aplikasi kepegawaian

Perlukah Perusahaan Anda Menggunakan Software Kepegawaian? 

Perkembangan teknologi informasi mempengaruhi berbagai aspek kehidupan, termasuk pengelolaan sumber daya manusia di suatu perusahaan. Sudah semestinya perusahaan melakukan perubahan terhadap sistem manajemen kepegawaiannya menjadi otomatis yakni dengan menggunakan software kepegawaian. 

 

Kendala & Masalah Manajemen Kepegawaian

Software sistem kepegawaian ini membantu perusahaan mengatasi berbagai kendala atau masalah yang kerap terjadi dalam manajemen kepegawaian, seperti dibawah ini.

Berikut beberapa kendala dan masalah yang sering terjadi dalam manajemen kepegawaian suatu perusahaan:

  1. Peraturan hukum dan regulasi yang berubah
  2. Beradaptasi dengan inovasi
  3. Merekrut karyawan berbakat
  4. Mempertahankan karyawan berbakat
  5. Pelatihan dan pengembangan tenaga kerja
  6. Kompensasi dan tunjangan lainnya

 

software hris

 

Fitur & Kemampuan Software Kepegawaian 

Berbagai masalah dan kendala di atas tidak bisa dibiarkan begitu saja, software kepegawaian akan membantu perusahaan mengatasi masalah tersebut dengan fitur-fitur yang ada. 

 

Mempermudah  Pengelolaan Jadwal Kerja Karyawan 

Mengelola jadwal karyawan bukan perkara yang mudah, apalagi jika karyawan Anda jumlahnya sangat banyak dan jadwal kerjanya berbeda-beda. Ditambah, jika pengelolaan pengelolaan jadwal kerja dilakukan secara manual tentunya akan membutuhkan waktu yang lama dan sulit untuk diorganisir. Untuk mengatasi hal tersebut, perusahaan dapat mengandalkan Modul Time Management. Di Dalam modul ini terdapat fitur-fitur yang dapat membantu Anda dalam mengelola jadwal kerja karyawan terutama yang memiliki dinamika tinggi serta pola kerja yang bervariasi. 

 

Melakukan Penilaian Kinerja Secara Otomatis

Penilaian kinerja karyawan tentu sangat penting demi keberlangsungan suatu perusahaan. Namun, selama proses penilaian tersebut perusahaan kerap mengalami berbagai kendala seperti tidak objektif, kurang akurat, dan kurang tepat. Maka dari itu, perusahaan perlu menggunakan bantuan Modul Performance Management dari software sistem kepegawaian. Dengan menggunakan Modul  Performance Management, perusahaan dapat melakukan penilaian kinerja karyawan secara otomatis, memantau kinerja karyawan hingga menentukan KPI karyawan.

 

Baca Juga : Seberapa Pentingkah Work Performance dalam Perusahaan?

 

Otomatisasi Penggajian

Selain membantu pengelolaan jadwal kerja dan penilaian kinerja karyawan, software kepegawaian juga dapat membantu perusahaan dalam otomatisasi penggajian. Dengan mengandalkan Modul Payroll, kini hal-hal administratif yang berkaitan dengan perhitungan gaji karyawan, pembuatan slip gaji, perhitungan PPh 21, dan komponen payroll lainnya dapat dikelola lebih mudah dan hasilnya pun lebih akurat. 

 

Mempermudah Pengelolaan Database Karyawan

SDM atau sumber daya manusia merupakan aset terpenting bagi suatu perusahaan. Namun, pengelolaan SDM itu sendiri tidaklah mudah, apalagi jika Anda mempunyai lebih dari ratusan atau ribuan karyawan. Maka dari itu, Anda perlu beralih menggunakan sistem teknologi yang lebih canggih seperti Modul  Personnel Administration. Modul ini dapat membantu manajemen perusahaan dalam mengelola data dan informasi karyawan secara lebih detail dan terpusat.

