6 Cara Jitu Tentukan Sales Target yang Tepat

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

6 Cara Jitu Tentukan Sales Target yang Tepat
Isi Artikel

Menentukan sales target merupakan hal penting yang tak boleh diabaikan perusahaan. Selain untuk meningkatkan keuntungan, adanya target pemasaran bisa membantu perusahaan untuk mengarahkan fokus dan strategi tim penjualan serta mengukur kinerja supaya hasil yang dicapai bisa lebih maksimal. 

Tentunya, perusahaan ingin memaksimalkan potensi untuk mencapai tujuan bisnis. Maka, guna mencapai semua itu, diperlukan penetapan target sales marketing yang tepat. Berikut penjelasan lengkapnya.

Cara Menentukan Target Sales Perusahaan

Bagaimana cara menentukan sales target dengan tepat? Anda dapat mempertimbangkan berbagai cara di bawah ini, yaitu:

1. Menganalisis Data Penjualan Sebelumnya

Pertama, lakukan analisis terhadap data-data penjualan sebelumnya. Hal ini bertujuan untuk memahami tren dan pola serta melihat kinerja penjualan terdahulu untuk memprediksi dan menyusun strategi penjualan di masa depan.

2. Mengevaluasi Keadaan Pasar

Kemudian, lakukan evaluasi terhadap kondisi pasar. Perhatikan permintaan produk yang sedang banyak dicari, kompetisi, dan tren industri. Dengan melihat situasi pasar, maka Anda bisa menetapkan target secara realistis dengan menyesuaikan kondisi.

3. Menentukan Tujuan Bisnis secara Realistis

Hal yang tidak kalah penting adalah menetapkan tujuan bisnis, baik untuk jangka panjang maupun jangka pendek. Target yang ditetapkan haruslah selaras dengan visi dan misi perusahaan supaya dapat mendukung tercapainya tujuan tersebut.

4. Melakukan Segmentasi Pasar

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah membagi pasar menjadi segmen-segmen yang lebih kecil serta spesifik. Tujuannya untuk memudahkan Anda dalam menetapkan target yang lebih akurat untuk setiap segmen.

5. Mengidentifikasi Peluang untuk Pertumbuhan

Supaya bisnis semakin berkembang, cari tahu peluang pertumbuhan yang belum dimanfaatkan, contohnya target baru atau pangsa pasar baru. Dengan mengidentifikasi peluang yang ada, Anda bisa menetapkan target yang lebih ambisius namun tetap realistis.

6. Melakukan Monitoring dan Evaluasi Berkala

Setelah menetapkan target, langkah berikutnya adalah memantau kinerja penjualan secara berkala dan melakukan evaluasi. Contohnya mengawasi perkembangan target penjualan per bulan.

Proses ini akan membantu Anda untuk menyesuaikan strategi jika diperlukan dan memastikan bahwa target sales tetap relevan dengan kondisi pasar yang cenderung berubah-ubah.

Cara Pantau Target Sales Perusahaan

Selain menentukan strategi, memantau target sales perusahaan adalah langkah penting untuk memastikan bahwa tujuan bisnis tercapai sekaligus mengidentifikasi area yang butuh dibenahi. Beberapa cara untuk memantau target penjualan perusahaan antara lain:

1. Menggunakan Perangkat Lunak CRM

CRM (Customer Relationship Management) membantu untuk melacak seluruh aktivitas penjualan, mulai dari prospek hingga closing. Dengan software ini, Anda dapat memantau kinerja tim penjualan dan melihat apakah mereka mencapai target yang ditetapkan.

2. Menetapkan KPI

Cara kedua adalah menetapkan metrik yang relevan, seperti tingkat konversi, rata-rata nilai transaksi, jumlah prospek baru, dan lain-lain. Dengan memantau KPI (Key Performance Indicator), Anda akan memperoleh gambaran seputar kinerja tim penjualan.

3. Mengadakan Rapat secara Berkala

Lakukan evaluasi kinerja tim penjualan lewat rapat mingguan atau bulanan untuk mengevaluasi kinerja tim penjualan. Diskusikan pencapaian, tantangan, dan strategi untuk meningkatkan penjualan.

4. Laporan Penjualan Berkala

Cara untuk memantau sales target berikutnya adalah dengan membuat laporan penjualan harian, mingguan, dan bulanan. Hal-hal yang harus ada di dalam laporan ini antara lain penjualan aktual dibandingkan dengan target, analisis tren, serta prediksi penjualan masa mendatang.

5. Mengumpulkan Feedback dan Memberi Pelatihan

Cara terakhir adalah dengan mengumpulkan umpan balik dari tim sales mengenai tantangan yang mereka hadapi. Selain itu, berikan juga pelatihan yang dibutuhkan untuk meningkatkan keterampilan mereka.

Nilai Sales Target secara Terukur dengan Performance Management System LinovHR

Sekarang, menilai sales target secara terukur bukan lagi hal yang sulit. Dengan adanya Software Performance Management System dari LinovHR, proses penilaian target penjualan jadi lebih efisien lewat didigitalisasi.

Pengaturan KPI mulai dari perusahaan sampai individu dapat dilakukan secara lebih detail. Melalui tujuan KPI yang jelas dan rinci dapat pula membantu meningkatkan kinerja karyawan.

Melihat progress kinerja karyawan juga menjadi lebih mudah karena menggunakan data real-time. Visualisasi data pun dilakukan secara apik menggunakan diagram serta persentase yang memudahkan pemantauan pencapaian karyawan.

Rasakan manfaatnya sekarang juga dengan mengajukan demo gratis!

Tentang Penulis

Picture of Amanda Alodyasari
Amanda Alodyasari

Content writing enthusiast. Lulusan sejarah dari Universitas Diponegoro. Hobi membaca dan menulis terkait dunia kerja, HR dan teknologi

Bagikan Artikel Ini :

Related Articles

Newslater

Newsletter

Tentang Penulis

Picture of Amanda Alodyasari
Amanda Alodyasari

Content writing enthusiast. Lulusan sejarah dari Universitas Diponegoro. Hobi membaca dan menulis terkait dunia kerja, HR dan teknologi

Artikel Terbaru

Telusuri informasi dan solusi HR di sini!

Subscribe newsletter LinovHR sekarang, ikuti perkembangan tren HR dan dunia kerja terkini agar jadi yang terdepan di industri

Newsletter