Cara Tetap Terhubung dengan Pekerja Lapangan dengan Absen Online

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

pekerja lapangan
Isi Artikel

Setiap perusahaan pastinya harus melakukan kontrol atau monitoring kepada seluruh karyawannya. Biasanya hal ini dilakukan oleh divisi HRD atau manajer divisi bidang terkait untuk melakukan monitoring kehadiran.

Namun, bagaimana caranya untuk melakukan monitoring bagi pekerja lapangan?

Umumnya setiap pegawai atau karyawan harus melakukan absensi terlebih dahulu ketika hendak masuk atau keluar kantor. Hal ini didukung dengan alat absensi sidik jari yang masih banyak digunakan hingga saat ini.

Namun, hal tersebut hanya dapat mendukung bila karyawan tersebut hadir di dalam kantor. Lalu, bagaimana dengan karyawan lapangan?

Untuk tahu lebih jelasnya mengenai monitoring pekerja lapangan simak artikel LinovHR berikut ini! 

 

Bagaimana Cara Tetap Terhubung dengan Pekerja Lapangan?

Tidak bisa dipungkiri, beberapa perusahaan merasa kewalahan dalam memonitoring dengan para pekerja lapangan mereka.

Mulai dari sulit untuk memantau kehadiran, kedisiplinan, dan juga tetap terhubung selama jam kerja. Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk tetap terhubung dengan pekerja lapangan:

 

1. Menggunakan Teknologi Portabel

Penggunaan teknologi portable saat ini mungkin sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Sebagian besar pekerja sudah memilikinya untuk dapat terhubung baik rekan kerja maupun manajer divisi.

Sehingga, Anda tetap dapat melakukan monitoring atas jam kehadiran dan pulang karyawan Anda. Bahkan, hal ini akan memberikan fleksibilitas kepada para pekerja untuk melakukan pekerjaannya sekaligus tetap terhubung dengan orang yang berada di kantor.

 

2. Menggunakan Perangkat Kolaborasi

Penggunaan perangkat kolaborasi memungkinkan Anda tetap terhubung dengan para pekerja lapangan meskipun dalam jarak yang cukup jauh. Hal ini merupakan perangkat keras dan perangkat lunak yang memungkinkan Anda melakukan hubungan tatap muka seperti monitor, webcam, aplikasi meeting online seperti zoom, dan sebagainya.

Dengan cara inilah Anda tetap dapat terhubung kepada seluruh karyawan lapangan untuk memastikan pekerjaan yang dilakukannya sudah sesuai dengan ketentuan perusahaan.

 

Aplikasi Absensi Online
Absensi Online LinovHR

 

Selain itu, agar Anda dapat memantau lebih jauh terkait aktivitas serta jam kehadiran karyawan diperlukan sistem absensi online.

Ini memungkinkan Anda untuk memantau kapan karyawan Anda hadir dan pulang serta memastikan porsi jam kerja yang sesuai dengan aturan perusahaan.

 

Pentingkah Absensi Online untuk Pekerja Lapangan?

Seiring dengan perkembangan zaman, budaya untuk bekerja di kantor semakin lama semakin tergantikan. Saat ini banyak perusahaan yang memberikan fleksibilitas kepada karyawan untuk bekerja di mana saja.

Sehingga, perusahaan membutuhkan sebuah sistem yang baik dan akurat untuk memantau kehadiran dan aktivitas pekerjaan karyawan jauh lebih baik lagi. Oleh karena itu, absensi online merupakan jawaban terbaik.

Hal ini tentunya jauh berbeda dengan sistem absensi yang masih menggunakan sidik jari atau kartu ID. Karyawan diharuskan untuk datang ke kantor untuk melakukan absensi dimana hal ini cukup mempersulit bagi karyawan lapangan.

Untuk itu, penting bagi Anda menggunakan sistem absensi online agar mempermudah pekerjaan karyawan dan juga HRD Anda. Data yang dihasilkan pun dapat secara cepat dan akurat diolah yang sekaligus terhubung ke dalam sistem payroll perusahaan nantinya.

Dengan begitu tingkat produktivitas kinerja perusahaan pun dapat terus terjaga serta dapat meningkatkan akuntabilitas perusahaan jauh lebih baik lagi.

 

Fitur Aplikasi Absensi Online LinovHR Bantu Pantau Pekerja Lapangan

 

mobile ess

 

Memantau pekerja lapangan dengan cara manual sangatlah sulit, karena rawan sekali kecurangan. Oleh sebab itu, banyak perusahaan yang memiliki pekerja lapangan yang sudah mengadopsi aplikasi absen online.

Fitur yang ada di dalam aplikasi absen online sangat memudahkan perusahaan dalam memantau dan tetap terhubung dengan karyawan yang bekerja di lapangan. Dari sisi karyawan, mereka memiliki kemudahan melakukan absensi, mengajukan izin, dan lain sebagainya.

Salah satu pilihan aplikasi absen online yang bisa Anda percayakan adalah aplikasi absensi online terbaik seperti LinovHR.

Dengan menggunakan aplikasi absensi online dari LinovHR, karyawan Anda tidak lagi  perlu melakukan absensi sidik jari konvensional. Cukup dengan menggunakan smartphone masing-masing, sistem dapat mencatat jam kehadiran karyawan dengan cepat, mudah, dan akurat.

Pencatatan kehadiran dapat dilakukan melalui 3 cara yaitu: absen menggunakan wajah, absen dengan sidik jari atau absen dengan PIN.

Tentunya Anda juga dapat melakukan monitoring secara real time melalui smartphone Anda yang sudah terhubung ke dalam sistem absensi online LinovHR.

Absensi online LinovHR dilengkapi dengan beberapa fitur tambahan untuk memudahkan penggunanya seperti:

 

  • Mesin Absensi Online
  • Riwayat Absensi Karyawan
  • Reimbursement
  • Timesheet Report
  • Catat & Hitung Jam Lembur
  • Permohonan Sakit, Izin & Cuti
  • My Payroll
  • Absen di lokasi tertentu

 

Pastinya dengan berbagai fitur yang disediakan oleh aplikasi absensi online LinovHR dapat memudahkan segala pekerjaan Anda.

Segera beralih ke sistem absensi online dari LinovHR untuk mudahkan Anda memantau kehadiran karyawan Anda! 

Bagikan Artikel Ini :

Tentang Penulis

Admin LinovHR
Admin LinovHR

Akun Admin dikelola oleh tim digital sebagai representasi LinovHR dalam menyajikan artikel berkualitas terkait human resource maupun dunia kerja.

Related Articles

Newslater

Newsletter

Artikel Terbaru