hr portal

HR Portal : Solusi Manajemen SDM di Perusahaan Anda

Dunia bisnis selalu mengikuti trend terkini dan mengadopsi berbagai teknologi baru untuk membuat operasi bisnis jadi lebih efektif. Sebagai salah satu bagian terpenting dari bisnis, departemen HR membutuhkan teknologi baru untuk mendukung proses pengelolaan SDM, yakni HR portal. Teknologi ini adalah solusi bagi para pemilik bisnis dalam mengelola SDM perusahaan agar lebih baik dan efisien. 

LinovHR telah merangkum sejumlah informasi terkait dengan HR portal dan seperti apa perannya dalam sebuah perusahaan. Yuk langsung simak! 

 

Apa Itu HR Portal?

HR portal adalah aplikasi yang memungkinkan perusahaan mengelola operasi SDM dan menyederhanakan komunikasi antara karyawan dan manajer mereka. Cakupan fungsional dari portal SDM ini meliputi manajemen dokumen, manajemen pengetahuan, dan alat manajemen proses bisnis. 

Salah satu alasan mengapa portal SDM ini begitu populer dikarenakan portal tersebut memfasilitasi pengelolaan sejumlah masalah yang dihadapi oleh tim HR setiap hari, mulai dari perekrutan, orientasi hingga pelatihan karyawan. Serta, mengelola penilaian kinerja karyawan ditempat kerja.

Portal SDM membantu proses otomatisasi sehingga menghemat banyak waktu bagi tim HR dan memungkinkan mereka berkonsentrasi pada area dampaknya, seperti retensi dan budaya perusahaan. 

 

Manfaat Menggunakan HR Portal

HR portal adalah alat serbaguna yang dapat membantu meningkatkan kinerja perusahaan. Berikut beberapa manfaat lainnya untuk manajemen perusahaan:

 

Mengurangi Human Error

Seperti yang diketahui, kelalaian manusia atau human error merupakan masalah terbesar dalam sistem penggajian dan proses SDM lainnya. Dengan adanya portal SDM yang komprehensif ini, proses SDM dapat diotomatisasi sehingga mengurangi terjadinya human error atau masalah yang diakibatkan kelalaian manusia. HRD portal mengotomatisasi berbagai proses penting seperti penggajian dan tunjangan karyawan, sehingga dapat mencegah kesalahan yang memperlambat proses SDM. 

 

Data Mudah Untuk Dilacak

Perlu diketahui, indikator dari suatu bisnis yang efektif  adalah seberapa banyak data yang dikumpulkan dan apa yang dilakukan terhadap data tersebut. Data yang perlu dikumpulkan dan dilacak oleh perusahaan sangat banyak, seperti tingkat retensi, indikator produktivitas, dan sebagainya. HRD portal membantu departemen SDM dalam mengotomatisasikan pengumpulan dan pengelolaan semua data tersebut, sehingga memungkinkan memungkinkan departemen SDM untuk melihat data tersebut kapan pun mereka membutuhkannya.

 

Menyederhanakan Proses Rekrutmen

Mencari karyawan yang berbakat pastinya memerlukan proses yang rumit dan banyak memakan waktu. Proses tersebut menjadi rumit  karena dari awal proses hingga akhir menggunakan sistem SDM manual. Dengan beralih menggunakan HRD portal, manajemen perusahaan dapat membuat proses rekrutmen jadi lebih sederhana. Selain itu, HRD portal yang efektif memungkinkan manajemen perusahaan mengelola proses rekrutmen menjadi terpusat.

 

Meningkatkan Kinerja HR

Salah satu hal yang menghambat kemampuan departemen HR untuk sukses adalah disorganisasi atau ketidakteraturan. Misalnya, jika salah satu tim di departemen HR tidak dapat menemukan dokumen yang dibutuhkan, maka hal tersebut dapat memperlambat berbagai proses penting lainnya. HR portal membantu manajemen perusahaan dalam mengelola dan mengorganisir semua dokumen penting perusahaan sehingga bila suatu saat dokumen dibutuhkan maka akn mudah ditemukan. 

Dengan memiliki departemen HR yang lebih terorganisir, maka perusahaan dapat menghindari berbagai resiko yang biasa dihadapi oleh departemen HR, seperti dokumen yang hilang atau tidak lengkap. 

