Mengulik Aplikasi HRMS dan Manfaatnya Bagi Perusahaan

.

Newslater

Newsletter

Isi Artikel

Bagikan Artikel Ini :

Isi Artikel

Kehadiran aplikasi HRMS di dalam kegiatan operasional dan administrasi perusahaan dinilai dapat membantu perusahan dalam meningkatkan kinerja dan produktivitas karyawan.

Agar Anda mengetahui lebih jauh mengenai manfaat dari penggunaan aplikasi HRMS di dalam kegiatan operasional dan administrasi perusahaan, maka simak penjelasan artikel LinovHR berikut ini sampai tuntas ya!

 

Mengenal Aplikasi HRMS

Aplikasi Human Resource Management System atau aplikasi HRMS adalah sebuah software atau perangkat lunak yang menggabungkan seluruh fungsi HRIS dan HCM dengan cakupan fungsi yang lebih luas.

Penggunaan software aplikasi HRD HRMS dinilai dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan nilai efisiensi dan efektivitas manajemen sumber daya manusia, mempercepat proses administrasi, dan meningkatkan akurasi data.

Tak hanya itu, penggunaan aplikasi HRMS juga dapat membantu perusahaan dalam melakukan pemantauan terhadap kinerja karyawan secara real-time dan dapat membantu perusahaan untuk membuat keputusan yang lebih baik dalam pengelolaan sumber daya manusia. 

Di dalam aplikasi HRD HRMS sendiri biasanya sudah dihadirkan dengan beberapa modul yang dapat memudahkan perusahaan dalam melakukan kegiatan operasional dan administrasi, di antaranya seperti modul recruitment dan onboarding, employment, payroll, manajemen waktu, dan modul pendukung lainnya seperti pelatihan dan pengembangan SDM, performance management, hingga assessment KPI. 

 

Manfaat Aplikasi atau Software HRMS untuk Perusahaan

Penggunaan aplikasi human resource management di dalam perusahaan tentu akan menghadirkan banyak manfaat dan kemudahan.

Adapun beberapa manfaat dari penggunaan aplikasi HRMS bagi perusahaan, di antaranya adalah sebagai berikut. 

 

1. Meminimalisir Terjadinya Human Error

Dalam menjalani sebuah perusahaan, tentu Anda akan berhubungan langsung dengan seluruh regulasi yang dimiliki oleh pemerintah. 

Jika karyawan yang Anda miliki membuat kesalahan kecil terhadap regulasi yang sudah ditetapkan oleh pemerintah, maka Anda harus bersiap-siap untuk berhadapan dengan hukum yang dapat menghadirkan kerugian terhadap bisnis yang Anda jalani. 

Penggunaan aplikasi HRD HRMS dinilai dapat membantu perusahaan Anda untuk meminimalisir terjadinya kesalahan-kesalahan kecil seperti human error yang sering dilakukan oleh karyawan HR.

 

2. Menganalisa Performa

Aplikasi HRMS juga dapat membantu perusahaan dalam menganalisa performa yang dimiliki oleh perusahaan.

Hal ini dapat dilakukan, karena aplikasi satu ini sudah dilengkapi dengan berbagai macam metrik yang berhubungan langsung dengan beberapa aspek pendukung dalam pengambilan keputusan.

 

3. Meningkatkan Produktivitas

Penggunaan aplikasi HRMS di dalam perusahaan ternyata juga dapat membantu seorang HR dalam meningkatkan produktivitas ketika melakukan pekerjaan yang dimilikinya. 

Hal ini dapat terjadi, karena aplikasi HRMS memang ditujukan untuk memudahkan seorang HR di dalam perusahaan dalam melakukan kegiatan operasional dan administrasi yang berhubungan langsung dengan sumber daya manusia yang dimiliki oleh perusahaan. 

 

4. Mengurangi Biaya Upah Tenaga Ahli

Manfaat lainnya dari penerapan sistem HRMS adalah dapat membantu perusahaan dalam mengurangi biaya upah tenaga ahli yang khusus di bidang tertentu. 

Contohnya adalah penggunaan tenaga ahli payroll dalam menghitung penggajian dan pajak karyawan. 

Penggunaan aplikasi HRMS, membuat perusahaan Anda tidak perlu lagi menggunakan payroll staff. Karena melalui aplikasi ini, Anda bisa melakukan kegiatan penggajian karyawan dan perhitungan pajak secara otomatis dengan data yang akurat.

 

5. Meningkatkan Keamanan Data

Aplikasi human resource management sudah hadir dan dirancang dengan sistem keamanan data yang ketat guna menjaga seluruh data dan informasi mengenai karyawan yang dimiliki oleh perusahaan.

Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda tidak perlu lagi khawatir akan data karyawan maupun data perusahaan yang bocor, karena aplikasi ini sudah dilengkapi dengan sistem keamanan data yang ketat. 

 

6. Meningkatkan Efisiensi Kerja

Salah satu tugas yang dimiliki oleh seorang HR adalah mengurusi segala hal yang berkaitan dengan karyawan, seperti masalah perizinan, hingga pengajuan cuti yang dapat menyita waktu yang banyak. 

Dengan menggunakan software aplikasi HRD HRMS, maka Anda tidak perlu lagi ribet dan pusing dalam mengurusi masalah perizinan dan pengajuan cuti karyawan. Karena aplikasi ini dapat mengotomatisasi seluruh proses tersebut dengan lebih efisien. 

Selain itu, penggunaan sistem HRMS juga dapat membantu HR dalam melakukan proses rekrutmen calon karyawan menjadi lebih mudah dan cepat, terutama dalam hal mengumpulkan dan menganalisa data terkait calon karyawan.

 

7. Meningkatkan Kompetensi Karyawan

Penerapan aplikasi HRMS memiliki peranan yang cukup penting dalam mempertahankan dan mengembangkan keterampilan karyawan. 

Dengan menggunakan aplikasi ini, HR perusahaan akan dimudahkan dalam merancang pelatihan dan pembelajaran yang ditujukan untuk mengembangkan keterampilan yang dimiliki oleh karyawan ketika melakukan pekerjaan yang dimilikinya. 

Selain itu, aplikasi HRMS juga dapat membantu HR dalam mengklasifikasi jabatan tertentu berdasarkan kualifikasi dan kompetensi yang dimiliki oleh masing-masing karyawan. Sehingga, jabatan-jabatan penting yang ada di perusahaan akan diisi oleh orang yang tepat.

 

Baca Juga: Bagaimana HCM dan HRM dalam Mensinergikan Pengelolaan Karyawan?

 

LinovHR: Aplikasi & Software HRMS Terbaik untuk Perusahaan

Aplikasi Absensi Online
HRMS LinovHR

 

Penerapan aplikasi HRMS di dalam perusahaan akan menghadirkan banyak manfaat dan kemudahan seorang HR dalam melakukan kegiatan operasional dan administrasi yang berkaitan dengan sumber daya manusia yang dimiliki oleh perusahaan.

Dalam memilih aplikasi HRMS sendiri, Anda harus memerhatikan beberapa hal, seperti kebutuhan perusahaan, anggaran yang miliki, kredibilitas vendor yang pilih, hingga melakukan uji coba pada aplikasi yang akan gunakan nantinya.

Salah satu aplikasi dan software HRMS terbaik di Indonesia yang bisa Anda gunakan adalah Software HRIS Indonesia LinovHR yang hadir sebagai solusi untuk memberikan kemudahan kepada perusahaan dalam melakukan pengelolaan terhadap karyawan.

Software HRIS LinovHR sendiri hadir dengan berbagai macam modul dan fitur menarik yang dapat memudahkan perusahaan Anda dalam melakukan seluruh kegiatan yang berkaitan dengan kegiatan operasional dan administrasi karyawan.

Adapun beberapa modul yang disediakan antara lain adalah modul Organization Management, Personnel Administration, Time & Attendance, Payroll, Reimbursement, Loan, Employee Self Services (ESS), Recruitment, Competency Management, Performance Management, Career Path, Succession Management, dan Learning Management System (LMS).

Melalui seluruh modul dan fitur yang disediakan oleh Software HRMS LinovHR, maka perusahaan Anda akan sangat dimudahkan dalam melakukan pengelolaan karyawan secara akurat, tepat, dan cepat.

Ayo beralih dari sistem manual ke sistem digital dengan menggunakan Software HRMS LinovHR untuk memudahkan perusahaan Anda dalam melakukan pengelolaan data karyawan dengan anti repot dan anti ribet!

Ajukan demo gratisnya disini!

Tentang Penulis

Admin LinovHR
Admin LinovHR

Akun Admin dikelola oleh tim digital sebagai representasi LinovHR dalam menyajikan artikel berkualitas terkait human resource maupun dunia kerja.

Bagikan Artikel Ini :

Related Articles

Newslater

Newsletter

Tentang Penulis

Admin LinovHR
Admin LinovHR

Akun Admin dikelola oleh tim digital sebagai representasi LinovHR dalam menyajikan artikel berkualitas terkait human resource maupun dunia kerja.

Artikel Terbaru

Telusuri informasi dan solusi HR di sini!

Subscribe newsletter LinovHR sekarang, ikuti perkembangan tren HR dan dunia kerja terkini agar jadi yang terdepan di industri

Newsletter