti lainnya sesuai dengan peraturan perusahaan.

Manfaatnya termasuk memberikan karyawan kesempatan untuk beristirahat, memulihkan energi, dan menjaga keseimbangan kerja-kehidupan pribadi.

 

4. Program Hiburan

Program hiburan karyawan adalah program yang dirancang untuk memberikan kegiatan hiburan dan rekreasi kepada karyawan sebagai bagian dari upaya meningkatkan kesejahteraan mereka.

Contohnya termasuk perjalanan wisata perusahaan, kegiatan olahraga atau timbang rasa, acara pesta tahunan, pertunjukan seni, dan kegiatan sosial lainnya.

Manfaatnya adalah menciptakan ikatan sosial dan kebersamaan antara karyawan, meningkatkan motivasi dan semangat kerja, serta mengurangi stres dan kelelahan yang berkaitan dengan rutinitas pekerjaan.

Program hiburan juga dapat meningkatkan kepuasan kerja dan loyalitas karyawan terhadap perusahaan, memperkuat budaya perusahaan yang positif, serta meningkatkan kolaborasi dan kerjasama di antara tim kerja.

 

5. Profesionalitas

Program profesionalitas yang dimaksud di sini adalah mengacu pada kesejahteraan pengembangan diri dan peningkatan keterampilan karyawan.

Dengan memberikan pelatihan karyawan sehingga skill karyawan dapat meningkat, hal ini juga dapat memastikan bahwa para pemimpin perusahaan dapat terus mengembangkan kemampuan dan loyalitas kerja mereka.

Training online juga bisa menjadi salah satu alternatif untuk menjalankan program ini, karena fleksibel dan sesuai dengan nilai perusahaan.

 

Macam-macam Fasilitas untuk Menunjang Kesejahteraan Karyawan

Guna mengetahui apakah karyawan di sebuah perusahaan sejahtera atau tidak, bisa dilihat melalui macam-macam fasilitas yang diberikan perusahaan kepada karyawan, seperti berikut:

 

  1. Terdapat beberapa fasilitas di dalam kantor, seperti alat kerja, air minum, pantry, tempat olahraga, sanitasi, tempat pengobatan, loker, dan lain-lain,
  2. Lalu fasilitas di luar kantor, seperti loan, asuransi pendidikan, rumah/mes, asuransi kesehatan, asuransi ketenagakerjaan, rekreasi, dan lain-lain.
  3. Adanya cuti berbayar, yang artinya perusahaan tetap membayar karyawan tersebut, meski sedang melakukan cuti. Contohnya cuti melahirkan, cuti kemalangan, sakit, dan lain-lain.
  4. Bonus tahunan, penambahan gaji, atau promosi bila karyawan memiliki performa yang sesuai dengan harapan perusahaan.

 

Baca Juga: Penerapan Employee Wellbeing dapat Meningkatkan Kebahagiaan Karyawan

 

Alasan Perusahaan Perlu Menerapkan Program Kesejahteraan Karyawan

kesejahteraan karyawan
Alasan Perusahaan

 

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa setiap karyawan dari sebuah perusahaan merupakan aset yang penting untuk selalu dijaga.

Dengan menerapkan program ini, diharapkan aset-aset perusahaan tersebut yang mana dalam hal ini adalah karyawan akan menjadi bahagia, sehingga bisa selalu berkontribusi kepada perusahaan dalam mencapai visi dan juga misinya.

Jika karyawan merasa sejahtera, dampaknya pun akan dirasakan oleh perusahaan. Gambaran sederhananya yaitu karyawan yang sejahtera akan memiliki produktivitas kerja yang baik, sehingga kontribusinya terhadap perusahaan akan semakin besar.

Dengan begitu akan berdampak pula pada keuntungan perusahaan yang mengalami peningkatan.

Selain hal-hal di atas, ada alasan lain kenapa perusahaan perlu menerapkan program kesejahteraan karyawan ini.

 

1. Mengurangi Turnover

Sudah menjadi rahasia umum bahwa karyawan yang tidak merasa puas dan bahagia di dalam suatu perusahaan akan keluar dan mencari perusahaan baru yang lebih baik.

