9 Technological Skills yang Penting Bagi Perusahaan

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

Isi Artikel

Technological skills adalah salah satu rangkaian skills yang perlu dikuasai saat ini. Keterampilan ini akan mendukung seorang karyawan untuk dapat bekerja lebih efektif dan efisien dengan bantuan teknologi.

Selain itu, perusahaan yang didukung dengan talenta yang menguasai keterampilan teknologi memiliki nilai saing yang lebih tinggi daripada yang tidak.

Lantas, apa saja keterampilan teknologi yang harus dikuasai seorang karyawan? Mari simak penjelasannya di artikel LinovHR berikut ini!

 

 

Apa Itu Technological Skills dan Mengapa Itu Penting?

Technological skills adalah kemampuan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk menggunakan teknologi berbasis komputer dan melakukan tugas-tugas teknis. Keterampilan teknologi ini termasuk ke dalam hard skill karena biasanya dipelajari dan didapatkan dari pendidikan, repetitif, dan pelatihan.

Keterampilan ini bersifat praktis dan memungkinkan Anda untuk menangani tugas-tugas IT, ilmiah, mekanik, dan matematika.

Perusahaan dapat mengukur keterampilan ini pada tiap karyawan dengan menentukan seberapa baik karyawan dapat menyelesaikan tugas menggunakan media teknologi yang mereka kuasai.

Di era modern ini, kemampuan teknologi menjadi salah satu technical skills yang begitu penting yang menunjang siapa pun untuk bekerja lebih efisien. Selain itu, kemampuan ini juga dapat mendukung perusahaan dalam melakukan adaptasi bisnis dengan menerapkan teknologi baru.

 

Kemampuan teknologi juga menjadi nilai tambah bagi calon pekerja dan dapat membantu mendapatkan atau mempertahankan posisi pekerjaan tertentu.

Penguasaan terhadap kemampuan ini telah menjadi suatu keharusan, apalagi beberapa tahun ini teknologi telah menjadi bagian dari semua lini industri, dan perkembangannya akan terus tumbuh.

Penguasaan terhadap teknologi akan membuat pekerjaan tetap relevan. Karyawan yang menguasai kemampuan teknologi pun lebih menarik dan lebih mungkin untuk mendapatkan promosi atau peluang pengembangan karier.

 

Baca Juga: Keterampilan Teknis VS Keterampilan Non Teknis, Mana yang Lebih Penting?

 

Keuntungan Memiliki Technological Skills Bagi Perusahaan 

technological skills karyawan
Technological Skills Karyawan

 

Pentingnya kemampuan teknologi di tempat kerja tidak bisa dianggap sebelah mata, ini telah menjadi komponen inti kesuksesan perusahaan. Terdapat beberapa keuntungan yang ada dapatkan apabila menguasai technology skills, seperti:

 

  1. Membuat Bisnis Lebih Kompetitif

Masih menggunakan cara-cara manual dalam operasional bisnis membuat bisnis Anda akan tertinggal jauh dari kompetitor. Oleh sebab itu, melakukan digital transformation adalah sebuah keharusan.

Transformasi digital ini akan berjalan lebih mudah dan cepat saat perusahaan memiliki karyawan yang menguasai teknologi, sehingga adaptasi terhadap teknologi baru bisa berjalan lebih adaptif.

 

  1. Meningkatkan Komunikasi dan Kolaborasi

Dengan bantuan teknologi, komunikasi dengan orang lain menjadi lebih mudah, terutama dalam lingkungan kerja saat ini di mana banyak organisasi bekerja dari rumah dan interaksi tatap muka berkurang. 

Platform berbasis digital seperti Microsoft Teams, Zoom, dan lainnya memungkinkan bisnis untuk tetap terhubung dan mencapai tingkat komunikasi yang bahkan lebih baik walau karyawan bekerja dari jarak jauh.

Perusahaan dapat menggunakan aplikasi produktivitas yang menyediakan fitur obrolan, penyimpanan dan berbagi file, serta kolaborasi dokumen, yang signifikan meningkatkan kerjasama tim.

