Pulang Tenggo Bukan Masalah, Ini Tips dan Keuntungannya

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

pulang tenggo
Isi Artikel

Apakah Anda pernah mendengar istilah “Tenggo”? Istilah satu ini umum ditemukan di dalam dunia kerja, terutama dalam perkantoran.

Istilah tenggo sendiri mengarah pada jam pulang kerja yang tepat waktu. Namun, pada praktiknya, banyak karyawan yang tidak langsung pulang ketika jam kerjanya berakhir.

Banyaknya pekerjaan, terjadinya kondisi tertentu, atau bahkan lembur menjadi salah satu faktor penentu jam kerja menjadi “molor”.

Jadi, apa sebenarnya istilah “Tenggo” itu? Untuk menjawab rasa penasaran Anda, alangkah baiknya untuk menyimak pembahasan LinovHR kali ini sampai habis, ya!

 

Apa Itu Tenggo?

Tenggo artinya teng langsung go yang dimaknai dengan ketika waktu kerja usai, maka karyawan yang bersangkutan akan langsung pulang. Sederhananya, tenggo mengarah kepada karyawan atau pekerja yang pulang secara tepat waktu.

Sekilas memang tidak ada yang buruk mengenai praktik ini. Namun, banyak karyawan yang merasa ragu atau bahkan malu ketika melakukannya, terutama bagi karyawan-karyawan yang baru saja bekerja di kantor tersebut.

Salah satu faktor yang membuat orang merasa malu atau ragu untuk melakukan tenggo, karena takut dilabeli atau dicap bukan pekerja keras oleh orang-orang di sekitarnya.

Bahkan, tidak sedikit juga yang enggan melakukan tenggo, karena merasa tidak enak dengan orang-orang yang masih bekerja ketika jam kerja telah usai.

 

Keuntungan Pulang Tenggo

Meskipun bagi sebagian orang, tenggo memiliki konotasi yang negatif. Namun, terdapat beberapa keuntungan bagi karyawan yang melakukan tenggo ketika selesai bekerja, di antaranya:

 

1. Melatih Efektivitas dan Efisiensi Waktu

Dengan melakukan tenggo, artinya Anda akan mencari metode atau cara yang tepat agar pekerjaan Anda bisa selesai tepat pada waktunya.

Hal ini, lama-kelamaan akan melatih kemampuan manajemen waktu menjadi lebih efektif dan efisien. Anda juga jadi terbiasa dalam menentukan mana saja pekerjaan yang menjadi prioritas dan bagaimana cara menyelesaikannya.

Selain dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi waktu, tenggo juga dapat lebih menekankan diri Anda pada kualitas kerja bukan pada kuantitasnya.

 

Baca Juga: Apakah Sibuk Sudah Pasti Produktif?

 

2. Memiliki Waktu Istirahat yang Lebih Banyak

Selain dapat melatih efektivitas dan efisiensi waktu. Tenggo juga dapat membuat seorang karyawan memiliki waktu istirahat lebih banyak dibandingkan yang tidak.

Bekerja keras memang perlu untuk dilakukan. Namun, Anda juga harus menyeimbangkan waktu untuk beristirahat. 

Memiliki waktu istirahat yang cukup merupakan hal penting yang harus dilakukan, agar terhindar dari berbagai penyakit, stress, hingga depresi yang diakibatkan terlalu lelah dalam bekerja.

 

4. Berpeluang untuk Membuka Usaha Sampingan

Pulang kerja secara tepat waktu tandanya Anda memiliki waktu luang yang lebih banyak dibandingkan yang tidak melakukan tenggo.

Disela-sela waktu luang tersebut, Anda bisa mencoba membuka usaha sampingan untuk menambah income atau pemasukan Anda.

Selain menambah kesibukan, membuka usaha sampingan juga dapat membuat Anda tetap produktif, meskipun tidak bekerja di kantor.

 

5. Memiliki Waktu untuk Orang Terdekat

Bekerja memang sebuah prioritas yang perlu untuk dilakukan. Namun, Anda juga harus memperimbangkan work-life balance di hidup Anda.