Berkaca dari kasus tersebut, maka dengan menerapkan program ini di dalam perusahaan, bisa mengurangi angka turnover tersebut.

Dengan berkurangnya tingkat turnover, perusahaan tidak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk mencari kandidat baru untuk mengisi posisi yang kosong.

 

2. Mampu Meningkatkan Penjualan

Karyawan yang sejahtera bisa meningkatkan penjualan dari sebuah perusahaan. Hal ini berhubungan dengan kepuasan dari karyawan itu sendiri, sehingga produktivitas kerjanya meningkat dan mampu untuk meningkatkan penjualan perusahaan.

Salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan memberikan kenaikan upah atau gaji kepada karyawan. Hal tersebut bisa menjadi motivasi bagi karyawan untuk terus bekerja dengan baik dan meningkatkan produktivitasnya.

 

3. Meningkatkan Employer Branding

Karyawan yang sejahtera mampu untuk membangun employer branding yang kuat. Sehingga nantinya reputasi perusahaan akan mengalami peningkatan, baik dimata para pencari kerja, karyawan yang bekerja saat ini, dan juga para pemegang kepentingan di perusahaan tersebut.

Employer Branding yang kuat mampu menarik kandidat-kandidat potensial yang memiliki kompetensi luar biasa untuk melamar atau bekerja di perusahaan Anda.

Hal itu bisa mempengaruhi SDM yang Anda miliki untuk mampu bersaing dengan kompetitor bisnis Anda.

 

Baca Juga: Cara Mengembangkan Employer Branding

 

4. Meningkatkan Moral dari Karyawan

Setiap karyawan yang bekerja pasti ingin kebutuhan dan kesejahteraannya diperhatikan oleh perusahaan. Perusahaan yang memberikan perhatian lebih pada hal ini, akan mampu untuk meningkatkan moral dari setiap pekerjanya.

Ketika moral yang dimiliki oleh setiap karyawannya tinggi, maka hal tersebut akan memotivasi mereka dan mempengaruhi semangat bekerja dan loyalitas karyawan kepada perusahaan.

 

5. Kinerja Karyawan Meningkat

Karyawan yang bahagia akan memiliki semangat dan motivasi yang tinggi dalam bekerja. Kedua hal tersebut tentunya merupakan dasar penting dalam meningkatkan kinerja seorang karyawan.

Oleh sebab itu, penting sekali untuk selalu memperhatikan kesejahteraan karyawan guna mendongkrak kinerja yang mereka miliki.

 

Baca juga: Mengelola Kualitas Tenaga Kerja Untuk Peniingkatan Bisnis

 

Cara Meningkatkan Kesejahteraan Karyawan

Agar karyawan merasa sejahtera dan bahagia selama bekerja, perusahaan perlu untuk melakukan beberapa hal berikut ini.

 

1. Mengurangi Tekanan Kerja

Tekanan yang tinggi dalam dunia kerja tentunya akan membuat para karyawan di perusahaan menjadi stres dan tidak bahagia. Dampak yang ditimbulkan yaitu karyawan menjadi tidak sejahtera dan merasa tertekan selama bekerja.

Langkah yang bisa diambil oleh perusahaan yaitu dengan membatasi jam kerja dan waktu lembur, memberikan sedikit keleluasaan kepada karyawan dalam menyelesaikan suatu pekerjaan, atau mengadakan acara khusus bersama karyawan untuk mengurangi tingkat stres yang ada selama bekerja.

 

2. Memperhatikan Lingkungan Kerja

Kantor adalah rumah kedua bagi setiap karyawan. Hampir seharian seorang karyawan berada di kantor untuk bekerja setiap harinya.

Maka dari itu sangat penting sekali untuk menciptakan lingkungan kerja yang bersih, nyaman, dan juga aman bagi para karyawan.

Mengingat karyawan adalah aset yang penting bagi perusahaan, maka perusahaan harus memperlakukan karyawan sebagai faktor penting yang harus diperhatikan dengan baik hak dan juga kebutuhannya.