 

Baca Juga : Optimalkan Kinerja Departemen HR Melalui Software SDM Terbaik

 

Meningkatkan Loyalitas Karyawan 

Sebagian besar karyawan akan bertahan lebih lama di suatu perusahaan jika mereka merasa perusahaan tersebut mampu mendengarkan dan membantu peningkatan karir. Dengan menggunakan HRD portal, departemen HR dapat lebih cepat memberi respon terhadap umpan balik karyawan.  Dengan meningkatkan moral, manajemen perusahaan dapat memerangi tingkat turnover dan meningkatkan produktivitas.  Secara tidak langsung, loyalitas karyawan ikut meningkat. 

 

Fungsi Utama HR Portal

Tujuan utama HR portal adalah merampingkan dan memusatkan informasi sehingga mudah bagi karyawan untuk menemukan apa yang mereka butuhkan. Selain itu,  terdapat 3 fungsi lainnya dari portal human resource, yakni: 

Membangun Employer Brand  

Employer brand yang kuat merupakan awal yang baik, khususnya dalam perekrutan dan retensi. Perusahaan dapat memanfaatkan portal SDM sebagai sarana untuk mempromosikan dan membangun merek perusahaan. 

Selain untuk mempromosikan, cara lain membangun merek perusahaan sekaligus mengurangi biaya adalah dengan merekrut lebih banyak kandidat internal. Gunakan portal SDM untuk mempertahankan karyawan berbakat yang Anda miliki sehingga dapat menghemat biaya rekrutmen dan pelatihan eksternal. 

 

Meningkatkan Komunikasi Dua Arah dengan Karyawan

Menjaga hubungan komunikasi tetap terbuka di era digital sangat penting. Apalagi saat ini pekerjaan yang fleksibel sedang trend dikalangan masyarakat sehingga banyak pekerja yang memutuskan untuk bekerja secara remote atau jarak jauh. Portal SDM hadir untuk membantu meningkatkan komunikasi HR dengan staf nya atau sebaliknya, yang tidak dapat bertatap muka secara langsung. Jadi, portal SDM berfungsi untuk memudahkan Anda berkomunikasi dengan departemen HR. 

 

Membuat Proses Onboarding / Offboarding Lebih Mudah

Perusahaan dengan proses onboarding yang lancar cenderung melihat peningkatan kinerja dari karyawan baru mereka. Portal SDM ini memungkinkan manajemen perusahaan untuk mengotomatisasi sebagian besar proses orientasi karyawan baru. Dengan bantuan portal SDM, departemen HR tidak perlu mengatur semuanya secara manual. Sebagai gantinya, tim HR dapat membuat tugas orientasi dan menetapkannya ke posisi yang berbeda.

Kemudian, ketika seorang karyawan masuk ke salah satu posisi tersebut, maka sistem akan secara otomatis memberikan tugas kepada karyawan tentang apa yang harus dikerjakan tanpa adanya campur tangan dari luar. 

 

Baca Juga : Proses Rekrutmen Jadi Lebih Mudah Dengan Bantuan Software Kepegawaian

 

Setelah menyimak penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa keberadaan HR portal sangat penting untuk keberlangsungan internal perusahaan. Portal ini merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan perusahaan untuk dapat berinteraksi dengan karyawannya. Jadi, portal SDM memiliki kontribusi besar bagi internal perusahaan. 

 

Salah satu HR portal yang menawarkan inovasi tinggi dan kemudahan dalam penggunaanya adalah LinovHR. LinovHR merupakan software berbasis cloud yang sudah banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar di Indonesia. LinovHR hadir sebagai sebuah platform yang menjadi solusi bagi pemilik bisnis dalam mengelola sistem HR dan payroll. 

Dengan dukungan fitur-fitur di dalamnya, LinovHR mampu mengelola hal-hal yang berkaitan dengan administrasi HRD seperti database seluruh karyawan, absensi karyawan hingga sistem penggajian karyawan (payroll). 

Menariknya lagi, LinovHR juga dapat mengelola perpajakan seperti perhitungan Pajak Penghasilan (PPh 21), BPJS Ketenagakerjaan, dan sebagainya. Dengan menggunakan Software HRD dari LinovHR, manajemen SDM di perusahaan Anda dapat terorganisir dengan lebih baik. 

Demikianlah ulasan mengenai HR portal yang harus Anda pahami untuk kemajuan pengelolaan SDM di perusahaan Anda. Untuk informasi lengkapnya, hubungi LinovHR sekarang juga!