kualitas tenaga kerja

Mengelola Kualitas Tenaga Kerja untuk Peningkatan Bisnis

Salah satu faktor utama dalam keberhasilan perusahaan adalah terjaganya kualitas tenaga kerja. Agar kualitas ini bisa tetap terjaga dengan baik, tentunya perusahaan khususnya divisi HRD harus melakukan pengelolaan yang baik pada seluruh tenaga kerja.

 

Pentingnya Tenaga Kerja atau SDM dalam Perusahaan

Tanpa adanya tenaga kerja, perusahaan tidak bisa menjalankan proses bisnisnya. Maka dari itu, inilah beberapa alasan mengapa tenaga kerja atau sumber daya manusia sangat penting dalam perusahaan.

 

Membantu Perusahaan dalam Mewujudkan Tujuannya

Berdirinya perusahaan pastinya memiliki tujuan serta visi dan misi. Namun, semua itu tidak bisa diwujudkan jika dilakukan secara sendiri. Untuk itu, perusahaan membutuhkan SDM untuk menyumbangkan keahliannya dalam mewujudkan tujuannya.

 

Membantu dalam Meningkatkan Daya Saing Perusahaan

Skill yang dimiliki tiap tenaga kerja pastinya berbeda-beda satu sama lainnya. Dengan adanya perbedaan inilah perusahaan bisa meningkatkan daya saing perusahaan. Karena segala jenis perbedaan kemampuan yang mereka miliki inilah perusahaan bisa menggerakan pekerjaan di  segala bidang.

 

Perusahaan Bisa Lebih Berinovasi

Perusahaan memiliki banyak karyawan dari segala jenis umur, generasi, dan latar belakang yang berbeda-beda. Selain itu, mereka juga memiliki pemikiran, ide, serta kreativitas yang beragam. Jika setiap karyawan bisa menyumbangkan ide baiknya, hal ini akan membuat perusahaan bisa lebih berinovasi dan mengikuti perkembangan zaman sehingga dapat memenuhi kebutuhan konsumen.

 

Menjaga Nama Baik Perusahaan

Tenaga kerja atau SDM adalah menjadi pihak yang akan bertemu dengan klien atau rekan kerja saat sedang melaksanakan hubungan kerja. Dengan kualitas SDM yang baik, pastinya hubungan kerja tersebut bisa berjalan dengan lancar. Sehingga pihak luar yang sedang menjalin kerja sama ini akan beranggapan baik kepada perusahaan.

 

Baca Juga : Pengelolaan Performa Karyawan dengan Sistem Manajemen Kinerja 

 

Cara Meningkatkan Kualitas Tenaga Kerja

Karyawan memiliki peran yang besar dalam kesuksesan perusahaan. Maka dari itu, divisi HRD juga memiliki tanggung jawab untuk menjaga dan meningkatkan kualitas tenaga kerja di perusahaan. Untuk itu terdapat berbagai cara yang bisa dilakukan.

 

Mengadakan Program Pelatihan Karyawan

Pelatihan karyawan merupakan upaya perusahaan untuk meningkatkan skill karyawan dengan cara memberikan materi-materi yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Selain bertujuan untuk meningkatkan skill, pelatihan karyawan juga dapat menumbuhkan bakat-bakat baru yang terpendam untuk diaplikasikan pada pekerjaan. 

 

Melakukan Penilaian Karyawan Secara Rutin

Selain pelatihan, penilaian karyawan yang dilakukan secara rutin akan mengetahui progress atau grafik kinerja karyawan selama 1 periode kerja. Dari sini, perusahaan atau HRD dapat melihat apakah terdapat peningkatan atau justru penurunan kinerja. Dengan begitu, HRD bisa menentukan langkah yang tepat dalam hal pengelolaan tenaga kerja yang ada di perusahaan.

