promosi produk

Tidak Usah Bingung, Ini Cara Promosi Produk yang Efektif

Memiliki jumlah pelanggan yang besar dan loyal terhadap suatu produk adalah impian setiap pengusaha. Oleh karenanya melakukan promosi produk menjadi aktivitas yang sangat penting bagi setiap perusahaan yang berusaha meningkatkan penjualannya.

Dengan melakukan promosi yang tepat dan efektif, keberadaan suatu produk atau brand akan lebih dikenal oleh masyarakat luas. Keadaan tersebut diharapkan dapat menarik perhatian konsumen sehingga akhirnya mereka membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Hal yang perlu diperhatikan bagi pelaku usaha adalah bagaimana cara mempromosikan produk dengan efektif, sehingga dapat meningkatkan omzet.

Artikel ini akan membahas secara ringkas bagaimana cara mempromosikan produk yang efektif sehingga penjualan Anda semakin meningkat.

 

Pentingnya Melakukan Promosi Produk

Pada dasarnya, promosi adalah seluruh aktivitas yang bertujuan untuk mengkomunikasikan produk, brand atau layanan kepada konsumen. Inti dari aktivitas promosi yaitu membuat orang sadar, tertarik, dan membujuk untuk membeli produk Anda dibanding dengan produk kompetitor.

Promosi produk sangat penting karena setiap perusahaan yang menjual barang atau jasa pasti memerlukan promosi yang efektif untuk meningkatkan penjualannya. Diawali dengan menginformasikan suatu produk, kemudian membuat calon konsumen tertarik untuk membeli hingga akhirnya membujuk agar mereka membeli suatu produk yang ditargetkan.

Selain membuat calon konsumen tertarik terhadap produk yang Anda tawarkan, promosi produk penting untuk membedakan produk Anda dengan produk kompetitor. Promosi dijadikan sarana untuk memperlihatkan kepada konsumen bahwa produk yang Anda jual lebih baik daripada produk kompetitor dengan menonjolkan sejumlah fitur dan manfaat.

Jadi, sejauh Anda dapat mengkomunikasikan produk Anda kepada konsumen dengan efektif merupakan nilai terpenting dari kegiatan promosi. Namun, Anda juga perlu mengetahui bagaimana tips menjalankan promosi yang efektif. Simak terus artikel di bawah ini.

Baca juga: Ingin Produk Laris Manis? Lakukan Riset Pasar!

 

Tips Menjalankan Promosi Produk yang Efektif

Melakukan promosi bukan merupakan hal yang sepele. Promosi harus dilakukan secara akurat dan efektif agar tidak membuang biaya yang diperlukan secara sia-sia. Meskipun demikian, tetap saja masih ada perusahaan yang gagal melakukan promosi karena iklan yang mereka jalankan tidak efektif.

Berikut beberapa cara yang dapat diaplikasikan dalam mempromosikan suatu produk.

 

Memberikan Diskon

promosi produk

Meskipun terdengar kuno, memberikan diskon masih menjadi cara yang efektif dalam melakukan promosi. Anda dapat melakukan diskon dengan menyesuaikan tanggal tertentu seperti hari kemerdekaan, hari ibu, hari valentine, dan lain-lain.

Dengan memberikan diskon secara rutin, Anda akan mendapatkan pengunjung secara konstan karena mereka selalu menunggu potongan harga. Tetapi Anda juga dapat melakukan promosi diskon kapanpun Anda inginkan.

 

Memberikan jaminan garansi

Garansi seringkali dijadikan sebagai nilai tambah dari suatu produk. Untuk mengatasi ketatnya persaingan dengan kompetitor, biasanya suatu brand atau merek memberikan nilai tambah pada produknya dengan garansi.

Garansi yang diberikan pun beragam seperti garansi kualitas, garansi keaslian barang, dan lain-lain. Konsumen tentunya akan memilih produk yang memiliki kualitas terbaik selain daripada harganya yang bersaing.

 

Menjadi sponsor

Salah satu promosi produk yang banyak digunakan saat ini adalah menjadi sponsor pada suatu acara atau event. Tujuannya adalah mengenalkan kepada masyarakat bahwa Anda memiliki brand atau produk yang bernilai namun belum banyak diketahui orang.