Teknologi ini juga meningkatkan produktivitas bagi organisasi dan karyawan, karena umpan balik proyek atau tugas dapat segera dikirim melalui pesan instan, mengurangi penggunaan email dan waktu respons.

 

  1. Meningkatkan Keamanan

Dengan semakin beragamnya kejahatan siber, memiliki karyawan yang memahami penggunaan teknologi semakin penting. Karena karyawan sering kali menjadi garis pertahan terakhir dalam upaya serangan siber, maka sangat penting bagi mereka untuk memiliki literasi terkait dengan teknologi.

Kemampuan teknologi ini akan mendukung mereka melakukan tindakan preventif untuk mencegah serangan siber.

 

  1. Meningkatkan Produktivitas dan Efisiensi

Dengan menggunakan teknologi di tempat kerja, perusahaan dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi dengan cepat. Proses yang dulunya manual dan memakan waktu kini dapat diselesaikan dengan cepat dan efisien menggunakan alat digital.

Perubahan ini memungkinkan karyawan untuk lebih fokus pada tugas-tugas yang menghasilkan pendapatan dan mendorong kemajuan perusahaan.

 

Baca Juga: Daftar Keterampilan Dasar yang Perlu Dikuasai Setiap Karyawan

 

9 Contoh Technological Skills yang Penting Dimiliki Karyawan 

Terdapat beberapa contoh keterampilan teknologi yang penting dikuasai bagi karyawan di era digital saat ini, seperti:

 

  1. Email Management 

Keterampilan ini memungkinkan Anda untuk mengatur dan menangani kotak masuk email dengan lebih teratur, meningkatkan produktivitas Anda di tempat kerja.

Selain itu, keterampilan ini juga mendukung Anda untuk dapat berkorespondensi dengan klien dan rekan kerja serta melampirkan dokumen penting yang mendukung pesan Anda.

Kunci manajemen email yang efektif termasuk penggunaan folder untuk mengatur email, menyusun daftar email, mengarsipkan email, dan mengirim email massal.

 

  1. Presentation Software 

Ini adalah kemampuan teknologi yang mengacu pada kemampuan dalam menggunakan perangkat lunak presentasi seperti Microsoft PowerPoint  atau sejenisnya. Keterampilan ini mencakup kemampuan menavigasikan, mendesain, dan menyampaikan presentasi dan mengomunikasikan pesan yang diinginkan.

Selain itu, keterampilan ini juga memungkinkan Anda untuk membagikan slide presentasi sebelum rapat sehingga memungkinkan rekan kerja memiliki cukup waktu untuk membuat catatan dan mengajukan pertanyaan.

 

  1. File Management 

Keterampilan manajemen file yang baik membantu Anda menjaga berkas-berkas Anda secara teratur dan mudah diakses. Dengan membuat folder dan subfolder yang sesuai, serta memberi nama file dengan singkat dan logis, Anda dapat dengan mudah menemukan dokumen yang Anda perlukan.

 

  1. Project Management 

Keterampilan manajemen proyek mencakup kemampuan mengoordinasikan project dari awal hingga akhir. 

Dalam konteks teknologi, hal ini berarti mampu menggunakan berbagai alat manajemen proyek untuk merencanakan pekerjaan, mengatur tim, serta melacak dan mengevaluasi produktivitas untuk meningkatkan kolaborasi antar tim.

 

  1. Word Processing 

Keterampilan pengolah kata memungkinkan Anda untuk membuat, mengedit, dan memformat teks pada sistem komputer. Ini termasuk kemampuan mengetik, mengorganisir, dan menyunting konten, serta menggunakan berbagai fitur seperti pengaturan jenis huruf, penggunaan template, dan penyisipan tautan atau gambar.

 

  1. Data Management 

Keterampilan manajemen data melibatkan kemampuan mengumpulkan, mengolah, dan menggunakan informasi secara efektif. Selain itu, kompetensi ini juga berkaitan dengan kemampuan memproses data dan menggunakannya untuk mengambil keputusan bisnis.

