reimbursement

Kelola Sistem Reimburse Bersama Modul Reimbursement

Sistem reimburse adalah sistem yang menjadi kebijakan perusahaan untuk menggantikan pengeluaran biaya yang dilakukan oleh karyawan.

Bisa dikatakan bahwa reimbursement adalah pengembalian dana atau uang ganti rugi untuk seluruh pengeluaran pribadi karyawan, mulai dari pengeluaran untuk kesehatan, perjalanan, makan, dan lain-lain.

Kebijakan ini tentunya akan sangat menguntungkan pihak karyawan jika manajemen reimburse ini dapat dikelola dengan baik dan benar.

Agar memudahkan dan mengatasi segala macam hambatan dalam pengelolaan reimbursement, perusahaan dapat memanfaatkan Software Payroll LinovHR.

Namun apa saja hambatan dalam pengelolaan reimburse?

 

Kendala dalam Mengelola Reimburse

Tidak selalu perusahaan bisa melakukan pengelolaan reimburse secara lancar. Berikut ini terdapat beberapa kendala yang masih sering terjadi:

 

1. Masih Melakukan Cara Manual

Dalam pengelolaan reimburse, masih banyak perusahaan yang menggunakan cara manual. Cara ini tentunya akan sangat memakan waktu lama dan menguras banyak tenaga. Karena seluruh pekerjaan harus dikerjakan secara satu persatu sehingga cara ini terbilang cukup tidak efektif.

 

2. SOP Reimbursement yang Kurang Jelas

Untuk melakukan reimburse, tentunya perusahaan harus menentukan SOP secara jelas agar karyawan bisa mengetahui biaya apa saja yang bisa dikembalikan dan manajemen bisa mengolahnya dengan baik.

Namun pada praktiknya, pembuatan SOP masih belum jelas sehingga memunculkan kebingungan antara kedua belah pihak. Hal ini menyebabkan karyawan merasa dirugikan karena perusahaan tidak mengganti biaya pengeluarannya.

 

3. Banyaknya Penggunaan Dokumen Kertas untuk Pengelolaan Reimburse

Penggunaan dokumen kertas menjadi salah satu kendala dalam mengelola dana reimburse. Karena, manajemen harus mencari secara manual dari banyak tumpukan dokumen yang tersimpan.

Bayangkan saja jika dalam perusahaan memiliki jumlah karyawan yang cukup banyak, maka dokumen yang tersedia juga harus banyak pula.

Selain itu, data yang masih disimpan dengan dokumen kertas ini sangat rentan rusak ataupun hilang. Jika hal ini terjadi, akan menimbulkan masalah yang lebih besar lagi.

 

Baca Juga: Pengertian Reimbursement, Jenis, dan Contohnya

 

Cara Sistem Reimburse LinovHR untuk Kelola Reimbursement

Kendala di atas menjadi salah satu contoh penghambat dalam pengelolaan reimbursement karyawan. Agar terhindar dari kendala atau hambatan tersebut, Anda bisa menggunakan Modul Reimbursement dari LinovHR!

Modul Reimbursement LinovHR mampu melakukan berbagai macam reimburse yang ditawarkan karyawan seperti asuransi kesehatan, BPJS Kesehatan/Ketenagakerjaan, dana pensiun, uang ganti lembur, uang dinas perjalanan, dan lainnya.

Agar dapat menggunakan modul ini, terdapat tata cara yang bisa dilakukan:

 

  • Mengelompokkan Jenis Reimburse

Cara pertama adalah mengelompokkan jenis reimburse yang akan diberikan karyawan. Misalnya reimburse untuk kesehatan, perjalanan dinas, alat-alat kantor, pendidikan, dan lain-lainnya. 

Pengelompokkan ini tergantung dengan kebijakan dari masing-masing perusahaan yang menetapkan biaya apa saja yang bisa di reimburse.

Untuk melakukan proses ini, Anda bisa menggunakan fitur Reimbursement Type

 

  • Mengklaim Reimburse

Lalu untuk melakukan klaim reimburse ini, Anda bisa menggunakan fitur Reimbursement Request. Fitur ini berfungsi memudahkan Anda untuk mengajukan sistem reimburse yang akan diberikan kepada karyawan.

Fitur ini tentunya sudah terkonfigurasi pada menu sebelumnya, sehingga data bisa terinput secara otomatis dan proses pengajuan bisa dilakukan secara cepat.

 

  • Melihat Sisa Reimburse

Setiap karyawan memiliki jatah reimburse yang bisa mereka gunakan untuk keperluan-keperluan penting. Maka dari itu, Anda juga harus mengetahui sisa jumlah saldo reimburse berdasarkan jenis-jenisnya. Cara ini bisa dilakukan dengan fitur Reimburse Balance.

Dengan memanfaatkan Modul Reimbursement LinovHR tentunya akan membuat sistem pengerjaan menjadi lebih mudah dan efektif. Karyawan pun bisa mendapatkan pengembalian dana yang sesuai dengan biaya yang mereka keluarkan.

Sehingga, hal ini akan berdampak pada peningkatan kinerja manajemen serta karyawan. Sistem reimbursement dengan bantuan teknologi menjadi solusi yang tepat untuk mengatasi masalah dan hambatan manajemen reimburse perusahaan.

 

Baca Juga: Reimbursement Manual VS Sistem Online Reimbursement, Mana yang Lebih Baik?

 

Untuk mengetahui keunggulan serta fitur yang lebih banyak tentang modul ini, segera jadwalkan demo Modul Reimbursement sekarang juga!