Cara yang bisa dilakukan yaitu dengan memberikan fasilitas di dalam kantor yang baik, seperti kursi dan bangku yang nyaman, konektivitas atau wifi yang cepat, pantry, serta toilet bersih.

 

3. Kesehatan Karyawan Prioritas Utama

Terjaminnya kesehatan karyawan di perusahaan merupakan hal yang harus dipenuhi oleh setiap pelaku bisnis.

Adanya fasilitas kesehatan seperti tempat untuk melakukan check-up atau tempat untuk pertolongan pertama apabila terjadi sesuatu pada karyawan bisa menjadi nilai tambah untuk kesejahteraan karyawan.

Dengan terjaminnya kesehatan dan adanya bentuk kepedulian dari perusahaan kepada karyawan, maka akan membuat karyawan merasa diperhatikan dan dianggap penting oleh perusahaan.

 

Baca juga: 7 Succession Planning Templates yang Bisa HR Pergunakan

 

Software HR dari LinovHR Mampu Kelola Berbagai Program Kesejahteraan Karyawan

Aplikasi Absensi Online
Software HR & LinovESS dari LinovHR

 

Mudahkan pengelolaan program kesejahteraan karyawan Anda dengan software HRIS dari LinovHR.

Terkait hak karyawan mengenai cuti, LinovHR memiliki modul time management yang di dalamnya terdapat fitur Leaves. Dalam fitur ini, karyawan bisa melihat kuota cuti mereka dan langsung mengajukannya. Nantinya, atasan atau leader akan tinggal meng-approve pengajuan mereka.

Terdapat fitur Reimbursement yang dapat memudahkan proses pengajuan klaim reimburse karyawan. Reimburse yang biasanya diajukan biasanya meliputi asuransi kesehatan atau BPJS, uang lembur dan lain-lain.

Selain itu, terdapat juga fitur Payroll Component dari Software LinovHR yang dapat membantu perusahaan Anda dalam mengelola komponen payroll yang diterima oleh karyawan, seperti gaji pokok, tunjangan transport, tunjangan makan, BPJS, maupun bonus dengan mudah.

Bila perusahaan Anda mempunyai fasilitas pinjaman bagi karyawan yang memiliki masalah keuangan, maka fitur Loan dari LinovHR bisa menjadi solusinya!

Fitur ini akan membantu Anda mengatur secara sistematis proses peminjaman karyawan mulai dari permintaan hingga pelunasannya.

Sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan tenaga lebih untuk melakukan pengaturan dan perhitungan secara manual.

 

LinovHR

 

Itulah pembahasan mendalam mengenai program kesejahteraan karyawan yang penting bagi perusahaan dalam meningkatkan kualitas kerja.

Mengingat bahwa kenyamanan dalam bekerja itu sangat penting, maka Anda sebagai pelaku bisnis perlu untuk mempertimbangkan program ini untuk diterapkan pada bisnis Anda.

Selain membuat karyawan Anda menjadi lebih produktif dan bahagia, program ini juga mampu untuk meningkatkan keuntungan dan perkembangan perusahaan Anda ke depannya.

Coba demo gratis Software HRIS LinovHR sekarang juga!

Tentang Penulis

Picture of Meirza Anggakara
Meirza Anggakara

Memiliki minat dalam pemasaran digital serta senang memberikan pengetahuan terkait dunia kerja di LinovHR dengan penerapan SEO yang baik dan sesuai kaidah mesin pencari
Follow them on Linkedin

Bagikan Artikel Ini :

Related Articles

Newslater

Newsletter

Tentang Penulis

Picture of Meirza Anggakara
Meirza Anggakara

Memiliki minat dalam pemasaran digital serta senang memberikan pengetahuan terkait dunia kerja di LinovHR dengan penerapan SEO yang baik dan sesuai kaidah mesin pencari
Follow them on Linkedin

Artikel Terbaru

Telusuri informasi dan solusi HR di sini!

Subscribe newsletter LinovHR sekarang, ikuti perkembangan tren HR dan dunia kerja terkini agar jadi yang terdepan di industri

Newsletter