Hidup tidak selalu soal bekerja. Maka dari itu, sempatkanlah diri Anda untuk meluangkan waktu dengan orang-orang tercinta yang ada di sekitar Anda. 

Selain, mempererat hubungan Anda dengan orang-orang tersebut, menghabiskan waktu dengan orang tersayang juga bisa meningkatkan kesehatan mental Anda.

 

Tips Pulang Tenggo

Setelah Anda memahami pengertian dari tenggo dan juga keuntungan dalam melakukannya. Berikut ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar dapat pulang tenggo, di antaranya:

 

1. Datang Tepat Waktu

Tips pertama yang penting dan harus Anda lakukan agar dapat pulang tenggo yaitu datang dengan tepat waktu sesuai jam kerja yang sudah ditentukan.

Datang terlambat akan membuat jam kerja Anda bergeser, sehingga Anda tidak bisa lagi pulang tenggo. Oleh karena itu, pastikan Anda disiplin dan hadir di kantor pada waktu yang sudah ditentukan sebelumnya.

 

2. Prioritaskan Pekerjaan yang Penting dan Buat Listnya

Tips selanjutnya yaitu utamakan pekerjaan-pekerjaan yang sifatnya penting atau urgent. Lalu, pastikan Anda membuat to do list dari pekerjaan-pekerjaan yang harus diselesaikan hari itu.

List tersebut bertujuan untuk memudahkan Anda dalam memonitoring pekerjaan mana saja yang sudah selesai dan mana yang masih harus dikerjakan. Dengan begitu, penyelesaian tugas Anda akan lebih terarah dan terstruktur.

 

3. Fokus dan Hindari Gangguan

Tips yang terakhir yaitu fokus pada pekerjaan dan hindari gangguan-gangguan yang memungkinkan untuk terjadi di kantor, seperti ngobrol, bermain game, bermain sosial media, dan hal-hal lainnya yang berpotensi mengganggu Anda.

 

Cek Jam Pulang Karyawan dengan Aplikasi Absensi LinovHR

 

mobile ess

 

Pulang tenggo bukanlah hal yang salah untuk dilakukan karyawan. Justru ini bisa menandakan bahwa mereka dapat me-manage pekerjaan mereka dengan baik.

Namun, yang perlu diperhatikan oleh HRD adalah apakah jam kerja karyawan tersebut sudah sesuai dengan aturan perusahaan. Jangan sampai jam kerja yang Anda lakukan kurang dari durasi yang seharusnya.

Jika kurang ini justru bisa menandakan bahwa mereka kurang disiplin dengan waktu. Guna menghindari hal tersebut, Anda bisa menggunakan aplikasi absensi LinovHR. Tidak hanya memudahkan karyawan dalam melakukan absen dimana saja, aplikasi absen LinovHR juga bisa mencatat waktu kedatangan dengan akurat. 

Sehingga karyawan bisa mengetahui dengan pasti apakah mereka sudah bekerja sesuai jam merekanya atau belum.  

Tidak hanya karyawan yang mendapatkan kemudahan, tapi dari sisi perusahaan juga. Aplikasi absen LinovHR akan memudahkan HR dalam memantau jam kerja, kehadiran, lembur, izin serta cuti. Sehingga akan memudahkan HR saat menghitung payroll karyawan. 

 

Untuk mengetahui kecanggihan dari aplikasi absen LinovHR, Anda dapat mengajukan demo secara gratis, lho!

 

Tentang Penulis

Admin LinovHR
Admin LinovHR

Akun Admin dikelola oleh tim digital sebagai representasi LinovHR dalam menyajikan artikel berkualitas terkait human resource maupun dunia kerja.

Bagikan Artikel Ini :

Related Articles

Newslater

Newsletter

Tentang Penulis

Admin LinovHR
Admin LinovHR

Akun Admin dikelola oleh tim digital sebagai representasi LinovHR dalam menyajikan artikel berkualitas terkait human resource maupun dunia kerja.

Artikel Terbaru

Telusuri informasi dan solusi HR di sini!

Subscribe newsletter LinovHR sekarang, ikuti perkembangan tren HR dan dunia kerja terkini agar jadi yang terdepan di industri

Newsletter