rekap absensi karyawan

Sulit Rekap Absen Karyawan? Percayakan Kepada Time Management LinovHR!

Rekapitulasi absensi karyawan biasa dilakukan oleh HRD 5 – 7 hari menjelang penggajian. Rekap absen karyawan akan menentukan gaji yang karyawan terima. Karyawan yang masuk full selama sebulan akan menerima gaji penuh, beda halnya dengan karyawan yang sering membolos, karyawan tersebut tidak akan menerima gaji penuh. 

 

Kendala Rekap Absensi Karyawan

Rekap absen karyawan dikenal memakan waktu yang cukup lama. HRD sering menghadapi beberapa kendala seputar pengelolaan rekap absen. Kendala yang dimaksud antara lain: 

 

Data absensi yang kurang valid

Sudah menjadi rahasia umum jika ada karyawan yang memalsukan kehadiran mereka di perusahaan. Kehadiran karyawan memang mudah sekali dimanipulasi jika mengandalkan absensi fingerprint.  

 

Baca Juga: Aplikasi Kepegawaian dalam Pengelolaan Karyawan yang Efektif 

 

Banyaknya jumlah karyawan

Bagaimana bisa jumlah karyawan bisa menjadi kendala? Rekap absen yang dilakukan manual akan menangani banyak data kehadiran karyawan sekaligus. Hal ini menyita waktu HRD dan tak jarang membuat HRD melalaikan tugas lain yang tak kalah penting. Yaitu analisis dan penyusunan strategi pengembangan karyawan.  

Dengan permasalahan tersebut, tidak jarang HRD sulit untuk memproses rekapitulasi absensi. Imbasnya bisa membuat penggajian bermasalah, contohnya karyawan terlambat gajian. Telat gajian biasanya akan menurunkan produktivitas karyawan karena karyawan memandang perusahaan tidak kompeten dalam pengelolaan sumber daya manusia. Tentu tak ada yang menginginkan hal ini, bukan? 

Untungnya, kini ada alternatif lain yang jauh lebih efektif dalam rekapitulasi data absensi. LinovHR dengan modul time management akan menyelesaikan itu semua. Untuk lebih lengkapnya, simak uraian di bawah ini! 

 

Keunggulan Modul Time Management LinovHR 

Modul time management dari Software Absensi dan HRD LinovHR menunjang tugas HRD dalam pengelolaan jam kerja, pengaturan cuti, pemantauan kehadiran karyawan, dan sebagainya. Aspek ini cukup penting dalam mendukung kedisiplinan dan produktivitas karyawan. 

Jadi, apa saja keunggulan Time Management LinovHR dalam rekapitulasi absensi karyawan? 

 

Aman dan rahasia

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, sudah bukan rahasia umum jika terdapat oknum tidak bertanggung jawab yang memanipulasi data kehadiran demi kepentingan pribadi. 

Time Management dari LinovHR dapat meminimalisir itu semua. Begitu karyawan mencatatkan kehadiran, maka saat itulah informasi data karyawan akan masuk ke dalam sistem dan terpantau oleh HRD hingga ke detik kehadiran. Dengan tingkat keamanan yang ketat, sistem dapat melindungi data kehadiran karyawan dengan aman sehingga terjamin kerahasiaannya. 

 

Baca Juga: Keamanan Data Karyawan dalam Aplikasi HRD 

 

Cepat dan Otomatis

Rekapitulasi absensi karyawan memakan waktu cukup lama. Namun, jika HRD menggunakan Time Management dari LinovHR, HRD cukup memilih tab timesheet report di bagian report pada dashboard Time Management dari Software HRD LinovHR. 

Sistem secara otomatis akan menampilkan data kehadiran karyawan dalam bentuk timesheet. Kemudian, laporan ini bisa diunduh dengan format PDF jika HRD membutuhkan bentuk fisiknya. 

 

Akurat

Karena memiliki sistem keamanan yang ketat, maka data kehadiran yang ada dalam sistem Time Management dari LinovHR tak perlu diragukan keakuratannya. HRD pun bisa langsung menggunakan laporan tersebut untuk berbagai keperluan seperti penggajian hingga penilaian kinerja. 

 

Terintegrasi dengan Sistem Payroll

Dulu, HRD harus melakukan input data kehadiran karyawan satu per satu ketika masih menggunakan pengelolaan absensi manual. Lain halnya dengan Time Management dari LinovHR yang dapat mengintegrasikan data kehadiran karyawan dengan System Payroll. HRD tak perlu lagi melakukan memasukkan data kehadiran secara manual ke sistem payrolll. Kinerja pun jauh lebih efektif dan efisien.

Kehadiran Time Management dari Software HRD LinovHR dapat menjadi jawaban bagi HRD untuk membantu rekap absen karyawan yang selama ini dikenal memakan waktu lama. Sehingga HRD dapat fokus kepada tugas lain yang membutuhkan konsentrasi lebih mendalam. Jika rekapitulasi dilakukan dengan lancar, maka penggajian pun juga akan berjalan mulus tanpa kendala.  

Penasaran info lebih lengkapnya? Mari segera mudahkan proses rekap absensi karyawan di perusahaan Anda! Untuk informasi lebih lengkap, hubungi tim layanan LInovHR sekarang juga.