 

Otomatisasi Proses Rekrutmen

Ketatnya persaingan dalam mendapatkan sumber daya manusia (SDM) terbaik menjadi tantangan tersendiri bagi HRD suatu perusahaan. Fenomena ini menjadikan setiap perusahaan membutuhkan sistem rekrutmen yang lebih cepat dan terukur. Untuk mengatasi hal tersebut, perusahaan dapat mengandalkan software dengan Modul Recruitment. Modul Recruitment mampu mempermudah perusahaan dalam proses rekrutmen karyawan mulai dari membuat informasi lowongan kerja, menyeleksi kandidat, hingga karyawan lolos tahap seleksi. 

 

Baca Juga : Recruitment Software: Solusi Sistem Rekrutmen Karyawan

 

Mempermudah Kegiatan Pelatihan dan Pengembangan

Kegiatan pelatihan dan pengembangan sangat penting untuk meningkatkan keahlian dan kemampuan karyawan. Kegiatan ini juga merupakan faktor yang mendorong pertumbuhan perusahaan. Oleh sebab itu, perusahaan perlu mengelola kegiatan pelatihan dan pengembangan ini dengan baik, yakni dengan mengandalkan Modul Learning and Development dari software kepegawaian. 

 

Membantu Menyusun Struktur Organisasi Perusahaan

Suatu perusahaan  tentunya terdiri atas berbagai macam divisi atau bagian yang diisi dengan beragam posisi. Jumlah karyawan yang banyak pastinya mempersulit penyusunan struktur organisasi dalam suatu perusahaan. Untuk mengatasi hal tersebut, maka perusahaan memerlukan sistem yang cepat dan mudah, seperti Modul Organization Management. 

 

Meningkatkan Manajemen Kompetensi Perusahaan

Setiap divisi dan unit kerja di dalam suatu perusahaan pastinya memiliki standarisasi kompetensi masing-masing. Standar kompetensi ini sangat penting karena mempengaruhi kemajuan perusahaan. Maka dari itu, standar kompetensi harus dibuat dengan tepat dengan menggunakan Modul Competency Management. Modul ini mempermudah manajemen perusahan dalam mendokumentasikan daftar kompetensi yang dibutuhkan oleh setiap unit kerja dan karyawan. 

 

Baca Juga : HR Portal Solusi Manajemen SDM Satu Pintu

 

Mempermudah Pengelolaan Reimbursement

Bentuk reimbursement yang ditawarkan oleh setiap perusahaan bermacam-macam mulai dari asuransi kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, uang pensiun, uang tunjangan, maupun uang lembur. Untuk mengelola itu semua, diperlukan sistem yang canggih dan terpusat seperti Modul Reimbursement dari software sistem kepegawaian. Modul ini mempermudah dan mempercepat  manajemen perusahaan dalam mengelola reimbursement yang telah diajukan oleh karyawan. 

 

Manfaat Penggunaan Software Kepegawaian

Software sistem kepegawaian mengutamakan inovasi dan kemudahan di dalamnya, sehingga meminimalisir terjadinya human error dalam proses menginput data. Berikut beberapa manfaat lainnya untuk perusahaan:

  1. Mempermudah manajemen perusahaan dalam mengelola hal-hal yang berkaitan dengan administrasi SDM.
  2. Membantu perusahaan dalam mengelola database seluruh karyawan dengan tingkat keamanan yang tinggi.
  3. Mengelola cuti dan izin yang diajukan oleh karyawan, termasuk kuota untuk masing-masing pegawai. 
  4. Melakukan perhitungan gaji secara akurat dan teliti serta penyusunan slip gaji otomatis
  5. Mengelola Pajak Penghasilan PPh 21 dan mengelola BPJS Ketenagakerjaan. 

 

Dengan banyaknya manfaat positif yang diberikan software tersebut, maka sebaiknya perusahaan Anda mulai beralih dari sistem manual menuju sistem  aplikasi atau software. Salah satu software terbaik di Indonesia yang dapat membantu perusahaan Anda dalam mengelola kepegawaian dan hal-hal yang menyangkut administrasi adalah Software HRD dari LinovHR.

Software HRD dari LinovHR berbasis cloud yang telah banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan di Indonesia. Berbagai fitur-fitur canggih dapat mendukung pengelolaan manajemen SDM jadi lebih efektif dan terukur dengan jelas. Software kepegawaian dari LinovHR merupakan solusi untuk manajemen SDM perusahaan Anda. Untuk informasi lengkap, klik tautan ini untuk mengajukan demo bersama tim kami!