program menghitung gaji karyawan

Rekomendasi Terbaik Program untuk Menghitung Gaji Karyawan

Pada umumnya, program menghitung gaji karyawan dilakukan dengan menggunakan bahasa pemrograman yang rumit yang tidak bisa dimengerti orang awam. Namun, tahukah Anda bahwa saat ini ada program untuk menghitung gaji karyawan berbasis software yang bisa diakses di web dan lebih user friendly?

Program ini dikembangkan untuk menjawab kebutuhan perusahaan akan kemudahan perhitungan gaji karyawan. Seperti yang sama-sama kita tahu, proses penghitungan gaji karyawan menjadi hal penting yang harus diperhatikan karena menyangkut hak karyawan.

Setiap bulannya, HR akan melakukan perhitungan gaji karyawan sesuai dengan komponen payroll yang telah ditetapkan. Proses itu membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Belum lagi bila ada kesalahan hitung yang membuat proses payroll menjadi semakin panjang dan melelahkan.

Oleh karena itu, perusahaan perlu menggunakan program menghitung gaji karyawan yang mudah, akurat, dan cepat. Untuk menjawab itu, mari simak rekomendasi program penghitung gaji karyawan dari LinovHR!

 

Software Payroll LinovHR- Program Menghitung Gaji Karyawan

Menghitung gaji karyawan selalu menjadi mimpi buruk HR menjelang akhir bulan. Hal ini karena proses menghitung gaji tidaklah sesederhana kelihatannya.

Namun, sekarang ini untuk mempermudah perhitungan gaji karyawan perusahaan dapat menggunakan software payroll. Software payroll adalah suatu sistem pengelolaan perhitungan gaji yang dibuat untuk membuat proses penggajian lebih mudah, cepat, dan akurat.

Saat ini sudah banyak software payroll sebagai program menghitung gaji karyawan. Namun, tidak semua software itu sama dan dapat menjawab kebutuhan perusahaan dalam menghitung gaji.

Rekomendasi software payroll terbaik yang bisa diandalkan adalah Software Payroll LinovHR. Dalam Software Payroll LinvoHR, Anda akan dimanjakan dengan kemudahan, kecepatan, dan ketepatan dalam masalah perhitungan gaji. Hal ini karena software LinovHR didukung dengan berbagai fitur-fitur canggih, seperti:

 

Aplikasi Absensi Online
Software Payroll LinovHR

 

1. Bank Payroll

Pertama, ada fitur Bank Payroll. Fitur ini memberikan Anda kemudahan dalam menyimpan data dan informasi terbaru tentang bank yang digunakan karyawan untuk pembayaran gajinya. 

Untuk perusahaan yang menerapkan sistem penggajian perlu ditransfer ke istri atau sanak keluarga, kehadiran fitur ini akan sangat membantu karena semua data bank penerima gaji akan tercatat dengan rapi sehingga memudahkan saat tanggal gajian tiba.

 

2. Payment Method

Dalam program menghitung gaji karyawan, Software Payroll LinovHR memiliki menu Payment Method. Dengan fitur ini, Anda dapat menyimpan seluruh metode pembayaran gaji yang digunakan dalam transaksi keuangan perusahaan. 

Fitur ini memungkinkan Anda untuk merinci dengan cara apa gaji karyawan dibayarkan, melalui Bank apa, dan apakah prosesnya sudah dilakukan apa belum.

Fitur Payment Method ini akan membantu Anda memastikan bahwa setiap karyawan sudah menerima gaji sesuai dengan haknya.

 

3. Payroll Component

Fitur ini dapat membantu Anda dalam mengelola komponen gaji seperti gaji pokok, tunjangan, BPJS, jaminan pensiun, dan komponen lainnya yang bisa disesuaikan dengan aturan perusahaan. Fitur ini akan sangat membantu dalam proses perhitungan gaji.

 

Baca Juga: Apa Saja Macam Komponen Gaji Karyawan?

 

4. Payroll Group

Apakah perusahaan Anda memiliki periode pembayaran gaji yang berbeda-beda? Jika iya, fitur Payroll Group ini akan sangat membantu Anda. Melalui fitur ini, Anda bisa mengelompokkan penggajian karyawan, kemudian mengatur proses pembayarannya mulai dari tanggal, metode, pajak, sampai mata uang yang digunakan.

 

5. Employee Set

Dalam sebuah perusahaan, umumnya tidak semua karyawan memiliki komponen gaji yang sama. Misalnya perusahaan yang mempekerjakan karyawan kontrak dan karyawan asing tentu memiliki komponen penggajian yang berbeda. Nah, jika seperti ini, menghitungnya secara manual akan lebih melelahkan dan memakan waktu lagi.

Namun jika Anda menggunakan Software Payroll LinovHR, Anda bisa menggunakan fitur Employee Set. Dengan fitur ini, Anda bisa mengatur dan mengelompokkan karyawan sesuai dengan komponen gaji yang telah ditetapkan perusahaan.

 

6. Payroll Process

Fitur ini akan membantu Anda memproses perhitungan payroll sesuai dengan data-data kalkulasi yang ada. Fitur ini menyajikan empat tipe proses yaitu standar untuk perhitungan pada periode berjalan, THR, severance, serta perhitungan  rapel gaji.

 

7. E-Payroll

Fitur ini digunakan untuk membuat laporan payroll. Anda dapat menyesuaikan laporan tersebut sesuai dengan kebutuhan. Misalnya berdasarkan tahun, periode, payroll group, dan lainnya.

 

8. Salary Slip

Tidak hanya membantu dalam proses menghitung gaji, Software Payroll LinovHR juga dilengkapi dengan fitur pembuatan slip gaji otomatis yang bisa langsung diunduh dan dicetak.

Pembuatan slip gaji dapat disesuaikan dengan keperluan, misalnya tahun, periode, atau group.

 

Baca Juga: Contoh Slip Gaji Karyawan Lengkap Format dan Komponen

 

9. Tax Calculator

Dalam komponen gaji, ada juga perhitungan PPh 21. Nah, dengan program menghitung gaji karyawan LinovHR, Anda tidak akan kesulitan lagi dalam menghitung pajak. Sebab, Anda bisa memanfaatkan fitur Tax Calculator untuk melihat simulasi pembayaran pajak karyawan.

 

payroll

 

Fitur-fitur yang ada dalam Software Payroll LinovHR bisa menjadi solusi bagi perusahaan yang selama ini mengalami kesulitan yang berujung kerugian dalam proses menghitung gaji karyawan. Hebatnya lagi, semua fitur yang ada di software payroll ini bisa Anda akses di website, mudah digunakan, dan proses penghitungannya tidak butuh berjam-jam. 

Lalu, bagaimana dengan keamanannya? Tenang saja, Software Payroll LinovHR sudah berbasis cloud sehingga terjamin aman.

Dengan Software Payroll LinovHR, tidak butuh lagi program menghitung gaji karyawan yang rumit. Ingin dapatkan kemudahannya? Gampang, ayo ajukan demo gratis sekarang juga!