Cara menginformasikan produk seperti ini sangat efektif mengingat banyaknya pengunjung di suatu acara sehingga memiliki potensi besar produk Anda dikenal bahkan dibeli oleh konsumen.

 

Mengumpulkan data pelanggan

Menjaga loyalitas pelanggan lebih baik dan efektif dibandingkan berusaha mendapatkan pelanggan baru. Hal ini karena Anda dapat dengan mudah memahami pelanggan yang pernah membeli produk Anda dengan segelintir data yang didapatkan.

Seperti contohnya penggunaan email ketika konsumen membeli suatu produk yang nantinya Anda dapat manfaatkan untuk mengiklankan produk Anda di waktu-waktu tertentu. Anda juga dapat melihat kebiasaan-kebiasaan pelanggan Anda seperti apa yang mereka suka atau tidak untuk dijadikan analisis promosi produk yang tepat.

 

Memanfaatkan media sosial

Menjalankan promosi produk di media sosial menjadi hal yang lumrah saat ini. Lantaran media sosial memiliki begitu banyak pengguna sehingga iklan yang Anda tampilkan pastinya akan mendapatkan impresi dari calon konsumen,

Terdapat beberapa media sosial yang biasa digunakan untuk promosi seperti Facebook, Instagram, TikTok, dan lain-lain. Selain itu, promosi di media sosial seperti ini memiliki biaya yang cukup terjangkau.

Baca juga: Anda Pengusaha? Yuk, Ketahui Lebih Lengkap Soal Manajemen Pemasaran

 

Contoh Promosi Produk

Tentunya dalam melakukan promosi Anda harus dapat memikat calon pelanggan dengan segelintir cara, khususnya dengan penggunaan kalimat-kalimat yang menarik perhatian. Berikut contoh promosi produk yang paling sering digunakan.

 

Menggunakan kalimat ajakan

Kalimat ajakan menjadi salah satu cara yang paling sering digunakan dalam mempromosikan suatu produk. Contohnya seperti “Ayo beli sebelum barang habis!”, “Yuk cari produk yang kalian suka”, “Mari ramaikan toko kami”, dan lain-lain.

Kata-kata tersebut dapat menarik konsumen lebih banyak sehingga penjualan Anda dapat meningkat secara signifikan.

 

Menggunakan unsur desakan

Terkadang konsumen akan lebih cepat membeli tanpa berpikir panjang ketika mereka berada dalam posisi terdesak. Contoh promosi produk menggunakan kalimat desakan seperti “Buruan beli sebelum produk habis!”, “Diskon 70% hanya hari ini saja!”, dan lain-lain.

Kalimat ini efektif untuk memaksa konsumen membeli suatu produk yang Anda jual dalam waktu cepat.

 

Kata yang menarik perhatian

Biasanya kata-kata ini digunakan untuk menarik perhatian pelanggan secara umum. Contohnya seperti “Beli 1 gratis 1”, “Buy 2 get 1”, dan lain-lain. Cara ini masih sangat efektif dilakukan di sebagian besar bidang usaha.

 

Mengandung unsur tantangan

Kalimat tantangan ternyata dapat menarik perhatian konsumen untuk membeli suatu produk. Contohnya seperti “Berani coba sambal terpedas di Indonesia?”, “Buktikan sendiri kualitasnya!”, dan lain-lain. Hal ini tentunya menggugah calon konsumen untuk menerima tantangan dengan mencoba membeli produk yang ditawarkan.

 

Mengandung kalimat garansi

Menjamin produk tertentu dengan sebuah garansi merupakan salah satu cara promosi produk yang baik. Hal ini tentu meningkatkan rasa percaya konsumen terhadap produk yang ditawarkan. Contohnya seperti “Dijamin! Ini harga paling murah”, “Produk dijamin asli”, “Garansi uang balik jika tidak puas”, dan lain-lain.

Baca juga: 8 Tips Ampuh Pemasaran Online Anti Meleset

 

Demikian ulasan mengenai beberapa tips untuk melakukan promosi produk dengan efektif. Anda dapat menerapkan salah satu dari contoh di atas untuk melakukan suatu promosi. Selamat mencoba!