Beberapa platform manajemen data yang dapat menunjang keterampilan ini antara lain Oracle, MySQL, dan Microsoft SQL Server.

 

  1. Cybersecurity

Keterampilan cybersecurity menyangkut kemampuan untuk melindungi sistem komputer dan jaringan dari ancaman fisik dan software. Beberapa ancaman dalam cybersecurity seperti pengungkapan informasi pribadi kepada pihak ketiga, pencurian data, serangan phising, dan instalaasi malware.

Keterampilan ini semakin penting karena semakin banyak bisnis yang bergantung pada teknologi untuk mendukung operasional mereka.

 

  1. Analytics

Analisis data melibatkan pengorganisasian, analisis, kategorisasi, dan kuantifikasi kumpulan data dalam jumlah besar. Keterampilan ini membutuhkan pengorganisasian, logika, pemikiran kritis, dan pemahaman yang kuat tentang spreadsheet atau perangkat lunak data lainnya.

 

  1. Artificial Intelligence

Artificial Intelligence (AI) adalah teknologi yang membantu penyelesaian tugas lebih cepat, efisien, sehingga mendukung produktivitas secara keseluruhan. Mengetahui cara menggunakan atau mengembangkan AI akan sangat berguna bagi perusahaan.

 

Baca Juga: Pentingnya Skill Management Software dan Beberapa Rekomendasinya

 

Kelola Skills Karyawan Lebih Mudah dengan Software Competency 

Keterampilan teknologi yang dimiliki karyawan akan sangat membantu perusahaan dalam melakukan adaptasi dan transformasi digital. Skills ini juga akan sangat berguna untuk mendukung karyawan dalam menyelesaikan pekerjaan lebih efektif dan efisien dengan teknologi yang mereka kuasai.

Maka itu, mendata dan mengelola apa saja technological skills yang perlu dikuasai karyawan jadi hal yang penting. Hal ini akan memberikan insight berharga bagi perusahaan ketika hendak mengadopsi sistem baru, mengadakan pelatihan, atau juga mencari kandidat baru.

Untuk melakukan hal itu semua, menggunakan Software Competency Management LinovHR bisa menjadi opsi terbaik.

 

LinovHR

 

Software Competency Management LinovHR dilengkapi dengan berbagai fitur yang memungkin perusahaan untuk mendata, mengelola, dan mengatur berbagai kompetensi yang perlu dikuasai oleh suatu unit kerja di perusahaan, termasuk kompetensi teknologi.

Dengan software ini, Anda bisa membagi mana kompetensi yang masuk dalam core dan mana juga yang menjadi penunjang. Selain itu, Software Competency Management LinovHR juga bisa melakukan analisis skills gap di antar karyawan.

Dari analisis skills gap ini, perusahaan bisa mengetahui sejauh apa ketimpangan kompetensi yang terjadi di suatu unit kerja atau perusahaan. Data dari skills gap ini akan sangat berguna bagi perusahaan dalam merencanakan pelatihan atau juga menyusun keputusan rekrutmen.

Dapatkan kemudahan manajemen kompetensi karyawan dalam genggaman dengan Software Competency Management LinovHR, ajukan demo gratisnya sekarang!

Tentang Penulis

Winda Farahsati
Winda Farahsati

SEO Content Writer yang berdedikasi untuk menghadirkan konten artikel informatif dan berkualitas seputar HR dan dunia pekerjaan.

Bagikan Artikel Ini :

Related Articles

.

Newslater

Newsletter

Tentang Penulis

Winda Farahsati
Winda Farahsati

SEO Content Writer yang berdedikasi untuk menghadirkan konten artikel informatif dan berkualitas seputar HR dan dunia pekerjaan.

Artikel Terbaru

Telusuri informasi dan solusi HR di sini!

Subscribe newsletter LinovHR sekarang, ikuti perkembangan tren HR dan dunia kerja terkini agar jadi yang terdepan di industri

Newsletter