Slip Gaji

Menurut Undang-Undang Ketenagakerjaan, pemberi kerja diwajibkan untuk memberikan slip gaji kepada mereka. Mereka tidak harus memberikan slip gaji jika Anda adalah pekerja lepas, seorang kontraktor dan pelaut, atau bertugas di satuan kepolisian. Mereka bisa memilih slip gaji yang dicetak atau secara elektronik. Namun mereka harus menyimpan catatan tentang jam kerja, jenis pekerjaan, tingkat gaji dan perjanjian kerja Anda. Anda berhak mendapatkan salinan gaji dan catatan jam kerja jika Anda memintanya.

LinovHR memberi saran kepada perusahaan untuk memberikan slip gaji kepada karyawan setiap kali mereka dibayar.

 

Informasi Slip Gaji

Slip gaji yang tepat penghitungannya berisi seluruh informasi berikut:

  • Nama karyawan dan nomor ID

  • Gaji tahunan atau tarif per jam

  • Gaji dan upah sebagai pendapatan bersih diterima untuk periode pembayaran (apakah itu bulanan, dua minggu atau mingguan)

  • Jenis pekerjaan (purna waktu, paruh waktu, kontrak)

  • Hak cuti sakit (sick leave entitlement)

  • Cuti tahunan (annual leave)

  • Kompensasi

  • Benefit meliputi program-program perusahaan, seperti jaminan hari tua atau pensiun, tunjangan hari libur, kesehatan, dan tabungan

  • Jumlah penghasilan Anda sebelum dan sesudah pengurangan

  • Gaji kotor

  • Pajak dan tunjangan Asuransi Nasional yang dibuat

  • Pinjaman mahasiswa dan potongan perawatan anak

  • Kode pajak dan referensi pajak pemberi kerja

Informasi tersebut yang digunakan dalam bentuk kwitansi sebagai tanda terima Anda untuk pajak yang telah dikurangkan oleh pemberi kerja.

Slip gaji juga berisi pernyataan jumlah deduksi tertentu, misalnya pelunasan pinjaman secara musiman di dalam sebuah pernyataan terpisah. Namun, saat pemberi kerja tidak memiliki kewajiban hukum untuk memberikan slip gaji, karyawan harus memiliki hak untuk melihat informasi tentang bagaimana para atasan telah membuat daftar penggajian dan catatan waktu yang berkaitan dengan jam kerja mereka.

 

Baca juga: Masih pakai cara lama dalam membuat Slip Gaji Karyawan?

 

Cara karyawan berinteraksi dengan slip gaji

Para karyawan lebih suka menggambarkan bagaimana setiap elemen pembayaran upah, bonus, deduksi, opsi saham, dan sebagainya yang dapat mempengaruhi gaji karyawan. Slip gaji Anda dapat digunakan sebagai bukti penghasilan Anda, pajak yang dibayarkan dan kontribusi pensiun lainnya.

Secara teratur, setiap karyawan menunjukkan jam kerja yang harus dibayarkan, tarif per jam atau gaji saat ini, atau jumlah tunjangan atau deduksi dari gaji, dan cuti tahunan yang harus dibayar, mereka akan senang mengetahui kondisi pekerjaan-nya dengan tepat.

Fungsi interaksi para karyawan terhadap slip gaji adalah untuk:

  1. membantu karyawan untuk merencanakan liburan jauh dari pekerjaan dengan hati-hati

  2. membantu para atasan untuk mengelola beban kerja dengan lebih baik

  3. memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak untuk memiliki catatan mengenai cuti sakit dan penggantian untuk pengeluaran uang.

Cara mudah mengelola slip gaji

Jika Anda masih saja menggunakan cara yang manual dalam mencetak slip gaji untuk ratusan atau ribuan karyawan anda, maka sudah saatnya anda menggunakan Jasa Payroll Service untuk mempermudah tugas anda dan Aplikasi Payroll LinovHR untuk memudahkan anda dalam menginput data dan slip gaji secara otomatis dan online. Sistem inin juga mempermudah Anda agar tim SDM Anda bisa memperbarui dan memberikan informasi sepenuhnya tentang situasi gaji mereka. Anda bisa mendapatkan Aplikasi Payroll berbasis web secara gratis ini sekarang! Atau hubungi kami untuk mempresentasikan produk kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use theseHTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>