 

Adakan Diskusi

Kegiatan diskusi adalah proses pertukaran pikiran antara sesama karyawan atau karyawan dengan manajer untuk menghasilkan suatu keputusan. Dengan melakukan kegiatan diskusi ini, setiap karyawan akan mengutarakan pendapatnya satu sama lain dan berusaha untuk merumuskan solusi terbaiknya. Sehingga, hal ini dapat meningkatkan kerja sama karyawan yang baik untuk menyelesaikan target kerja.

 

Jangan Lupa Berikan Free Time!

Karyawan memang memiliki tanggung jawab untuk menyelesaikan pekerjaan dan memberikan hasil yang maksimal untuk perusahaan. Namun, jangan lupakan bahwa mereka adalah manusia yang membutuhkan waktu untuk beristirahat. Karena ketika mereka selalu dipaksa untuk bekerja sehari penuh tanpa adanya free time atau istirahat hanya akan meningkatkan stress dan penurunan produktivitas karyawan.

Selain 4 cara diatas, pemanfaatan alat teknologi saat ini menjadi hal yang paling dibutuhkan oleh perusahaan dalam hal meningkatkan kualitas dan kapabilitas SDM. Salah satu yang bisa menjadi andalan perusahaan adalah Modul Performance Management dari Software HRD LinovHR.

 

Baca Juga : Manfaat Performance Assessment pada Kinerja Karyawan

 

Modul Performance Management adalah suatu aplikasi untuk penilaian kinerja karyawan yang berbasis web. Aplikasi ini dapat membantu perusahaan khususnya HRD dalam menganalisa performa karyawan secara terukur.

Melalui modul ini, Anda bisa melakukan berbagai kegiatan seperti review, penilaian kinerja, feedback, dan manajemen tujuan dengan memanfaatkan berbagai fitur yang terdapat didalamnya.

Proses yang dilakukan secara otomatis ini akan memberikan hasil yang akurat dan terukur sehingga perusahaan bisa lebih mudah dalam menentukan keputusan.

 

Software HRD LinovHR, Solusi dalam Pengelolaan Tenaga Kerja Perusahaan

 

software hris

 

Penggunaan software HRD seperti halnya LinovHR dapat mengoptimalkan kinerja HRD dalam pengelolaan dan pengembangan karyawan. Selain Modul Performance Management, LinovHR menyediakan berbagai fitur dan modul lain yang bisa perusahaan gunakan.

Modul yang tersedia pada Software HRD LinovHR akan siap membantu perusahaan untuk menghilangkan kompleksitas SDM dan memperbaiki kualitas perusahaan dan tenaga kerja. Modul-modul tersebut antara lain:

  • Payroll untuk proses penggajian karyawan
  • Recruitment untuk proses rekrutmen dalam mencari bakat-bakat terbaik
  • Competency Management yang memudahkan dalam pengelolaan kompetensi pada tiap unit kerja
  • Time Management untuk membuat jadwal kerja dan absensi secara online
  • Succession Management berfungsi untuk mengelola segala hal yang berkaitan pada program sukses perusahaan
  • Loan untuk mengelola fasilitas pinjaman perusahaan
  • Learning and Development sebagai modul untuk mengadakan program pelatihan dan pengembangan karyawan

 

Semua modul tersebut bisa diakses secara online dan dapat dikerjakan secara otomatis sehingga pekerjaan bisa lebih efektif dan efisien. Selain itu semua data juga akan tersimpan dengan tingkat keamanan yang tinggi.

Itu tadi adalah pembahasan mengenai pengelolaan kualitas SDM atau tenaga kerja agar bisnis perusahaan bisa lebih meningkat. Peningkatan kualitas ini akan melibatkan beberapa pihak yang terkait dan juga agar proses tersebut bisa lebih mendapatkan hasil yang maksimal, perusahaan bisa memanfaatkan modul Performance Management dari LinovHR agar performa serta kualitas tenaga kerja bisa lebih ditingkatkan.